Fobis.ID > News > Roleplay, Permainan yang Lagi Viral di TikTok Apa Itu? Ini Cara Bermain dan Genre

Roleplay, Permainan yang Lagi Viral di TikTok Apa Itu? Ini Cara Bermain dan Genre

FOBIS.ID – Akhir-akhir ini, platform media sosial sedang mengalami kegemparan karena tren viral yang sedang beredar di TikTok, yaitu permainan RP atau Roleplay.

Permainan RP ini sedang menjadi topik pembicaraan yang hangat di kalangan pengguna internet setelah video seorang ayah yang marah kepada putrinya saat ia sedang bermain game roleplay menjadi viral di TikTok wrapped.

Dalam video tersebut, terlihat bahwa anak perempuan tersebut, yang baru berusia 11 tahun, sedang melakukan roleplay yang tidak sesuai dengan usianya. Lebih mengkhawatirkan lagi, ia sedang bermain roleplay bersama seseorang yang tidak ia kenal.

Baca Juga : UPDATE BANGET, 10 Rekomendasi Link Situs Game Online Gratis

Sebagai hasilnya, video TikTok tersebut langsung menjadi viral dan mendapat perhatian serta menjadi topik yang ramai menjadi perbincangan pengguna internet di Indonesia. Namun, apakah Anda tahu apa itu game RP atau Roleplay Tiktok?

Permainan Roleplay Tiktok Adalah?

Game RP atau roleplay merupakan suatu game yang para pemainnya dinamakan sebagai roleplayer dengan meniru karakter dan identitas tokoh idolanya dalam game tersebut.

Seringkali, roleplayer memilih untuk berperan sebagai karakter dari acara televisi, film, buku, atau selebriti, dan mereka beraksi seolah-olah menjadi tokoh-tokoh tersebut.

Dalam dunia roleplaying, seseorang berperan seakan-akan sedang menjadi sosok yang dipilihnya, termasuk dalam sikap, gaya bicara, dan aktivitas sehari-hari dengan sangat detail.

Dalam game RP, roleplayer memerankan tokoh fiksi untuk berinteraksi dengan roleplayer lain di TikTok, mulai dari saling mengikuti atau dalam istilah populer disebut “mutualan”.

Baca Juga : 10 Game Battle Royale Terbaik 2023 di Dunia, SERGAP Musuhmu

Setelah menjadi teman saling mengikuti, roleplayer dapat membentuk hubungan yang bersifat fiksi dengan roleplayer RP TikTok lainnya, yang tidak jauh berbeda dengan interaksi pengguna pada umumnya.

Roleplayer terbagi ke dalam beberapa genre, yaitu genre Korea dan Barat menjadi ganre yang paling populer saat ini. Namun kedua genre Roleplayer itu terbagi lagi dengan jenis karakter seperti penyanyi, aktor, boyband, dan girlband.

Cara Main Game RP Roleplay Tiktok

Untuk bermain game RP, kamu perlu membuat akun TikTok khusus. Kamu bisa menggunakan nama asli atau nama samaran sesuai dengan karakter yang ingin kamu perankan.

Cari pemain lain yang mempunyai minat dan karakter yang sama dengan karakter yang kamu gunakan. Kamu bisa mencari player lain dengan memakai hashtag #roleplay, #rp, #kontenplayer, dan hashtag lain yang berkaitan dengan game tersebut.

Bikin video yang mirip dengan karakter yang kamu perankan itu. Gunakan dialog, tindakan, dan penampilan yang sesuai dengan karakter kamu. Jangan lupa untuk memanfaatkan fitur-fitur TikTok seperti filter, stiker, musik, atau efek untuk membuat konten kamu lebih menarik.

Berinteraksilah dengan roleplayer lain melalui komentar, pesan pribadi, atau video duet. kamu dapat berbincang, bercanda, bermain peran romantis, bertengkar, atau melakukan aktivitas lain yang sesuai dengan hubungan fiksi yang kamu bangun.

Selalu menjaga etika dan mematuhi batasan dalam bermain game RP di TikTok. Hormati roleplayer lain dan hindari perilaku yang melanggar norma dan hukum. Penting untuk membedakan antara dunia nyata dan dunia fiksi dalam game RP atau permainan Roleplay Tiktok.

Genre game RP

Game RP di TikTok menawarkan berbagai genre yang dapat dipilih oleh para pemain sesuai dengan minat dan preferensi mereka. Berikut ini genre game RP yang saat ini sedang populer di TikTok:

Korea

Genre ini mengangkat budaya dan gaya hidup Korea Selatan. Pemain dapat berperan sebagai idol K-pop, aktor, model, atau warga Korea biasa. Pengguna juga dapat menggunakan bahasa Korea dalam konten dan interaksi mereka.

Western

Genre ini mencerminkan budaya dan gaya hidup negara-negara Barat. Kamu bisa berperan menjadi selebriti Hollywood, musisi, atlet, atau warga Amerika atau Eropa biasa dan lain-lain. Kamu juga bisa menggunakan bahasa Inggris dalam konten dan interaksi mereka.

Anime

Genre ini menghadirkan budaya dan gaya hidup Jepang. Pemain dapat berperan sebagai karakter anime, manga, atau permainan Jepang yang mereka sukai. Pengguna juga dapat menggunakan bahasa Jepang dalam konten dan interaksi mereka.

Fantasi

Genre ini membawa pemain ke dunia fiksi yang penuh dengan imajinasi. Kamu bisa berperan menjadi makhluk fantastis seperti peri, naga, vampir, dan penyihir serta makhluk fantasi lainnya. Kamu juga bisa menggunakan bahasa atau simbol khusus dalam konten dan interaksi mereka.

Selain genre-genre di atas, masih terdapat banyak genre game Permainan Roleplay lainnya yang dapat kamu temukan di TikTok, seperti horor, fiksi ilmiah, sejarah, dan sebagainya. Kamu bisa memilih genre yang sesuai dengan karakter yang ingin kamu pakai.(*)

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar