Fobis.ID > Artikel > 5 Layanan Call Center PLN, Bisa Dihubungi 24 Jam

5 Layanan Call Center PLN, Bisa Dihubungi 24 Jam

FOBIS.ID- Call Center PLN merupakan solusi saat saat kondisi listrik di rumah kamu terganggu. Jangan ragu untuk menghubungi nomor kontak pengaduan PLN tersebut agar masalahnya teratasi.

PLN saat ini sudah menyediakan berbagai macam kontak pengaduan. Kamu bisa menghubungi kapan saja untuk urusan kerusakan listrik.

BACA JUGA : Cara Mudah Cek Tagihan Listrik PLN, Mulai dari PLN Mobile, SMS, Marketplace Hingga Whatsapp

Tidak hanya mengatasi permasalahan listrik yang terjadi di rumah, namun Call Center PLN juga berfungsi sebagai pencegahan terhadap bahaya korsleting.

BACA JUGA : Tambah Daya PLN TERBARU 2023, Biaya Listik 900 ke 1300 V Dilengkapi Syarat dan Cara Pengajuan

Melalui Call Center PLN, berbagai gangguan listrik seperti istrik padam, tegangan listrik turun mendadak, sampai dengan voltase listrik tiba-tiba tinggi.

Pelanggan tinggal memilih call center yang paling nyaman dan mudah dihubungi. Untuk saat ini, call center PLN memiliki beberapa pilihan layanan.

BACA JUGA : Promo KFC Juli 2023! Take Awal Fest Hanya 54 Ribuan, Khusus Hari Ini 16 Juli Ada Menu 20 Ribuan

Layanan tersebut antara lain layanan Virtual Assistant PLN 123, akun media sosial, layanan telepon, layanan pengaduan lewat situs dan pengaduan via aplikasi.

Diharapkan dengan banyakny aalternatif layanan pengaduan PLN dari berbagai kanal yang di sediakan, pelanggan tak perlu panik saat ada gangguan listrik.

Apalagi cara mengajukan pengaduan PLN kini sudah sangat mudah dan bisa disesuaikan dengan kemampuan pelanggan.

Call Center PLN TERBARU 2023

Mengacu dari web.pln.co.id, laman resmi milik PLN, layanan pengaduan PLN atau yang dikenal sebagai PLN 123 ini bisa pelanggan akses full 24 jam.

Agar lebih jelas, Fobis.id akan menjabarkan layanan call center PLN yang bisa kamu hubungi

1. Call Center PLN melalui Media Sosial

Saat di rumah kamu ada gangguan listrik, kamu bisa mengadukannya ke call center PLN melalui media sosial.

PLN memiliki akun twitter resmi yaitu @pln_123 dan juga di laman Facebook PLN 123.

Utarakan dengan jelas permasalahan yang kamu hadapi ke call center. Selanjutnya, petugas customer service akan membantu kamu melalui pesan yang dikirim lewat media sosial.

2. Melalui Telepon

Mungkin buat kamu yang tidak punya sosial media akan bingung akan mengadu lewat jalur mana. Tak usah khawatir, karena kamu bisa menghubungi PLN menggunakan telepon.

Putar nomor 123 untuk menelpon layanan pengaduan. Sampaikan apa yang menjadi masalah kamu via telepon. Mudah bukan?

Petugas customer service akan menanggapi pengaduan kamu soal listrik dengan memberi solusi yang terbaik.

Perlu menjadi catatan, kalau kamu memakai ponsel, selalu gunakan kode area telepon agar tersambung.

Kalau cepat tersambung ke customer service PLN sesuai area, kamu akan segera merasa aman.

Pulsa kamu juga harus cukup untuk bisa menelpon, sebab sambungan telepon ini ternyata berbayar.

3. Virtual Assistant

Tidak hanya di medsos dan melalui telepon, kamu tetap bisa menghubungi layanan call center PLN via virtual assistant.

Caranya sangat mudah yaitu dengan klik laman Virtual Assistant PLN 123.

Setelah login, isi data diri kamu seperti nama, ID pelanggan, email, nomor handphone, kode verifikasi dan msalah pengaduan yang ingin dicarikan solusinya.

Tapi harap bersabar ya, kamu harus menunggu beberapa saat sampai ada arahan dari Virtual Assistant.

4. Call Center PLN Melalui Situs PLN

Cara lainnya untuk mengatasi gangguan layanan listrik adalah melalui situs PLN.

Pertama-tama kamu harus membuka browser di ponsel / komputer setelah itu baru masukkan alamat web.pln.co.id.

Selanjutnya adalah klik menu “Virtual Assistant PLN”. Menu tersebut berada di sebelah kanan halaman web.

Masukkan data dengan mengisi informasi termasuk nama, ID pelanggan, alamat email, nomor ponsel dan keluhan.

5. Call Center PLN via Aplikasi PLN Mobile

Cara menghubungi nomor PLN lainnya adalah menggunakan aplikasi PLN Mobile.

Kamu bisa mengunduhnya secara gratis di Play store atau iOS melalui smartphone. Kalau sudah di instal kamu bisa pilih menu “Pengaduan”.

Sebelum mengetik data diri pilih jenis pengaduan gangguan terlebih dulu.

Segera masukkan n ID Pelanggan / Nomor Meter selanjutnya tekan menu “Konfirmasi”. Setelah itu tekan “YA”.

Kamu bisa juga melampirkan laporan berupa deskripsi masalah dan foto tentang masalah listrik yang sedang kamu alami.

Langkah terakhir, klik “Kirim Pengaduan”. Nantinya, pelanggan akan menerima Nomor Laporan yang formatnya sebagai berikut: Gxxxxx.

Kemudian klik “OK” agar laporan diteruskan ke petugas PLN.

Demikian beberapa nomor layanan pengaduan PLN dan cara menggunakannya. Jadi, jangan keburu panik ketika mengalami gangguan listrik. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat dan membantu. (*)

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar