Fobis.ID > Artikel > Link Daftar Mudik Gratis 2023 Secara Online

Link Daftar Mudik Gratis 2023 Secara Online

FOBIS.ID – Pemerintah menyediakan fasilitas mudik gratis dengan proses daftar singkat melalui link menjelang Lebaran tahun 2023.

Lebaran menjadi ajang silaturahmi antara keluarga atau sesama. Setiap orang dari berbagai lapisan masyarakat berbondong-bondong untuk pulang kampung pada musim Lebaran.

Sayangnya, tidak semua orang bisa ke kampung halaman saat Lebaran karena kendala biaya atau kehabisan tiket. Selain itu, lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi cenderung meningkatkan resiko.

Untuk mengatasi masalah kepadatan, kemacetan, dan resiko kecelakaan saat arus mudik maupun arus balik, maka pemerintah memfasilitasi mudik gratis dengan angkutan umum.

BACA JUGA: Syarat Mudik Gratis dengan Kereta Api 2023, Wajib Booster

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merupakan pihak yang menggalakkan program mudik gratis dengan moda transportasi yang berbeda-beda.

Lembaga yang menangani dan mengawasi transportasi darat maupun laut turut andil dalam menyukseskan mudik gratis untuk Lebaran tahun 2023.

Tahun ini, masyarakat memiliki kesempatan untuk pulang ke kampung halaman dengan memanfaatkan moda transportasi bus, kereta api, dan kapal laut.

Pendaftaran untuk menikmati mudik bebas biaya ini juga cukup mudah, kamu hanya perlu mengunjungi link daftar mudik gratis secara online lalu melakukan konfirmasi secara offline.

Berikut ini adalah informasi seputar link daftar mudik gratis beserta tata cara untuk melakukan pendaftarannya. Simak! Siapa tahu kamu berminat untuk ikut program ini guna menghemat budget.

Daftar Mudik dengan Bus dari Mitra Darat

Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Hubungan Darat (Ditjen Hubdat) menyediakan fasilitas agar masyarakat bisa mudik menggunakan bus.

Rute arus mudik dan arus baliknya juga mencakup wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, bahkan Sumatera.

BACA JUGA: Ini Link Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2023, Pakai Bus dan Kereta Api

Mudik gratis ini juga berlaku untuk pengangkutan motor bagi pemudik yang ingin membawa motor. Cukup dengan membawa kelengkapan surat kendaraan dan menyerahkan motor di H-1 keberangkatan.

Pendaftaran mudik gratis menggunakan bus berlangsung mulai tanggal 13 Maret hingga 14 April 2023. Namun, penutupan bisa saja lebih cepat karena kuota sudah terisi.

Bagi kamu yang hendak mudik dalam rentang 17 hingga 19 April 2023 atau ikut arus balik pada tanggal 27 hingga 28 April 2023, maka daftarkan diri sekarang sebelum kehabisan kuota.

Cara mendaftarnya adalah dengan cara berikut ini:

  • Download aplikasi Mitra Darat melalui perangkat berbasis iOS maupun Android (App Store maupun Google Play Store)
  • Daftar dengan menggunakan akun email aktif lalu input nomor WhatsApp yang aktif untuk menerima kode OTP
  • Input kode OTP untuk akhirnya bisa masuk ke laman utama aplikasi Mitra Darat
  • Klik menu “Mudik Gratis” lalu tentukan titik keberangkatan serta tujuan mudik
  • Pilih armada yang sesuai lalu isi data penumpang yang akan berangkat mudik
  • Setelah selesai, klik “Selesaikan Pesanan”
  • Jangan lupa untuk menyimpan bukti pendaftaran dengan mengklik menu “Tiketku” di laman dashboard
  • Tampilkan tiket yang sebelumnya sudah terdaftar dan “Lihat Kode QR” lalu tunjukkan kode tersebut kepada petugas di Posko mudik gratis yang sesuai dengan titik keberangkatan.

Itulah cara mendaftar mudik gratis 2023 secara online untuk menikmati armada bus saat mudik.

Link Daftar Mudik Gratis dengan Kereta Api

Tidak hanya mudik gratis untuk penumpang bus, tetapi ada pula program Motis (Motor Gratis) untuk mendukung Lebaran yang lebih aman.

Dengan adanya program Motis, pihak Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) akan mengangkut hingga lebih dari 40 ribu penumpang dan 10 ribu unit sepeda motor.

BACA JUGA: Syarat Mudik Gratis dengan Kereta Api 2023, Wajib Booster

Pendaftaran untuk mudik gratis menggunakan Kereta Api terbagi menjadi dua sesi, yaitu sesi mudik dan sesi arus balik.

Sesi arus mudik berlangsung pada tanggal 11 hingga 20 April 2023 dengan pendaftaran mulai dari 1 Maret hingga 3 Mei 2023 atau hingga kuota terisi penuh.

Sementara sesi arus balik pada tanggal 25 April hingga 4 Mei 2023 akan memulai pendaftaran pada tanggal 1 April hingga 3 Mei 2023.

Link daftar mudik gratis dengan Kereta Api sangat mudah untuk diakses dengan cara berikut ini:

  • Pertama, kunjungi terlebih dahulu situs mudikgratis.dephub.go.id atau langsung mengunjungi situs motis.djka.dephub.go.id
  • Kemudian, pilih Menu dengan ikon tiga garis horizontal yang berjajar
  • Lalu, klik Daftar bagi yang baru pertama kali mengunjungi website atau klik “Login” bagi yang sudah mendaftarkan akun sebelumnya
  • Kembali klik ikon Menu, lalu pilih men “Pendaftaran” dan kamu akan melihat tahapan-tahapan serta kolom kosong yang harus kamu isi
  • Cek terlebih dahulu kuota perjalanan dengan mengisi kolom tahap “1. Kuota Perjalanan”
  • Pilih lintasan yang tersedia untuk keberangkatan dan tujuan yang sudah kamu input, lalu klik “Lanjut”
  • Kemudian, isi tahap selanjutnya mulai dari kolom Informasi Peserta, Informasi Kendaraan, Informasi Tiket, dan Review Data Peserta
  • Lakukan verifikasi ulang di Posko yang sudah ditentukan sesuai tanggal pada saat pendaftaran, guna mencegah penghapusan data secara otomatis oleh sistem
  • Setelah selesai, jangan lupa untuk menyerahkan motor sesuai jadwal dan jangan pula melupakan jadwal keberangkatan mudik gratis bersama Motis.

Link Mudik Gratis dengan Kapal Laut

Selain Ditjen Hubdat dan DJKA, ada pula layanan mudik gratis dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (DJPL) yang tentunya untuk perjalanan menggunakan kapal laut.

Kabarnya, kapasitas untuk penumpang kapal laut akan mencapai hingga 5.000 penumpang dan 2.500 sepeda motor.

BACA JUGA: Jalur Mudik Lebaran 2023: Ini Rute Mudik Terbaik Pilihan

Arus mudik dengan moda transportasi laut akan berlangsung pada 15 dan 17 April 2023 dengan titik awal di Tanjung Priok Jakarta dan berakhir di Tanjung Emas Semarang.

Kemudian, arus balik untuk layanan ini akan berlangsung pada tanggal 25 dan 28 April 2023 dari titik sebaliknya (Tanjung Emas ke Tanjung Priok).

Bagi yang memanfaatkan layanan pengangkutan sepeda motor menggunakan transportasi laut, maka berhak memiliki 2 tiket dewasa dan 1 tiket penumpang balita.

Hanya saja, pendaftaran untuk program ini masih belum dibuka dan akan dibuka pada tanggal 20 Maret hingga 5 April 2023 atau hingga kuota sudah terisi.

Pendaftaran untuk program mudik gratis dari DJPL nantinya bisa dilakukan melalui situs yang sama dengan pengangkutan sepeda motor menggunakan Kereta Api.

Cukup dengan kunjungi situs mudikgratis.dephub.go.id dan Daftar untuk Kapal Laut lalu ikuti tahap selanjutnya dan jangan lupa untuk lakukan verifikasi ulang di Kantor Kemenhub atau di Tanjung Priok.

Nah, itu dia link untuk daftar mudik gratis Lebaran 2023 yang mungkin belum kamu ketahui Jika kamu tertarik, maka jangan lupa untuk memperhatikan syarat dan ketentuan dari Kemenhub.

BACA JUGA: Cara Mudik Gratis 2023: Aplikasi, Daftar, Tujuan, dan Tips

  • Pastikan kamu memiliki dokumen berupa identitas pribadi, seperti KTP, SIM, atau KK
  • Pilih satu kota tujuan mudik saja dan bila PP, pastikan bahwa kota tujuan balik sama dengan kota keberangkatan saat mudik
  • Lakukan verifikasi ulang kurang dari H+7 setelah pendaftaran untuk menghindari penghapusan data secara otomatis serta mencegah sistem memblokir NIK kamu
  • Jangan lupa untuk memperhatikan kelengkapan surat-surat kendaraan sebelum menyerahkannya kepada petugas.

Bagaimana? Sangat bermanfaat, bukan? Buruan daftar mudik gratis sebelum kehabisan!

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar