Fobis.ID > News > Mengulas Tuntas Dieng Culture Festival 2023: Tema, Sejarah, Budaya, Acara, Hingga Keindahan Lampion

Mengulas Tuntas Dieng Culture Festival 2023: Tema, Sejarah, Budaya, Acara, Hingga Keindahan Lampion

FOBIS.ID – Dieng Culture Festival merupakan sebuah acara tradisional tahunan yang bertempat pada sebuah desa Dieng di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Setiap tahunnya acara ini dapat menarik ribuan pengunjung dari seluruh penjuru Indonesia untuk menyaksikan sebuah acara yang megah.

Selain hanya sekedar menyaksikan sebuah acara yang dapat menarik perhatian, keindahan alam dan udara yang dingin mampu memikat para pengunjungnya.

Baca juga: Harga Tiket Dieng Culture Festival 2023, Syarat dan Cara Membelinya

Ya, memang Dieng terkenal dengan bentang alam yang dikelilingi oleh pemandangan yang indah dan memberikan view cantik dengan menghadirkan pesona gunung kembar Sindoro dan Sumbing.

Tema Dieng Culture Festival 2023

Dalam penyelenggaraan setiap tahunnya, DCF (Dieng Culture Festival) memberikan sebua tema “The Journey” yang mengartikan sebuah perjalanan.

Dieng Culture Festival
Logo DCF

Untuk acara Dieng Culture Festival 2023 akan berlangsung pada 25-27 Agustus mendatang.

Sejarah DCF

Dieng Culture Festival pertama kali diselenggarakan pada tahun 1983 sebagai upaya untuk mempromosikan keindahan dan kekayaan budaya Dieng Plateau.

Festival ini menjadi platform untuk memperkenalkan warisan budaya masyarakat Dieng kepada dunia.

Sejak saat itu, festival ini telah berkembang dan menjadi perayaan budaya tahunan yang tak terlupakan.

Dari keberhasilan promosi yang mereka lakukan, hingga saat ini acara Dieng Culture Festival menjadi daya tarik masyarakat seluruh Indonesia.

Budaya Dieng Culture Festival

Terdapat sebuah budaya lokal yang ikut meramaikan setiap pagelaran acara Dieng dengan bertujuan untuk mempromosikan budaya kepada pengunjung.

Acara budaya tersebut terdiri dari:

Pertunjukan Seni

Pada pertunjukan seni merupakan salah satu acara yang tidak kalah penting dalam keberlangsungan DCF.

Pengunjung dapat menikmati tarian tradisional Jawa, musik gamelan, wayang kulit, dan pertunjukan teater yang menggambarkan cerita-cerita legendaris dan mitologi lokal.

Upacara Keagamaan

Dieng juga merupakan tempat yang sangat sakral dan dipenuhi dengan berbagai pura (kuil) Hindu kuno.

Selama dalam acara festival, upacara keagamaan seperti ritual persembahan dan prosesi ke pura-pura dilakukan dengan penuh kehormatan dan kepercayaan.

Kerajinan Tangan

Budaya Dieng juga tercermin dalam kerajinan tangan yang sangat memukau.

Pengunjung dapat menjelajahi pasar seni lokal yang menjual kerajinan seperti tenun tradisional, anyaman bambu, dan ukiran kayu yang indah.

Acara Dieng Culture Festival

Setiap penyelenggaraanya, DCF mampu memberikan acara yang bisa menarik penonton dan sebagai salah satu daya tarik-nya juga.

Berikut adalah beberapa acara yang bisa pengunjung nikmati

Parade Budaya

Parade Budaya merupakan sorotan utama keberlangsungan festival tiap tahun ini.

Dalam parade-nya, ribuan peserta dari berbagai komunitas budaya lokal akan berjalan di tengah-tengah keramaian dengan pakaian adat tradisional setempat.

Selain itu juga menampilkan tarian, musik, dan atraksi budaya yang memukau.

Pertunjukan Seni Rakyat

Dalam pertunjukan seni rakyat memberikan sebuah penampilan tarian, musik, teater, dan pertunjukan seni tradisional lainnya dari berbagai daerah Jawa.

Para penampil dari berbagai kalangan kelompok seni rakyat akan menunjukan sebuah aksi untuk memukau pengunjung dengan keahlian dan keindahan penampilan mereka.

Kompetisi Seni

Dieng Culture Festival juga mengadakan berbagai kompetisi seni, seperti kompetisi tari tradisional, musik gamelan, lukisan, fotografi, dan masih banyak lagi.

Kompetisi ini memberikan kesempatan bagi para seniman lokal dan internasional untuk memamerkan bakat mereka dan mendapatkan pengakuan atas karya-karyanya.

Pameran Budaya

Pameran budaya merupakan tempat dimana pengunjung dapat mempelajari lebih lanjut tentang budaya Dieng untuk melalui pameran artefak, dokumentasi sejarah, kostum tradisional, dan benda-benda bersejarah lainnya.

Pertunjukan pameran budaya ini memberikan sebuah wawasan yang mendalam tentang warisan budaya dan sejarah Dieng Plateau.

Baca juga: Siap-Siap, Dieng Culture Festival 2023 Bakal Digelar pada 25-27 Agustus Tema The Journey

Wisata Alam

Selain kegiatan budaya yang memukau, Dieng Culture Festival juga memberikan kesempatan untuk para pengunjung agar menikmati keindahan alam Dieng Plateau.

Pengunjung dapat menjelajahi dan mengagumi keindahan Danau Telaga Warna, Kawah Sikidang, dan panorama alam pegunungan yang menakjubkan.

Kuliner Tradisional

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi festival budaya tanpa mencicipi sebuah kuliner tradisional khas Dieng.

Pengunjung dapat menikmati hidangan lokal yang lezat seperti nasi liwet, sate klathak, bakso mercon, mie ongklok dan masih banyak lagi.

Kuliner ini akan memanjakan lidah pengunjung dan memberikan pengalaman gastronomi yang autentik.

Dari segi harganya untuk makanan tradisional setempat relatif sangat terjangkau, dengan mengeluarkan uang dengan nominal Rp.15.000, kamu bisa mencicipi semangkuk mie ongklok.

Festival Lampion Dieng Culture Festival

Salah satu sorotan utama dalam acara Dieng Culture Festival adalah Festival Lampion yang memukau.

Pada malam hari, para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan langit yang memukau ketika ratusan lampion terbang berwarna-warni menghiasi langit Dieng Plateau.

Festival Lampion menciptakan suasana yang magis dan romantis yang bakal menjadi momen pass untuk pelengkap kebahagian bersama keluarga maupun kerabat tercinta.

Pengunjung dapat berjalan-jalan di antara lampion yang berkilauan dan menikmati keindahan visual yang spektakuler.

Lampion-lampion yang terang benderang dengan berbagai bentuk dan ukuran akan menciptakan suasana yang ajaib dan mempesona.

Pada momen tersebut pengunjung dapat mengambil foto yang indah dengan latar belakang lampion-lampion yang berwarna-warni, mengabadikan momen tak terlupakan selama festival.

Festival Lampion biasanya diisi dengan berbagai pertunjukan khusus, seperti pertunjukan tari dan musik yang berpadukan dengan cahaya lampion yang memukau.

Para penampil akan menghibur pengunjung dengan gerakan-gerakan yang mempesona dan selaras dengan atmosfer yang diciptakan oleh lampion-lampion menghiasi langit malam.

Biasanya juga terdapat bintang tamu spesial dalam keberlangsungan acara Dieng Culture Festival.

Penyanyi top papan atas Tanah Air turut serta meramaikan acara tersebut untuk menciptakan suasana jauh lebih meriah.

Tahun ada penyanyi dangdut yang sedang naik daun yaitu Deni Caknan dan Budi Doremi yang mengisi keberlangsungan acaranya.

Sementara pada tahun ini akan ada bintang tamu spesial yang berbeda untuk meramaikan dan menghibur para pengunjung.

Untuk acara DCF 2023 belum ada informasi yang pasti dari pihak penyelenggara.

Jika kamu berminat datang dalam acara DCF 2023, segera kunjungi instagram dan laman resminya dari pihak penyelenggara.(*)

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar