Fobis.ID > News > Tanpa Tuner! Ini Smart TV Digital Harga Murah, Spesifikasi Canggih

Tanpa Tuner! Ini Smart TV Digital Harga Murah, Spesifikasi Canggih

FOBIS.ID – Seiring dengan implementasi pemadaman analog (ASO) yang sudah mulai pada April tahun sebelumnya. kini era baru smart TV digital sudah mulai.

Pemerintah Indonesia telah sepakat untuk mengakhiri siaran TV analog di seluruh negeri pada 2 November.

Langkah ini mempercepat transisi lengkap dari siaran TV analog ke digital. Masyarakat kini perlu memiliki perangkat yang mampu menangkap sinyal digital untuk menikmati tayangan televisi.

Untuk menikmati siaran TV digital, ada dua opsi yang dapat kalian pilih. Pertama, Anda dapat menggunakan TV analog biasa dengan tambahan set-top box atau set-top box terpisah.

Fungsinya adalah untuk mengubah sinyal siaran digital sehingga dapat tampil pada TV analog.

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan TV yang sudah terdapat tuner digital.

Apa itu tuner?

Alat ini berfungsi untuk menerima sinyal siaran digital. TV yang memiliki fungsi DVB-T2 (penerima sinyal digital) dapat menerima sinyal digital tanpa perlu STB tambahan. Kebanyakan TV sudah memiliki fitur ini.

Pasaran saat ini telah diisi oleh berbagai model Smart TV dengan dukungan DVB-T2. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 1 hingga 2 jutaan.

Baca juga: Tahukah Anda Bahwa 1 STB Bisa Dipakai 2 TV? Begini Caranya

Berikut ini adalah contoh smart TV digital yang mampu menerima siaran digital tanpa dekoder.

Daftar Smart TV Digital yang Mampu Menangkap Siaran Digital Tanpa Tuner STB Set Top Box

1. Xiaomi TV A2 32 inci: Smart TV Digital dengan Bezel-less Design

Xiaomi TV A2, yang sebelumnya hadir dalam ukuran 43 inci dan 55 inci, kini menghadirkan model 32 inci dengan harga hanya Rp 2.399.000.

Smart TV Digital ini memiliki fitur DVB-T2, memungkinkannya menangkap siaran TV digital di Indonesia.

Salah satu daya tarik utama dari Xiaomi TV A2 32 inci adalah desainnya yang ramping, dengan bingkai logam unibody dan mendukung double stand, serta bezel-less yang memanjakan mata.

Dengan resolusi 1,366 x 768 (HD), kedalaman warna mencapai 16,7 juta warna dan refresh rate 60Hz, smart TV ini menjanjikan kualitas gambar yang luar biasa.

Berjalan pada sistem operasi Android TV 11, Xiaomi TV A2 32 inci memberikan akses langsung ke lebih dari 400.000 film dan acara TV dari Netflix, Prime Video, YouTube, serta ribuan aplikasi lainnya di Google Play Store.

Fitur Chromecast built-in dan Miracast juga ada, memudahkan pengguna untuk mentransmisikan konten dari smartphone, tablet, atau laptop ke smart TV untuk pengalaman visual yang berbeda.

Baca juga: Nambah Dikit Dapat Xiaomi TV A2 43 Inci Layar 4K, Segini Harganya

Untuk peningkatan kualitas audio, Xiaomi TV A2 32 inci menggunakan Dolby Audio, DTS-X, dan DTS Virtual:X, dengan dukungan dari speaker stereo 2 x 10W.

Lanjut laman 2 TV Coocaa 32S3U

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar