Fobis.ID > Artikel > Jadwal dan Cara Cek Hasil Pengumuman SNBP 2024

Jadwal dan Cara Cek Hasil Pengumuman SNBP 2024

FOBIS.ID – Begini cara cek hasil pengumuman Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024, ketahui juga jadwal pengumumannya di sini.

Para siswa yang eligible dan telah mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 kini tinggal menunggu pengumuman seleksinya. Hasil pengumuman Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 ini dijadwalkan pada hari Selasa, 26 Maret 2024 mendatang.

Adapun total jumlah pendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) di tahun 2024 ini mencapai 702.312 siswa. Yang mendominasi seleksi pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 ini adalah siswa kategori Sekolah Menengah Atas (SMA) yaitu sebanyak 449.340 siswa.

BACA JUGA: Beasiswa Kaltim 2024: Simak Syarat dan Link Daftar di Sini

Jika melihat dari tahun-tahun sebelumnya, pengumuman Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau SNMPTN dapat dilihat melalui laman resmi penerimaan mahasiswa baru Kemendikbud. Selain itu pengumuman SNBP atau SNMPTN ini juga dapat siswa akses melalui situs mirror yang biasanya disediakan oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) jalur prestasi tersebut.

Lalu, bagaimana cara cek hasil pengumuman Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024?

BACA JUGA: Syarat Pendaftaran Beasiswa KSE 2024

Cara Cek Hasil Pengumuman SNBP 2024

Merujuk pada tahun-tahun sebelumnya, hasil pengumuman Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) ini dapat di lihat pada laman resmi https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/. Adapun beberapa langkah atau cara untuk melihat hasil seleksi pengumuman SNBP 2024 berikut ini.

BACA JUGA: Syarat dan Cara Daftar Beasiswa S2 Kominfo 2024

  1. Pertama, buka situs resmi pada https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ atau melalui link mirror yang nantinya akan di sediakan oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN), misalnya yaitu melalui https://snbp.itb.ac.id.
  2. Selanjutnya, isikan nomor pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) beserta tanggal lahir masing-masing dengan benar
  3. Setelah itu klik “Lihat Hasil Seleksi” dan status kelulusan SNBP akan terlihat. Header biru akan terlihat bagi yang lolos seleksi dan merah bagi yang tidak lolos seleksi

Lantas, apabila peserta dinyatakan lolos seleksi SNBP 2024 apa yang harus siswa lakukan. Peserta perlu melakukan sejumalh hal sesuai dengan ketentuan dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menerima.

Hal-Hal yang Perlu Dilakukan Saat Lolos SNBP 2024

  1. Memahami Aturan dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Penerima

Masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Universitas memiliki ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, jika peserta lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 wajib untuk membaca dan memahami keseluruhan aturan dan ketentuan yang berlaku pada PTN masing-masing.

  1. Melakukan Verifikasi Berkas

Selanjutnya, peserta juga perlu untuk melakukan verifikasi berkas. Proses verifikasi berkas tersebut akan dilakukan oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menerima.

  1. Daftar Ulang

Siswa yang telah di terima kemudian dapat melakukan daftar ulang di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masing-masing yang menerima.

Namun, bagi siswa yang belum beruntung dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 ini jangan berkecil hati. Sebab, masih terdapat kesempatan pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau SNBT 2024. Berikut ini jadwal Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau SNBT 2024 yang perlu kamu ketahui.

Jadwal SNBT 2024

  • Pendaftaran UTBK SNBT: 21 Maret hingga 5 April 2024
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang 1: 30 April dan 2 hingga 7 Mei 2024
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang 2: 14 hingga 20 Mei 2024
  • Pengumuman SNBT 2024: 13 Juni 2024
  • Masa unduh sertifikat UTBK: 17 Juni hingga 31 Juli 2024

Demikian informasi mengenai cara cek hasil pengumuman Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024, jadwal SNBT, serta hal yang harus peserta lakukan saat lolos seleksi. (*)

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar