Fobis.ID > News > Tambah Daya PLN TERBARU 2023, Biaya Listik 900 ke 1300 V Dilengkapi Syarat dan Cara Pengajuan

Tambah Daya PLN TERBARU 2023, Biaya Listik 900 ke 1300 V Dilengkapi Syarat dan Cara Pengajuan

FOBIS.ID- Tambah daya PLN Terbaru 2023, berapa biayanya? Buat kamu yang sering dapat masalah listrik “anjlok” atau daya turun bisa menyimak artikel ini hingga selesai.

Fobis.id akan mengupas tuntas tentang biaya tambah daya PLN, salah satunya daya listrik 900 v ke 1300 v beserta syarat dan cara pengajuannya baik online maupun offline.

BACA JUGA : GAWAT! Program KUR BRI 2023 Ditutup Bulan Juli? Simak Alasan dan Penjelasannya

Beban listrik yang sudah melewati kapasitas dayanya tentu harus diatasi dengan menambah daya. Namun, apakah kamu tahu berapa biayanya yang terbaru 2023? Lalu bagaimana dengan syarat dan cara pengajuannya?

Pengertian Tambah Daya PLN

BACA JUGA : TPG TW 2 2023 Kapan Cair? Berikut Nama Daerah yang Sudah Cair TW 1 dan Jadwal Pencarian Sertifikasi

Besarnya kekuatan tenaga listrik yang mengalir disebut sebagai daya listrik. Sementara Volt ampere (VA) merupakan simbol dari besaran daya listrik. Nah, besaran daya listrik dalam rumah tangga bisa berbeda antara satu dan yang lainnya.

Ada yang menggunakan daya listrik 900 VA, ada juga yang menggunakan daya listrik 1300 VA dan seterusnya.

BACA JUGA : Menu Korea 15 Ribuan di Promo KFC Bulan Juli, Simak Deretan Promo Super Hemat Lainnya

Ketika mengalami kondisi meteran sering turun, artinya konsumsi daya listrik PLN harus di tambah.

Menambah daya listrik sebenarnya mudah namun memang butuh biaya yang lumayan besar, Semakin banyak kebutuhan, semakin besar juga biayanya.

Pertimbangan Menambah Daya Listrik PLN di Rumah

Ada beberapa hal yang mungkin menjadi pertimbangan kamu untuk melakukan tambah daya PLN atau tambah daya listrik.

Yeng pertama terlintas di pikiran tentu saja soal biaya. Penambahan daya listrik apakah nantinya sesuai dengan anggaran rumah tangga ataukah justru lebih besar pasak daripada tiang?

Namun, jika melihat soal kebutuhan, menambah daya listrik memang sangat penting. Sebagian orang kini bekerja cukup dari rumah dan ada juga siswa yang belajar tambahan secara online.

Apalagi buat kamu yang punya bisnis rumahan yang sangat tergantung dengan peralatan listrik. Wah, pastinya meteran yang turun akan mengganggu aktivitas kamu sekaligus menurunkan kualitas hidup.

Selain itu, bagi kamu yang memiliki rumah luas serta ruangan yang besar dan banyak juga memerlukan daya listrik yang lebih besar lagi.

Persyaratan Untuk Tambah Daya Listrik

Sebelum sampai pada ulasan berapa sih biaya tambah daya listrik terbaru 2023, poin di bawah ini juga sangat penting di ketahui.

Ketika memutuskan untuk menambah daya, kamu harus paham dengan syarat-syaratnya. Karena memang ada prosedur yang harus dipenuhi. Supaya tidak salah langkah, Kami sajikan beberapa persyaratan tambah daya listrik PLN seperti di bawah ini :

  • Kamu harus setuju dengan ketentuan penempatan Alat Pembatas dan Pengukur (APP) kepunyaan PLN. Tujuannya petugas PLN akan lebih mudah dan amah dalam pemeriksaan.
  • APP dan perlengkapan milik PLN juga harus kamu jaga dengan baik.
  • APP yang hilang / rusak akibat kelalaian maupun kesengajaan wajib diganti rugi
  • Bayarlah listrik tepat waktu
  • Jika terjadi pelanggaran pemakaian tenaga listrik dan pemakaian tidak terukur dengan penuh, pelanggan harus bayar tagihan susulan.
  • Pelanggan wajib menyediakan lokasi juga membiayai pemindahan dan ganti rugi kWh yang tak tersalur. Pemindahan tiang listrik dan peralatan pendukung lainnya harus atas persetujuan dari PLN.
  • Usai dilakukan penyalaan pada persil, pelanggan harus melapor kepada PLN maksimal 7 hari. Kalau tidak melapor sesuai batas waktu yang ditentukan, dianggap melanggar ketentuan.

Biaya yang Harus Dipersiapkan untuk Tambah Daya PLN

Jika kamu memutuskan untuk menambah daya listrik, berarti ada biaya yang harus kamu siapkan.

Komponen biaya tersebut antara lain meliputi biaya penggantian MCB, biaya penyambungan, dan uang jaminan pelanggan. Penjabaran lengkapnya baca artikel di bawah ini :

1. Penggantian Alat MCB

Saat tambah daya PLN, kamu memerlukan sebuah alat untuk membatasi arus listrik beranama Miniature Circuit Breaker (MCB).

Nah, MCB itu harus agar kapasitasnya sesuai dengan daya yang kamu inginkan.

Kamu perlu mengeluarkan uang sekitar Rp50 ribuan untuk membeli MCB dengan kapasitas minimal 4 ampere untuk pasang listrik dengan daya 900 VA.

2. Biaya Penyambungan

Kamu harus siap-siap dengan biaya penyambungan. Sederhananya adalah biaya yang muncul karena ada perubahan daya dari meteran / sambungan yang sudah ada.

Biaya tambah daya listrik juga akan berbeda-beda karena melihat besaran penambahan dan lamanya daya. Berikut rincian biaya untuk penyambungan listrik.

Harga tambah daya listrik PLN 900 VA ke atas

Tambah Daya ListrikBiaya
Daya 900 VA ke 1.300 VARp642.700
Daya 900 VA ke 2.200 VARp1.638.300
Daya 900 VA ke 3.500 VARp3.173.900
Daya 900 VA ke 4.400 VARp4.214.300
Daya 900 VA ke 5.500 VARp5.495.900

Tarif harga tambah daya listrik 1300 VA ke atas

Tambah Daya ListrikBiaya
Daya 1.300 VA ke 2.200 VARp1.263.500
Daya 1.300 VA ke 3.500 VARp2.786.300
Daya 1.300 VA ke 4.400 VARp3.826.700
Daya 1.300 VA ke 5.500 VARp5.108.300

Biaya tambah daya listrik PLN untuk 2200 VA ke atas

Tambah Daya ListrikBiaya
Daya 2.200 VA ke 3.500 VARp1.914.200
Daya 2.200 VA ke 4.400 VARp2.954.600
Daya 2.200 VA ke 5.500 VARp4.226.200

Untuk Biaya tambah daya listrik 3500 VA ke atas

Tambah Daya ListrikBiaya
Daya 3.500 VA ke 4.400 VARp2.966.500
Daya 3.500 VA ke 5.500 VARp2.966.500
Daya 3.500 VA ke 6.000 VARp4.125.900

3. Uang jaminan pelanggan

Khusus pelanggan pascabayar, saat ingin menambah daya PLN kamu perlu memberikan uang jaminan pelanggan / UJL. Sedangkan untuk prabayar, tidak ada biaya alias gratis.

4. Tarif Listrik Terbaru 2023

Oh ya, Kamu juga harus tahu tarif listrik terbaru 2023 yang slelau diupdate per tiga bulan sekali oleh pemerintah. Pemerintah memang kerap menaikkan tarif listrik baik subsidi atau non-subsidi sejak Juli 2022.

Di bawah ini adalah informasi rincian tarif listrik terbaru 2023:

Cara Tambah Daya Listrik 900 ke 1300 VA Secara Online

Dikutip dari web resmi PLN yaitu pln.co.id, pelanggan bisa tambah daya listrik secara online. Untuk kamu yang ingin menambah daya listrik dari 900 VA ke 1300 VA bisa mengikuti prosedur berikut ini :

  • Install Aplikasi PLN Mobile di Google Play Store / App Store
  • Setelah itu buka aplikasi PLN Mobile di handphone dan pilihlah menu “Perubahan Daya” selanjutnya klik “Mulai”.
  • Masukkan ID Pelanggan yang telah kamu daftarkan di PLN Mobile / no mete rlain setelaj itu klik ” lanjutkan.
  • Masukkan data lokasi yang akan kamu ubah dayanya. Jika koordinat lokasi sudah sesuai selanjutnya tekan “YA”. Kamu harus melengkapi seluruh data lokasi lalu klik “Lanjutkan”.
  • Setelah itu, pilih daya baru atas dasar koneksi listrik (prabayar atau pascabayar) lalu klik “Lanjutkan”.
  • Isi jenis permohonan pengubahan daya, untuk sendiri atau orang lain. Kalau untuk orang lain, isi “Data Pelanggan” dan “Data Pemohon”. Kalau semua sudah terisi benar, klik “Lanjutkan”.
  • Tunggu sampai muncul “Ringkasan Data Permohonan”. Kamu bisa memasukkan kode Voucher Promo jika ada setelah itu klik “Kirim Permohonan”.
  • Pahami syarat dan ketentuan yang ditampilkan baru klik “Setuju”. Tunggu notifikasi pada laman “Permohonan Berhasil”. Selanjutnya akan muncul di layar “Detail Permohonan”. Setelah itu klik “Lanjutkan Pembayaran”.
  • Bayar ubah daya dengan mengklik “Ganti Metode Pembayaran”. Pembayaran bisa dilakukan dengan e-wallet / transfer bank dengan virtual account. Kemudian klik Bayar.
  • Penambahan daya berhasil.
  • Selanjutnya kamu akan dihubungi petugas PLN untuk menjadwalkan waktu penambahan daya. Pada umumnya berlangsung 10 hari kerja di hitung dari tanggal tagihan pembayaran listrik.

Pengajuan Tambah Daya Offline

Selain online, kamu juga bisa melakukan pengajuan tambdah daya secara offline. Hubungi kantor unit PLN dengan telpon lebih dulu. Kamu bisa tersambung dengan bagian pelayanan pelanggan.

Adapun dokumen yang perlu dibawa ke PLN adalah fotokopi KTP pemohon, fotokopi rekening listrik terakhir, lembar denah lokasi bangunan /rumah, biaya tambah daya, UJL, surat lain seperti surat kuasa, perjanjian / surat keterangan lainnya untuk menghindari kesalahan, dan biaya penyambungan.

Untuk melakukan pembayaran tambah daya listrik kamu bisa mengantre di loket pembayaran unit PLN terdekat.

Konsekuensi Tambah Daya Listrik

Melakukan tambah daya listrik PLN tentu ada konsekuensi yang harus kamu terima. Begitu juga saat kamu migrasi dari daya listrik 900 ke 1300 VA. Konsekuensi tersebut antara lain :

1. Subsidi dari Pemerintah Hilang

Sebagian pelanggan 900 VA PLN memang mendapatkan subsidi listrik dari pemerintah.

Bagi penerima subsidi, perubahan daya ke 1300 VA akan membuat subsidi dari pemerintah hilang.

Kalau berniat menjadi pelanggan listrik 1300 VA yang memang tidak termasuk ke dalam golongan penerima subsidi listrik maka harus siap jika subsidi langsung hilang usai naik daya.

Fakta ini harus di jadikan pertimbangan sebelum ubah daya, kecuali kalau kamu bukanlah penerima subsidi, maka hal itu bukan suatu masalah.

2. Biaya Beban Listrik Bertambah

Konsekuensi lainnya adalah biaya beban listrik yang bertambah. Meski listrik tersebut tidak terpakai, tapi setiap bulannya tagihan akan naik sesuai penambahan daya.

Saat kamu masih memakai daya 900 VA biaya listriknya hanya Rp48.672, sedangkan menaikkan daya menjadi 1300 VA, biayanya menjadi Rp75.124.

Namun, khusus listrik prabayar jangan khawatir karena tidak terkena biaya beban listrik.

3. Pembayaran Listrik Meningkat

Begitu kamu tambah daya ke 1300 VA, pembayaran listrik pastinya akan meningkat karena ada perbedaan harga per kWh listrik antara 900 VA dan 1300 VA.

Per kWh untuk daya 900 VA harganya sebesar Rp 1352 dan untuk 900 VA subsidi adalah Rp 605/kWh. Sementara itu, untuk daya 1300 VA harganya menjadi Rp. 1444,70.

Belum lagi ditambah dengan makin banyaknya pemakaian alat listrik setelah tambah daya sehingga pembayaran semakin tinggi.

Makanya nanti jangan terkejut ya kalau saat pembayaran listrik menjadi lebih banyak setelah tambah daya dari 900 ke 1300 VA.

Cara Menghemat Daya Listrik Rumah

Bagi sebagian masyarakat, biaya tambah daya PLN adalah sesuatu yang tak terjangkau. Mereka memilih untuk menghemat listrik ketimbang membayar biaya tambah daya.

Langkah apa saja yang bisa menghemat daya listrik rumah, ini poin-poinnya :

  • Jika tidak digunakan lebih baik matikan lampu
  • Pilih lampu LED daripada lampu pijar karena lebih hemat dan awet.
  • Penggunaan AC sebaiknya suhu sedang antara 23 hingga 25° C
  • Kalau tidak digunakan cabut semua peralatan elektronik dan kabel.
  • Supaya mengurangi penggunaan lampu dan AC, buat ventilasi udara yang baik, rindang, dan punya pencahayaan alami.
  • Boleh gunakan energi alternatif seperti panel surya.

Hitung Biaya dengan Kalkulator Tarif Listrik Online

Cara berhemat lainnya adalah dengan menghitungnya dengan kalkulator tarif listrik. Kamu bisa menghitung di awal berapa pengeluaran listrik setiap harinya.

Sehingga akan lebih mudah untuk mempersiapkan dana serta berhemat. Saat ini, di internet banyak sekali tersedia kalkulator listrik secara online untuk menghitung.

Cara menghitung dengan kalkulator tersebut adalah dengan memasukkan golongan tarif listrik dan batas daya listrik pada rumah.

Kamu juga wajib tahu pemakaian listrik dalam sehari kira-kira habis berapa watt. Mudah saja caranya yaitu mencatat semua perabotan rumah tangga yang menggunakan listrik.

Selanjutnya catat juga daya masing-masing perabot dalam Watt begitu juga dengan total jam penggunaannya.

Hal Lain yang Kerap Jadi Pertanyaan Pelanggan

Tambah Daya / Pasang Meteran Baru?

Banyak juga yang memilih menambah meteran listrik baru daripada naik daya agar subsidi meteran lama tidak hilang.

Apakah boleh 1 rumah punya 2 meteran listrik?

Satu rumah memiliki 2 meteran listrik. Tapi instalasinya harus dipisah. Selain itu, harus ada tembok penyekat antara kedua instalasi.

Lebih bagus mana naik daya atau tambah meteran baru?

Semua memiliki kelebihan dan kekurangannya. Misalnya saja, dengan menambah meteran listrik tentu harus siap dengan biayanya yang lebih besar ketimbang tambah daya.

Untuk listrik baru daya 1300 VA dikenai biaya mencapai Rp. 1.333.000.

Namun kelebihannya, subsidi meteran lama dari pemerintah tidak hilang.

Menurut Kami, menambah meteran listrik baru lebih direkomendasikan. Tapi, dengan syarat meteran yang diambil merupakan meteran listrik prabayar /token supaya tidak ada biaya tambahan.

Apalagi kalau hanya sesekali dipakai, kita akan terhindar dari biaya minimum pemakaian rekening.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang tambah daya PLN terbaru 2023. Serta biaya tambah daya listrik 900 VA ke 1300 VA. Pastikan kamu memenuhi persyaratan dan mengikuti langkah pengajuan yang tepat. Selamat mencoba (*)

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar