Fobis.ID > News > Beberapa Makanan Dieng Bisa Dicoba Saat Wisata ke Wonosobo

Beberapa Makanan Dieng Bisa Dicoba Saat Wisata ke Wonosobo

FOBIS.ID – Ada beberapa minuman maupun makanan Dieng yang sangat khas saat wisata ke Dataran Tinggi Dieng Wonosobo.

Wisata ke Dieng Wonosobo tentu tak elok bila tidak menikmati makanan khas yang ada di tempat itu.

Cuaca cerah Dieng saat musim kemarau maupun akhir penghujan biasanya hanya wisatawan dapat saat pagi hari dari pukul 05.00 hingga pukul 09.00.

Baca juga : Rekomendasi Tempat Wisata Wonosobo Terbaru: Destinasi Liburan 2023

Apapun cuaca Dieng baik itu cerah atau mendung, terik atau hujan saat wisata ke sini suhu udara dingin akan sangat terasa.

Nah, tentunya saat wisata ke Dieng cocok memesan kuliner khas Dieng. Lala apa saja makanan Dieng yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke dataran tinggi yang begitu menawan di Jawa Tengah ini.

Makanan khas Dieng saat berwisata ke Dieng Wonosobo

Ada beberapa makanan khas Dieng yang patut kamu coba saat berkunjung ke Dieng Wonosobo, antara lain:

  1. Mie Ongklok

Kuliner Dieng ini adalah sejenis mie kuah yang terbuat dari mie kuning kental, kol, dan sate sapi.

beragam makanan khas Dieng Wonosobo
beragam makanan khas Dieng Wonosobo

Mienya dimasak dengan kuah kaldu gurih yang dibumbui bawang putih, kecap, dan cabai. Mie ongklok adalah sarapan yang populer di Dieng Wonosobo, kamu bisa menemukannya di banyak restoran dan warung makan di daerah tersebut.

Baca juga : Lebaran Nikah, Inilah Desa Bulan Madu di Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen dengan Suasana Sejuk dan Indah

  1. Carica

Carica merupakan buah dengan pohon mirip pepaya. Ini merupakan buah yang asli dari Dieng Wonosobo.

Buah carica ini acap kali dibuat manisan ataupun minuman yang menyegarkan menjadi salah satu makanan yang bisa jadi oleh-oleh saat wisata ke Dieng.

  1. Opak Singkong

Opak makanan khas Dieng ini merupakan kerupuk singkong yang dibuat dengan cara menggoreng irisan tipis singkong.

Opak Singkong merupakan jajanan populer di Dieng Wonosobo yang sering disajikan dengan saus sambal yang terbuat dari cabai dan kecap.

  1. Sego Megono

Ini adalah jenis hidangan nasi yang dibuat dengan parutan kelapa, kacang tanah, dan sayuran.

Sego Megono adalah makanan tradisional dari Wonosobo yang sering disajikan dengan ayam atau tahu.

Minuman Hangat di Dieng

  1. Wedang Purwaceng

Purwaceng merupakan minuman tradisional yang konon memiliki efek meningkatkan stamina, dan meningkatkan energi. Daerah Dieng Jawa Tengah terkenal dengan purwacengnya yang berkualitas tinggi, dan minuman purwaceng banyak tersedia di daerah tersebut.

Salah satu minuman purwaceng yang paling populer di Dieng adalah Wedang Purwaceng. Ini adalah minuman panas yang terbuat dari purwaceng, jahe, dan gula merah.

Selain itu minuman purwaceng populer lainnya adalah Susu Purwaceng. Ini adalah minuman menyegarkan yang terbuat dari purwaceng, susu, dan madu. Dikatakan sebagai cara yang baik untuk meningkatkan tingkat energi dan meningkatkan stamina.

Minuman Purwaceng umumnya diterima dengan baik oleh wisatawan maupun penduduk lokal. Mereka dikatakan lezat dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

  1. Jahe Rempah

Ini adalah minuman panas yang terbuat dari jahe, kunyit, dan rempah-rempah lainnya. Minuman yang populer di Dieng Wonosobo ini konon memiliki khasiat menghangatkan.

  1. Wedang Ronde

Ini adalah jenis minuman panas yang dibuat dengan bola kacang merah, jahe, dan gula merah. Wedang Ronde merupakan minuman yang populer di Dieng Wonosobo, dan sering disajikan sebagai makanan penutup.

  1. Susu Klengkeng

Ini adalah minuman menyegarkan yang terbuat dari belimbing asam manis (klenteng) dan susu. Minuman yang populer di Dieng Wonosobo ini sering disajikan dalam keadaan dingin.

  1. Bir Pletok

Ini adalah minuman herbal tradisional yang terbuat dari jahe, kunyit, cengkeh, dan rempah-rempah lainnya. Minuman yang populer di Dieng Wonosobo ini konon berkhasiat untuk pengobatan.

  1. Wedang Secang

Sekadar informasi ini adalah minuman panas yang terbuat dari daun sepang, jahe, dan gula merah. Minuman yang populer di Dieng Wonosobo ini konon berkhasiat menenangkan.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar