Fobis.ID > News > Segera Cek Nama Kamu! Ini Daftar 6 Bansos yang Cair Bulan Mei 2023

Segera Cek Nama Kamu! Ini Daftar 6 Bansos yang Cair Bulan Mei 2023

FOBIS.ID – Berikut ini adalah daftar bantuan sosial dari pemerintah atau bansos yang akan cair bulan Mei 2023. Ayo segera cek nama kamu di sini, untuk mengetahuinya.

Kabar gembira bagai masyarakat Indonesia, karena sebentar lagi pemerintah akan segera mencairkan kembali sejumlah bantuan sosial kepada keluarga kurang mampu.

Diketahi, terdapat 7 bansos yang akan cair bulan Mei 2023 ini. Apa saja bansos yang akan cair tersebut, yuk simak penjelasannya di artikel FOBIS.ID di bawah ini.

Baca Juga : Pinjaman BRI NON KUR 2023, Plafon Rp250 Juta, Bayar Angsuran Tidak Setiap Bulan!

Bansos yang Cair Bulan Mei 2023

1. BLT Kemiskinan Ekstrem

Pada awalnya, pemerintah mengenal bantuan untuk mengatasi kemiskinan ekstrem sebagai BLT Dana Desa, namun saat ini telah mengalami perubahan.

Pemerintah kini memberikan bantuan tersebut secara langsung kepada keluarga penerima manfaat (KPM) dengan tujuan membantu mereka dalam mengatasi kondisi ekonomi yang sangat memprihatinkan.

2. Bansos Prakerja

Program selanjutnya yang tersedia adalah Kartu Prakerja, sebuah inisiatif pemerintah yang bertujuan untuk membantu dan meningkatkan kompetensi para generasi muda dan pencari kerja, baik mereka yang sedang mencari pekerjaan atau yang terdampak oleh PHK.

Bantuan ini terdiri dari beberapa insentif, seperti biaya pelatihan sebesar Rp3.500.000, insentif pencarian kerja sebesar Rp600.000 yang diberikan satu kali, dan insentif pengisian survei sebesar Rp50.000 yang diberikan dua kali.

Program ini untuk memberikan dukungan nyata dalam pengembangan keterampilan dan peningkatan peluang kerja bagi individu yang berpartisipasi.

3. Bansos PIP

Para pelajar yang menghadapi kesulitan ekonomi dalam pembiayaan pendidikan dapat memanfaatkan Program Indonesia Pintar.

Bantuan sosial ini telah ada sejak bulan April 2023 dan akan berlangsung hingga tanggal 30 Mei 2023.

Bantuan ini memiliki rentang jumlah yang ada , mulai dari Rp450.000 hingga jutaan rupiah, tergantung pada kebutuhan masing-masing penerima.

Bank BRI bertanggung jawab dalam menyalurkan bantuan untuk tingkat SD dan SMP, sementara Bank BNI bertanggung jawab untuk tingkat SMA.

Program ini bertujuan untuk membantu meringankan beban keuangan dalam hal pendidikan bagi para pelajar yang membutuhkannya.

Segera Cek Nama Kamu! Ini Daftar 6 Bansos yang Cair Bulan Mei 2023
Aplikasi Cek Bansos

4. Bansos Pangan

Sebagai upaya untuk membantu keluarga penerima manfaat (KPM), pemerintah memberikan bantuan pangan berupa 10 kg beras.

Bantuan pangan ini akan ada selama tiga bulan, yaitu mulai dari bulan Maret, April, hingga Mei 2023. Untuk proses pencairannya, alokasi bantuan beras sesuai dengan jadwal dari pemerintah.

Misalnya, alokasi beras untuk bulan Maret akan dapat cair pada bulan April, alokasi beras untuk bulan April cair pada bulan Mei, dan alokasi beras untuk bulan Mei akan cair pada bulan Juni.

Baca Juga : Cara Bayar Angsuran BRI KUR, KUPEDES, Briguna, Online Maupun Offline

5. Bansos PKH Tahap 2

Bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) tahap kedua telah mulai cair sejak tanggal 27 April 2023.

Bantuan ini hanya untuk keluarga penerima manfaat (KPM) secara bertahap, terutama bagi pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) merah putih yang terdaftar di Bank BRI, BNI, Mandiri, dan BSI.

Pencairan bantuan PKH tahap kedua ini akan dilakukan melalui kartu KKS dan juga dapat dilakukan melalui kantor POS.

6. Bansos BNPT Tahap 2

Bantuan sosial BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) akan tersedia untuk pencairan antara tanggal 1 hingga 31 Mei 2023. Bantuan ini berupa bahan pangan atau uang, dengan besaran mulai dari Rp200.000.

Cek Data Penerima Bansos DI SINI!

Bagi kamu yang ingin mengecek data penerima bantuan sosial kamu bisa melakukan pengecekan di situs cekbansos.kemensos.go.id. atau lewat aplikasi cek bansos kemensos yang bisa kamu unduh di Google Play Store.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar