Fobis.ID > News > Syarat Mudik Gratis dengan Kereta Api 2023, Wajib Booster

Syarat Mudik Gratis dengan Kereta Api 2023, Wajib Booster

FOBIS.ID – Pemerintah kembali menyediakan mudik gratis untuk lebaran tahun 2023 dengan moda transportasi Kereta Api dengan syarat sudah melakukan vaksin booster.

Mudik atau biasa disebut sebagai mulih dilik merupakan sebuah budaya yang ada di Indonesia menjelang lebaran.

Pasalnya, dengan mudik, maka kita dapat berkumpul dengan keluarga serta bersilaturahmi dengan sesama.

Masyarakat berbondong-bondong mencari tiket mudik dari jauh-jauh hari agar tidak kehabisan. Akan tetapi, masyarakat yang tidak sempat memesan tiket juga tidak perlu khawatir.

BACA JUGA: Ini Link Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2023, Pakai Bus dan Kereta Api

Pemerintah telah menyiapkan program mudik gratis untuk lebaran 2023 dengan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

Tidak hanya menyediakan satu pilihan moda transportasi saja, melainkan ada beberapa pilihan atau cara untuk bisa pulang ke kampung halaman.

Mudik Gratis dengan Kereta Api

Salah satu moda transportasi yang tergolong efisien dan memiliki banyak peminat ialah Kereta Api. Kita bahkan mengetahui bahwa menjadi penumpang kereta tidak akan merasakan macet dan panas seperti di jalan raya

Pemerintah tepatnya Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian menyediakan kereta api sebagai transportasi gratis untuk mudik maupun untuk angkutan motor.

Program ini juga bertujuan untuk menekan kepadatan pengguna motor serta angka kecelakaan selama musim mudik 2023.

Alur pendaftarannya sangat mudah dan kamu hanya perlu mengikuti beberapa syarat dan ketentuan mudik gratis untuk tahun 2023.

Sebelum melaju ke pembahasan, perlu kamu ketahui bahwa program ini mengusung tajuk Motis 2023 dengan prosedur berikut ini.

BACA JUGA: TAK TERLUPAKAN: Ini Jalur Mudik Kereta Api Lintas Utara 2023

Untuk menikmati program mudik gratis, maka kamu perlu mematuhi beberapa syarat dan ketentuan guna menjaga ketentraman antar penumpang.

Apalagi, program mudik gratis dengan menggunakan KA ini tidak hanya melibatkan penumpang saja, melainkan juga kendaraan.

Oleh karenanya, perlu ada tahapan yang terstruktur sehingga penumpang bisa lebih nyaman menggunakan transportasi umum.

Syarat dan Ketentuan Mudik Gratis 2023 dengan KA

Syarat serta ketentuan dari pihak Ditjen KA berikut ini bisa menjadi acuan sebelum kamu mendaftar mudik gratis dari pemerintah.

Program mudik gratis Motis 2023, Ini syarat dan ketentuannya
  1. Pertama, daftarkan diri secara Online melalui web resmi mudikgratis.dephub.go.id atau langsung mengunjungi web motis.djka.dephub.go.id. Jika tidak cakap dalam pendaftaran online,maka kamu bisa langsung datang ke posko pendaftaran.
  2. Kedua, jika kamu ingin menitipkan motor untuk diangkut menggunakan KA, maka berikut adalah hal yang perlu kamu perhatikan:
    • Satu peserta yang ingin menyerahkan motor harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    • Kapasitas mesin motor hanya sampai maksimum 200c
    • Peserta perlu ingat bahwa satu motor yang ikut serta dalam program Motis 2023 dapat menikmati fasilitas pembelian 2 (dua) buah tiket penumpang, dengan syarat berikut ini:
      • Pembelian tiket KA untuk peserta Motis sesuai dengan nama yang tercantum dalam pendaftaran secara online sebelumnya
      • Penumpang kedua masih dalam satu KK dengan penumpang pertama
      • Pembelian tiket tidak mencakup layanan pembatalan, reschedule, atau ubah nama penumpang
      • Satu penumpang dewasa bisa membeli satu tiket untuk anak di bawah 3 tahun
  3. Setelah mendaftar secara online, pastikan untuk melakukan daftar ulang di Posko sesuai jadwal, sehingga sistem tidak menghapus nama yang sudah terdaftar
  4. Peserta yang hanya menggunakan fasilitas Sepeda Motor, wajib menunjukkan bukti mudik transportasi lainnya
  5. Penyerahan sepeda motor berlangsung H-1 dengan memperlihatkan KTP pendaftar dan bukti pendaftaran untuk nantinya mendapatkan kode booking tiket KA
  6. Sepeda motor akan terkena tarif parkir pada saat penyerahan maupun keluar dari stasiun tujuan
  7. DILARANG menitipkan helm, kaca spion, dan memberi tip untuk petugas di Posko Motis 2023
  8. BBM wajib kosong
  9. Peserta WAJIB berstatus sudah melakukan vaksin ketiga atau vaksin booster

Daftar Mudik Gratis Sesuai Syarat dan Ketentuan

Nah, terus gimana sih cara daftar mudik gratis dalam Motis 2023 setelah mengetahui syarat di atas? Berikut ini adalah tahapan untuk mendaftar program Motis 2023 dari Ditjen KA.

  1. Kunjungi situs resmi pendaftaran mudik gratis Ditjen KA di motis.djka.dephub.go.id
  2. Baca syarat dan ketentuan yang tertera, lalu klik “Daftar”
  3. Input nama lengkap sesuai KTP, e-mail aktif, nomor HP, kata sandi dan konfirmasi ulang kata sandi lalu centang setuju dengan S&K Motis. Klik “Submit”
  4. Setelah itu, website akan mengarahkan kamu untuk mengisi formulir pendaftaran sesuai dengan tahapan
  5. Lakukan verifikasi ulang dengan mengunjungi Posko di tanggal dan tempat tertentu sesuai dengan pendaftaran
  6. Setelah mendapatkan kode booking dan pendaftaran telah terkonfirmasi oleh petugas Motis, maka pendaftaran selesai
  7. Kamu hanya tinggal menunggu H-1 keberangkatan untuk menyerahkan motor serta keberangkatan penumpang di hari setelahnya (Hari-H).

BACA JUGA: Jalur Mudik Lebaran 2023: Ini Rute Mudik Terbaik Pilihan

Lalu, kapan pendaftaran bisa kamu lakukan, baik secara online maupun di Posko Motis yang tersedia? Ini dia jadwal dan lokasi lengkap mengenai Motis 2023!

Jadwal dan Lokasi Penting

Pendaftaran akan berlangsung mulai tanggal 1 Maret – 3 Mei 2023 atau bisa berakhir lebih cepat jika kuota sudah terisi penuh.

  1. Bagi yang akan mudik di tanggal 11 – 15 April 2023 serta kembali (arus balik) pada 29 April – 4 Mei 2023, maka bisa mendaftar mulai tanggal 1 Maret 2023.
  2. Sementara untuk keberangkatan mudik tanggal 16 – 20 April 2023 dengan arus balik 25 – 28 April 2023 baru bisa melakukan pendaftaran pada tanggal 1 April 2023.
  3. Keberangkatan pengangkutan motor arus mudik akan berlangsung pada 11 – 20 April 2023 lalu akan kembali dalam rentang 25 April – 4 Mei 2023.

Motis 2023 sendiri membatasi kuota pengangkutan motor bagi para pemudik hingga mencapai 10.000 slot motor gratis bagi peserta Motis 2023.

Jangan lupa untuk mencopot kaca spion, mengosongkan bensin, memastikan pajak berlaku, memverifikasi kendaraan, serta berkapasitas maksimum 200 cc.

  1. Perjalanan mudik bersama Motis 2023 akan melewati rute lintasan Selatan: Purwosari > Lempuyangan > Kutoarjo > Gombong > Kroya > Sidareja > Tasikmalaya > Kiaracondong dan sebaliknya.
  2. Selanjutnya, rute lintasan tengah mulai dari Purwosari > Lempuyangan > Kutoarjo > Kroya > Purwokerto > Cirebon Prujakan > Pasarsenen > Kampungbandan dan sebaliknya.
  3. Jangan lupa rute lintasan utara dari Semarang Tawang > Pekalongan > Tegal > Cirebon Prujakan > Pasarsenen > Kampungbandan > Cilegon dan sebaliknya.

Dengan syarat dan cara daftar mudik gratis yang mudah untuk lebaran 2023, maka menarik bagi kita untuk mengikuti program ini.

BACA JUGA: Cara Download Aplikasi Mudik Gratis Kemenhub 2023, Mitra Darat

Tujuan Adanya Motis 2023

Berkat mudik gratis, maka akan mengurangi kemacetan serta padatnya kendaraan bermotor sekaligus mengurangi resiko terjadinya kecelakaan pada saat arus mudik maupun arus balik.

Nah, jika kemarin kamu tidak sempat untuk membeli tiket KA berbayar dengan harga standar, maka program mudik gratis bersama Motis 2023 bisa jadi pilihan tepat dengan syarat yang mudah.

Namun, jika kesempatan untuk mudik dengan KA habis atau kuota penuh, kamu tidak perlu khawatir karena Kemenhub masih menyediakan moda transportasi lain untuk mudik.

Tidak lupa dengan fasilitas atau layanan pengangkutan motor, sehingga peserta mudik gratis 2023 tidak perlu worry saat mudik Lebaran di masa mendatang.

Demikian informasi lengkap mengenai syarat mudik gratis dengan menggunakan Kereta Api untuk Lebaran 2023, semoga membantu.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar