Fobis.ID > News > Sony Segera Luncurkan Portal PS5, Apa Fungsinya dan Berapa Harganya

Sony Segera Luncurkan Portal PS5, Apa Fungsinya dan Berapa Harganya

FOBIS.ID – Sony akan meluncurkan portal PS5, apa saja manfaat dari portal PS5 Sony dan berapa harganya

Sony secara resmi mengumumkan peluncuran platform permainan terbaru mereka, yaitu PlayStation Portal, pada hari Rabu, 23 Agustus 2023 lalu.

Baca juga: Permainan Peran Aksi Final Fantasy XVI PS5, Pertarungan Karakter Dominant dan Eikon Terkuat!

Tidak seperti perangkat permainan portabel biasa, PlayStation Portal dirancang khusus untuk memungkinkan pemain bermain game PlayStation 5 (PS5) secara streaming.

Dengan kata lain, pengguna PlayStation Portal tidak dapat mengunduh atau menginstal game di dalam perangkat tersebut.

Pengguna PlayStation Portal hanya diberi kemampuan untuk memainkan game yang telah diinstal pada PlayStation 5 melalui koneksi internet.

PlayStation Portal sebenarnya tidak diciptakan sebagai konsol baru sejak awal, tetapi lebih sebagai pelengkap untuk PS5.

Perangkat ini dirancang untuk pengguna yang ingin merasakan pengalaman bermain game PS5 tanpa harus terpaku pada layar televisi.

Proyek pengembangan PlayStation Portal diumumkan oleh Sony pada bulan Mei yang lalu, dengan nama kode “Proyek Q”.

PlayStation Portal menampilkan desain yang menyerupai Nintendo Switch.

Platform ini memiliki layar lebar yang dikelilingi oleh dua sisi kontroler atau gamepad.

Desain Portal PS5

Layar LCD berukuran 8 inci ini mampu menampilkan gambar dalam resolusi 1.080 piksel dengan kecepatan bingkai 60 fps.

Bicara mengenai desain, kontroler PlayStation Portal mengadopsi gaya desain yang mirip dengan kontroler PS5, yaitu DualSense.

Namun demikian, kontroler ini memiliki dimensi yang lebih besar.

Kedua sisi kontroler PlayStation Portal ini mendukung efek getaran haptic feedback dan adaptive triggers, sama seperti sensasi yang ditawarkan oleh DualSense.

Selain itu, PlayStation Portal juga memiliki kemampuan untuk memutar media melalui layarnya, mirip dengan PS5.

Untuk menjalankan atau bermain game, PlayStation Portal harus terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang stabil, sehingga pengalaman bermain game dapat berjalan dengan lancar.

Sony menyarankan kecepatan internet minimal 5 Mbps agar dapat bermain game di PlayStation Portal, namun direkomendasikan memiliki kecepatan 15 Mbps.

Vice President of Platform Excercise di Sony Interactive Entertainment, Hideaki Nishino sebagaimana dikutip dari The Verge menyebut bahwa PlayStation Portal bisa membuat pemain memainkan PS5 pada portal karena terhubung secara jarak jauh dengan PS 5 melalui jaringan WiFi.

PlayStation Portal dilengkapi dengan jack audio 3,5 mm. Namun, meskipun demikian, perangkat ini tidak memiliki koneksi Bluetooth, sehingga pengguna tidak bisa menggunakan headphone nirkabel biasa atau perangkat serupa.

Namun, perangkat ini dilengkapi dengan teknologi nirkabel PlayStation Link yang dirancang untuk memberikan latensi rendah dan audio tanpa kehilangan kualitas.

Sony juga telah merilis headset atau perangkat yang mendukung teknologi ini. Mengenai daya tahan baterai, Sony belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai kapasitas perangkat baru ini. Namun, beberapa sumber memperkirakan PlayStation Portal akan memiliki masa pakai baterai yang serupa dengan DualSense, yaitu sekitar 7-9 jam penggunaan.

Sony juga belum mengungkapkan secara detail spesifikasi lain dari perangkat ini. Meskipun PlayStation Portal dirancang untuk bermain game secara streaming, perangkat ini tidak dapat digunakan untuk memainkan game melalui layanan cloud gaming berlangganan PlayStation Plus (PS Plus) Premium.

Artinya, game yang ingin dimainkan di PlayStation Portal harus benar-benar diinstal di konsol PS5 milik pengguna. Harga PlayStation Portal, perangkat game portabel dari Sony, dijual dengan harga 200 dolar AS atau sekitar Rp 3 jutaan.

Sony sendiri belum mengumumkan tanggal pasti kapan PlayStation Portal akan mulai dijual. Namun, Sony memastikan bahwa perangkat ini akan tersedia sekitar akhir tahun mendatang.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar