Fobis.ID > Artikel > Jadwal SNBP 2024 Terbaru, Calon Mahasiswa Baru Wajib Catat !

Jadwal SNBP 2024 Terbaru, Calon Mahasiswa Baru Wajib Catat !

FOBIS.ID- Informasi mengenai jadwal SNBP 2024 terbaru akan hadir dalam artikel ini. Para calon mahasiswa baru ayo merapat catat segera rincian jadwal SNBP 2024 agar tidak ketinggalan timeline apapun.

SNBP (seleksi nasional berdasarkan prestasi) merupakan salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang rutin berlangsung setiap tahun. Seleksi ini digelar oleh pihak pemerintah Indonesia yang bergerak di bidang pendidikan, yaitu Kemendikbudristek.

Bagi siswa lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat pada tahun 2024 ini dan yang akan bersaing menduduki perguruan tinggi incaran melalui jalur SNBP haruslah tahu jadwalnya. Hal ini bertujuan agar tidak melewatkan info penting di rangkaian proses dan tahap pendaftarannya.

BACA JUGA: Pengumuman SNBP 2024 Kapan? Intip Rincian Jadwal Seleksi Di Sini

Lalu, apakah Kalian sudah tahu jadwal SNBP 2024 terbaru secara lengkapnya? Nah bagi yang belum tahu, yuk langsung simak di bawah ini. Berikut adalah rincian jadwal SNBP 2024 terbaru dan terlengkap.

BACA JUGA: Seleksi SNBP 2024 Telah Resmi Buka, Begini Cara Daftar dan Jadwal Seleksinya

Sekilas Tentang SNBP

SNBP merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang memiliki prestasi baik di bidang akademik ataupun juga non akademik. Titik tumpu penilaian di jalur ini adalah dengan menggunakan nilai raport milik para siswa dari semester 1 hingga semester 5 di bagian pengetahuan.

Berbagai prestasi dan jumlah rata-rata nilai raport milik pendaftar inilah yang menjadi penentu kelulusan pendaftar dalam seleksi SNBP 2024 tanpa tes ini. Untuk prestasi di bidang non akademik akan dinilai dari bagian pengumpulan portofolio serta sertif atau piagam penghargaan yang dimiliki. Seluruh rangkaian seleksi SNBP ini gratis tidak ada pungutan biaya apapun.

BACA JUGA: Cara Pilih dan Ganti Prodi Saat Mendaftar SNBP 2024

Jadwal SNBP 2024 Terlengkap

1. Informasi Kuota Siswa Tiap Sekolah

Jadwal SNBP 2024 yang pertama ini akan berlangsung ke tahap informasi kuota siswa untuk tiap sekolahnya. Pihak Kemendikbudristek akan menentukan kuota siswa yang termasuk dalam data eligible dan dapat mendaftar jalur SNBP 2024 di tiap sekolah.

Tahapan ini akan berlangsung pada tanggal 28 Desember 2023 secara online. Pihak sekolah dapat melakukan pengecekan kuota siswanya melalui website resmi SPNMB 2024.

2. Sanggah Kuota Sekolah

Setelah jumlah/kuota siswa diberitahukan oleh pihak Kemendikbud, sekolah masih bisa menggunakan hak sanggah mulai dari tanggal 28 Desember 2023 hingga 17 Januari 2024. Sanggahan harus menggunakan data sebagai lampiran bukti akurat yang mendukung sanggahan tersebut.

Pihak sekolah yang mengusulkan sanggah akreditasi harus menghubungi badan akreditasi sekolah (BAS). Sedangkan sanggah masalah kuota siswa harus menghubungi dapodik.

3. Registrasi/Pembuatan Akun SNMPB oleh Sekolah dan Siswa

Jadwal yang selanjutnya adalah pembuatan/registrasi akun SNPMB oleh pihak sekolah dan juga siswa yang berlangsung selama 1 bulan. Pembuatan akun ini secara online mulai tanggal 8 Januari 2024 hingga 8 Februari 2024 di website SNPMB.

4. Pengisian PDSS oleh Sekolah

Sekolah akan melakukan pengisian PDSS (pangkalan data sekolah dan siswa) pada tanggal 8 Januari 2024 hingga 15 Februari 2024 kemarin. Pengisian ini bertujuan sebagai pemantauan rekam jejak sekolah serta detail nilai raport siswa yang bisa mendaftar SNBP 2024.

5. Jadwal SNBP 2024: Pendaftaran Seleksi

Setelah semua proses registrasi awal dan pengisian data sekolah selesai, maka para siswa bisa langsung melakukan pendaftaran seleksi SNBP 2024. Pendaftaran ini berlangsung secara online pada tanggal 14 Februari 2024 hingga 28 Februari 2024 pukul 15.00 WIB.

6. Jadwal SNBP 2024: Pengumuman Hasil

Tahap ini merupakan tahap puncak yang sangat berharga dan para siswa nantikan. Pasalnya, pada tahap ini seluruh nama siswa yang lolos seleksi SNBP 2024 akan diketahui. Pengumuman hasil akan terjadi pada tanggal 26 Maret 2024 pada pukul 15.00 WIB di website SNPMB.

Demikian informasi mengenai jadwal SNBP 2024 dari fobis untuk Kalian para calon mahasiswa baru 2024 ini. Catat dan pastikan lakukan semua tahap pendaftaran sesuai tanggalnya ya guys. Selamat berjuang ! (*)

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar