Fobis.ID > News > 3 Instansi Bergengsi Buka Pendaftaran CPNS Mulai 17 September 2023, Cek Formasinya

3 Instansi Bergengsi Buka Pendaftaran CPNS Mulai 17 September 2023, Cek Formasinya

JAKARTA – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Pendaftaran CPNS Mulai 17 September 2023.

Menyikapi hal ini, KemenPANRB telah mengumumkan secara resmi jadwal pendaftaran, yang dimulai pada 17 September dan berakhir pada 6 Oktober 2023.

Dari informasi yang dirangkum oleh Liputan6.com, total formasi yang tersedia untuk seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 mencapai angka 572.299.

Rinciannya adalah 28.903 formasi untuk CPNS dan 543.396 untuk PPPK. Luasnya kesempatan ini menyebar ke 596 instansi, yang meliputi 72 kementerian & lembaga, 33 pemerintah provinsi, serta 491 pemerintah kota/kabupaten. Jadi persiapkan mulai dari sekarang untuk Pendaftaran CPNS Mulai 17 September 2023.

3 Instansi Pemerintah Buka Pendaftaran CPNS 2023

Berdasarkan data yang ada, beberapa instansi telah merinci formasi yang mereka tawarkan:

  1. Kementerian Hukum dan HAM: Menawarkan 1.015 formasi CPNS dan 1.563 formasi untuk PPPK. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui situs dan media sosial resmi Kemenkum HAM.
  2. Kejaksaan Republik Indonesia: Menyediakan 7.846 formasi CPNS dan 249 formasi untuk PPPK.
  3. Mahkamah Agung: Merekrut sebanyak 1.669 formasi, dengan 25 formasi khusus untuk Ahli Pratama-Pranata dan sisanya untuk Klerek-Analis Perkara Peradilan.

Selain ketiga instansi di atas, juga ada kabar bahwa beberapa kementerian akan membuka peluang CPNS 2023 bagi lulusan SMA dan SMK. Namun, detail formasi tersebut masih dalam tahap penjelasan.

Beberapa kementerian lain yang diketahui akan membuka pendaftaran CASN 2023 di antaranya Kementerian Pertanian, Kementerian Pertahanan, Kementerian Perhubungan, serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dalam persiapan menghadapi seleksi, calon pelamar dapat mendaftarkan diri melalui laman sscasn.bkn.go.id atau portal ASN Karier.

Mengingat besarnya minat masyarakat terhadap CPNS, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap oknum yang menawarkan jaminan kelulusan dengan meminta imbalan.

Menurutnya, seleksi CASN dilaksanakan dengan sistem yang transparan, menggunakan Computer Assisted Test (CAT), sehingga hasil dapat dilihat secara real-time.

Baca juga: Lowongan CPNS 2023 dan PPPK Dibuka September, Temukan Informasi Terbaru DI SINI

Menteri Anas menekankan pentingnya calon pelamar untuk aktif mencari informasi dari sumber yang resmi dan kredibel. “Seluruh syarat dan ketentuan akan diinformasikan secara terbuka,” tuturnya.(*)

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar