Fobis.ID > Artikel > Ini 7 Tips Lolos SNBP 2024 yang Wajib Kamu Terapkan

Ini 7 Tips Lolos SNBP 2024 yang Wajib Kamu Terapkan

FOBIS.ID – Pendaftaran SNBP 2024 sudah terbuka sejak 14 Februari kemarin. Waktu pendaftaran akan ditutup 14 hari kemudian. Cek 7 tips lolos SNBP 2024 yang bisa kamu baca sebelum mendaftar.

SNBP atau bisa juga disebut dengan Seleksi Nasional Berbasis Prestasi merupakan salah satu jalur seleksi untuk masuk ke PTN (Perguruan Tinggi Negeri). Seleksi ini berbasis prestasi atau berdasarkan nilai raport dan prestasi lain yang siswa miliki.

Untuk mendaftar program ini, siswa dapat mengakses tautan https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ lalu mengisi segala data yang dibutuhkan.

BACA JUGA : Apa Itu Jumlah Tanggungan Orang Tua SNBP 2024? Ini Cara Mengisinya

Sebelum mendaftar ada beberapa syarat yang perlu siswa persiapkan, termasuk akun SNPMB yang sudah tersimpan permanen. Pembuatan dan penyimpanan akun paling lambat hari ini (15 Februari 2024).

BACA JUGA : Hari Ini Dibuka, Cek Link Daftar SNBP 2024, Syarat, Serta Cara Daftarnya!

Ini dia 7 tips lolos SNBP 2024 yang bisa kamu cermati tiap tipsnya.

Tips Lolos SNBP 2024

  • Catat tanggal penting dalam seleksi SNBP. Jangan sampai terlewat mendaftar karena lupa kapan terakhir bisa mendaftar SNBP. Tanggal pentingnya adalah sebagai berikut :
    • Daftar akun SNPMB: terakhir tanggal 15 Januari 2024 jam 15.00 WIB
    • Pendaftaran SNBP 2024: 14 sampai 28 Januari 2024
    • Pengumuman hasil: 26 Maret 2024

BACA JUGA : Jadwal SNBP dan SNBT 2024, Catat Tanggalnya

  • Cermati setiap persyaratan pendaftaran SNBP. Jangan sampai ada syarat yang tidak terunggah. Buatlah list catatan semua syarat untuk mempermudah pengecekan.
  • Siapkan portofolio dengan matang jika kamu mendaftar pada prodi yang mengharuskan ada portofolio, misalnya prodi seni. Buatlah portofolio sebagus mungkin sesuai kemampuanmu.
  • Daftar pada hari-hari awal pendaftaran atau jangan mepet pada waktu akhir pendaftaran.
  • Bijaklah dalam memilih program studi incaran. Perhatikan dan pertimbangkan mata pelajaran yang mendukung prodi itu.
  • Pastikan program studi yang kamu pilih adalah program studi yang sesuai dengan minat dan bakatmu dan kamu yakin kompetisi yang kamu punya dapat membuatmu lolos pada program studi itu.
  • Yang terakhir, kamu juga perlu menyiapkan sertifikat tanda prestasi yang telah kamu raih untuk mendukung pendaftaranmu. Pilihlah prestasi yang sesuai dan akan menunjang kamu untuk terpilih pada program studi incaranmu.

Demikian 7 tips lolos SNBP 2024 yang bisa kamu terapkan. Bijaklah memilih program studi dan persiapkan semua syarat yang kamu perlukan. Persiapan yang matang akan membantu pendaftaran SNBP yang hanya berlalu selama dua minggu ini.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar