Fobis.ID > News > Mudik Lebaran Bawa Bayi: Cek 7 Tips Aman Buat Si Kecil Saat Naik Bus

Mudik Lebaran Bawa Bayi: Cek 7 Tips Aman Buat Si Kecil Saat Naik Bus

FOBIS.ID – Mau mudik lebaran bawa bayi, yuk cek 7 tips mudik aman dan nyaman buat si Kecil selama di perjalanan dan di dalam bus.

Selain takjil dan buka puasa, Hal yang paling banyak orang tunggu selama bulan ramadhan adalah hari raya idul fitri. Juga mudik lebaran bersama dengan keluarga tercinta.

Mudik merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang masyarakat Indonesia lakukan pada saat menjelang datangnya lebaran. Momentum pulang ke kampung halaman dan berkumpul  bersama keluarga menjadi hal yang sangat menyenangkan saat lebaran.

Apalagi jika bisa mudik yang kamu lakukan bersama dengan anak-anak tercinta. Itu akan semakin menambah suasana mudik lebaran menjadi semakin seru.

Terlebih mudik lebaran yang kamu lakukan bersama dengan keluarga itu dilakukan menggunakan kendaraan umum berupa bus. Pasti kamu kamu akan mendapatkan sebuah pengalaman yang tidak bisa terlupakan.

Bagi kamu yang ingin melakukan mudik bersama dengan keluarga dengan naik kendaraan umum berupa bus, kamu harus perhatikan tips mudik di bawah ini.

Baca Juga : Harga Tiket Bus Sinar Jaya Pada Mudik 2023: Kelas, Jadwal, Tarif dan Rute

Tips Mudik Lebaran Bawa Bayi

Di bawah ini adalah 7 tips mudik lebaran bawa bayi yang aman dan nyaman untuk balita dan anak-anak selama perjalanan.

Jaga Kesehatan si Kecil

Tips pertama yang harus kamu lakukan saat mudik dengan si kecil menggunakan bus adalah dengan selalu menjaga kondisi kesehatan bayi. Minimal dua minggu sebelum hari H mudik, kondisi si kecil benar-benar dalam kondisi fit dan sehat.

Untuk menjaga kesehatan si Kecil, jangan lupa untuk memberikan vitamin, susu, atau ASI yang cukup sesuai dengan usia bayi.  Kemudian juga istirahat yang cukup dan jangan pula konsultasi dengan dokter anak sebelum membawa bayi.

Baca Juga : Daftar Harga Tiket Bus Sumber Alam: Jadwal dan Rute Mudik 2023

Latih Naik Kendaraan Umum

Tips kedua, sebelum kamu memastikan bahwa akan membawa bayi untuk naik bus dalam mudik lebaran kali ini. Kamu bisa terlebih dulu melatih Si Kecil untuk naik kendaraan umum.

Tujuan dari melatih naik kendaraan umum ini adalah untuk membiasakan bayi naik kendaraan umum sepeti bus atau metro mini. Karena biasanya bayi mudah kaget dengan susana baru, apalagi suasana di dalam bus.

Oleh sebab itu, sebelum membawa si Kecil mudik naik bus, cobalah terlebih dahulu bawa anak-anak naik kendaraan umum lainnya. Agar jika sudah waktunya nanti, mereka mudah untuk beradaptasi.

Mudik Lebaran Bawa Bayi
Mudik Lebaran Bawa Bayi

Mudik Lebaran Bawa Bayi: Berangkat Malam Hari

Kemudian, jika kamu membawa bayi dalam mudik memilih waktu keberangkatan yang tepat juga harus kamu pertimbangkan. Jangan sampai berangkat di waktu yang tidak tepat.

Sebisa mungkin jika membawa bayi berangkatlah pada malam hari, karena selain malam adalah waktu istirahat, waktu di mana bayi sering tidur. Sehingga bisa mengurangi anak-anak rewel.

Cari Tempat Duduk yang Tepat

Selain memilih jam keberangkatan yang tepat, kamu juga harus bisa memilih tepat duduk yang tepat juga. Saran dari kami, usahakan memilih tempat duduk di tengah-tengah.

Jangan memilih tempat duduk paling belakang atau paling depan. Karena paling depan dan belakang biasanya rentan dengan polusi udara karena dekat dengan pitu masuk atau pintu keluar bus.

Siapkan Keperluan Orang Tua

Sebagi orang tua, kamu harus menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Termasuk keperluan yang kamu butuhkan selama perjalanan. Pastikan barang yang kamu bawa pas, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit.

Jika kamu membawa terlalu banyak barang maka akan semakin menambah repot, jika membawa terlalu sedikit khawatir kurang selama perjalanan. Jadi pastikan membawa barang keperluan penting saja.

Baca Juga : Harga Tiket Bus Lebaran 2023 Jakarta, Brebes, Tegal, Pemalang, Semarang

Mudik Lebaran Bawa Bayi: Lengkapi Peralatan Bayi

Selain menyiapkan peralatan orang tua yang lengkap, jangan lupa membawa peralatan bayi juga secara lengkap.  Seperti susu bayi, makanan, popok, baju ganti, dan lain-lain.

Usahakan bawa tas khusus yang isinya hanya untuk peralatan bayi saja. Tujuannya agar perlengkapan bayi tidak tercampur dengan peralatan yang lainnya.

Nikmati Perjalanan

Jangan lupa untuk terus berfikir positif selama perjalanan dan nikmati perjalanan mudik lebaran bawa bayi dan anak-anak naik bus dengan menyenangkan.

Itulah 7 tips mudik lebaran bawa bayi dengan naik bus. Semoga perjalanan mudik kamu bersama dengan keluarga menyenangkan dan bisa kumpul bersama dengan keluarga di kampung halaman.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar