Fobis.ID > Artikel > Angkut Sepeda Motor Lewat Mudik Gratis Kemenhub 2024, Ini Jadwal Lengkapnya

Angkut Sepeda Motor Lewat Mudik Gratis Kemenhub 2024, Ini Jadwal Lengkapnya

FOBIS.ID – Program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan dibuka untuk ramadan tahun ini. Tak hanya mudik lewat jalur darat, program mudik gratis Kemenhub 2024 juga akan menyediakan layanan mudik lewat jalur laut dan juga kereta api.

Mudik gratis ini bertujuan agar meminimalisir lonjakan masyarakat pemudik, terutama masyarakat yang mudik menggunakan kendaraan roda dua. Simak artikel berikut untuk tahu informasi lebih lanjut karena jadwal pendaftaran masing-masing transportasi berbeda.

Dilansir dari portal Dephub, tak hanya manusia yang bisa ikut program mudik, tetapi kendaraan miliknya juga bisa diikutsertakan secara gratis. Hal tersebut terjadi agar adanya kendaraan untuk mobilisasi di kampung halaman.

BACA JUGA : Link Pendaftaran Mudik Gratis Dishub Jabar 2024, Ketahui Syarat dan Cara Daftarnya di Sini

Mudik menggunakan sepeda motor lebih baik untuk dihindari karena potensi kecelakaan yang tinggi. Masyarakat bisa mudik menggunakan kendaraan umum atau bisa juga dengan memanfaatkan program mudik gratis Kemenhub 2024 ini.

BACA JUGA : Mudik Gratis Jateng 2024: Cek Syarat, Jadwal, dan Cara Daftarnya Di Sini

Jadwal Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2024

Ada beberapa jalur atau kategori transportasi mudik gratis yang Kemenhub sediakan. Untuk jadwal pendaftaran masing-masing jalur ada dalam penjelasan berikut ini.

  • Jalur kereta api

Jalur ini menyediakan kursi sebanyak 28.196 penumpang, dan juga untuk jatah sepeda motor sebanyak 12.180 unit. Pendaftaran mudik jalur kereta api mulai pada tanggal 4 Maret 2024 hingga 18 April mendatang. Jika lolos maka akan bisa ikut mudik dengan jadwal keberangkatan mulai 2 sampai 8 April 2024.

Tak hanya arus mudik, pada arus balik juga ada program gratis yang pemberangkatannya di tanggal 13 hingga 19 April 2024.

  • Jalur laut

Untuk program mudik jalur laut, Kemenhub menyediakan kuota sebanyak 4.800 unit kendaraan roda dua dan 9800 kursi untuk penumpang. Pendaftaran mudik jalur laut mulai tanggal 3 sampai 17 April 2024.

  • Jalur darat

Yang terakhir adalah jalur darat. Pada jalur ini disediakan transportasi truk untuk kendaraan dan bus untuk masyarakat mudik ke kampung halaman. Jumlah kuota mencapai 900 unit kendaraan roda dua dan 30.088 kursi untuk masyarakat.

Pendaftaran mudik gratis Kemenhub 2024 jalur darat mulai 5 Maret hingga 3 April 2024. Pendaftaran melalui aplikasi mitra darat. Tanggal keberangkatan mudik jalur darat mulai dari 5 sampai 7 April nanti. Sedangkan untuk pemberangkatan arus balik akan ada di tanggal 14 dan juga 15 April 2024.

Demikian informasi mengenai mudik gratis dari Kementerian Perhubungan di tahun 2024 ini.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar