Fobis.ID > Artikel > MUDAH, Ini Cara Aktivasi Gmail Agar Tidak Dihapus Google

MUDAH, Ini Cara Aktivasi Gmail Agar Tidak Dihapus Google

FOBIS.ID – Google telah membuat perubahan penting dalam kebijakannya. Perubahan ini akan berdampak pada pengguna yang memiliki akun Gmail yang tidak aktif selama dua tahun. Yuk cek Cara Aktivasi Gmail Agar Tidak Dihapus Google.

Mulai 1 Desember 2023, Google berencana menghapus akun-akun Gmail ini. Termasuk semua kontennya di layanan Google seperti Dokumen, Drive, Meet, Kalender, dan Google Foto. Namun, Anda bisa menghindari hal ini dengan beberapa langkah yang cukup sederhana.

Vice President of Product Management Ruth Kricheli menjelaskan bahwa kebijakan ini ditujukan untuk melindungi pengguna Google dari berbagai ancaman ketidakamanan.

Namun, Google telah menegaskan bahwa mereka hanya akan menghapus akun Google pribadi. Kebijakan ini tidak akan berlaku untuk akun organisasi, baik sekolah atau bisnis.

Sebelum penghapusan terjadi, Google akan memberikan beberapa peringatan.

Peringatan ini melalui pesan email ke alamat Gmail dan alamat pemulihan yang terkait dengan akun tersebut.

Baca juga: Cara Menghapus Email Menumpuk di Gmail Sekaligus dengan Mudah

Ini memberikan pengguna kesempatan untuk menyelamatkan akun dan kontennya.

Cara Aktivasi Gmail Agar Tidak Dihapus Google

Cara Aktivasi Gmail Agar Tidak Dihapus Google
Cara Aktivasi Gmail Agar Tidak Dihapus Google

Jika Anda memiliki akun Gmail yang belum digunakan dalam beberapa waktu. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan kembali akun tersebut dan menghindari penghapusan:

  1. Masuk ke akun Gmail Anda dan lakukan aktivitas seperti membaca atau mengirim email. Aktivitas ini akan menandai akun Anda sebagai aktif dalam database Google.
  2. Gunakan Google Drive. Membuka, membuat, atau mengedit dokumen di Google Drive juga akan memperbarui status aktivitas akun Anda.
  3. Tonton video YouTube. Menonton video YouTube sambil masuk ke akun Google Anda adalah cara lain untuk menandai akun Anda sebagai aktif.
  4. Unduh aplikasi dari Google Play Store. Jika Anda memiliki perangkat Android, mengunduh aplikasi baru atau memperbarui aplikasi yang ada dengan menggunakan akun Google Anda juga bisa menandai akun Anda sebagai aktif.
  5. Gunakan Google Search. Bahkan mencari sesuatu menggunakan akun Google Anda bisa membantu mencegah akun Anda dari dihapus.

Google juga menegaskan bahwa mereka tidak berencana untuk menghapus akun yang telah digunakan untuk mengunggah video YouTube.

Jadi, jika Anda pernah mengunggah video ke YouTube menggunakan akun Gmail Anda, akun Anda berada dalam keadaan aman.

Baca juga: Cara Memindahkan Akun Google ke HP Baru dari Smartphone Lama

Demikian cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari penghapusan akun Gmail Anda oleh Google. Pastikan untuk memeriksa dan mengaktifkan kembali akun Gmail Anda sebelum Desember 2023 tiba.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar