Fobis.ID > Artikel > Pinjaman KUPEDES BRI 2023, Bunga, Syarat, Jumlah dan Proses Pencairan

Pinjaman KUPEDES BRI 2023, Bunga, Syarat, Jumlah dan Proses Pencairan

FOBIS.ID – Kredit Usaha Pedesaan (Kupedes), Kupedes BRI adalah produk pinjaman dari Bank Rakyat Indonesia (BRI), dirancang untuk mendukung kebutuhan modal kerja dan investasi usaha kecil dan menengah (UKM) di pedesaan.

Dengan bunga yang kompetitif, tenor fleksibel, dan pencairan efisien, Kupedes BRI pinjaman menawarkan solusi keuangan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat pedesaan, menjadikannya pilihan pinjaman yang sangat dihargai.

Berapa Jumlah Pinjaman Kupedes BRI 2023

Pinjaman Kupedes BRI 2023 menawarkan jumlah pinjaman maksimal hingga Rp250 juta, memberikan kemudahan bagi kamu yang membutuhkan dana dalam jumlah besar.

Terdapat berbagai pilihan tenor atau jangka waktu pengembalian pinjaman pada Kupedes, mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan.

Dengan rentang waktu yang fleksibel ini, kamu bisa menyesuaikan jadwal pengembalian pinjaman sesuai dengan kondisi finansial kamu.

Baca juga: Cara Bayar Angsuran BRI KUR, KUPEDES, Briguna, Online Maupun Offline

Berapa persen bunga pinjaman Kupedes Bank BRI tahun 2023

Bunga yang dibebankan pada Kupedes BRI 2023 berkisar antara 0,9 persen hingga 1,2 persen per bulan. Menariknya, besarnya bunga yang dibebankan tergantung pada nominal plafon pinjaman yang diajukan.

Dengan kata lain, semakin besar jumlah pinjaman yang kamu ajukan, maka bunga yang dikenakan akan semakin rendah.

Sebagai referensi, bunga untuk pinjaman Kupedes BRI sebesar 4,61 hingga 6,65 persen per tahun, dengan plafon hingga 80 persen dari nilai agunan. Selain itu, durasi cicilan untuk Kredit Modal Kerja (KMK) bisa mencapai hingga 60 bulan, sementara untuk Kredit Investasi (KI), durasi pembayarannya bisa mencapai hingga 120 bulan.

Baca juga: KUPEDES BRI 2023 Terbaru: Tabel Angsuran dan Syaratnya

Apakah Kupedes BRI 2023 ada biaya Provisi?

Selain itu, Bank BRI tidak membebankan biaya provisi untuk pinjaman Kupedes. Sebagai calon peminjam, kamu hanya perlu menyiapkan biaya administrasi sebesar Rp 10.000.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, Kupedes 2023 bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang membutuhkan pinjaman dengan proses yang mudah dan kondisi yang menguntungkan.

Apa Syarat Pinjaman Kupedes BRI?

Untuk kamu yang berencana mengajukan pinjaman melalui BRI, ada beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan.

Jika pinjaman yang diajukan berkisar hingga Rp 25 juta, kamu perlu melampirkan Surat Keterangan Usaha dari RT/RW. Hal ini untuk memastikan bahwa usaha yang kamu miliki memang benar-benar ada dan berjalan.

Adapun mengenai lama berjalannya usaha, ada dua kriteria yang berbeda tergantung pada besarnya pinjaman yang diajukan. Jika pinjaman berkisar hingga Rp 50 juta, usaha kamu harus sudah berjalan minimal 1 tahun.

Sementara itu, untuk pinjaman dengan nominal Rp 50-250 juta, usaha kamu harus telah beroperasi minimal selama 2 tahun.

Ini adalah persyaratan penting yang harus kamu penuhi sebelum mengajukan pinjaman Kupedes.

Baca juga: Perbedaan Pinjaman KUR dan KUPEDES BRI 2023, Kita Mesti Pilih Mana?

Berapa lama pencairan Kupedes BrI 2023?

Proses pencairan Kupedes 2023 biasanya memakan waktu sekitar 3 hari kerja setelah pengajuan. Namun, waktu ini juga dipengaruhi oleh jumlah pinjaman yang diajukan.

Jika jumlah pinjaman yang diajukan lebih besar, proses pencairan bisa membutuhkan waktu lebih lama, dengan durasi maksimum mencapai 14 hari kerja. Untuk informasi lainnya, kamu bisa membaca artikel berikut: Penasaran dengan Suku Bunga KUR BRI 2023?

Apakah Kupedes brI 2023 pakai Jaminan

Kupedes adalah pinjaman dari Bank BRI yang ditujukan untuk memperluas modal kerja atau investasi.

Uniknya, berbeda dari KUR, calon peminjam Kupedes diperbolehkan mengajukan pinjaman tanpa perlu memberikan jaminan. Jenis pinjaman ini ideal bagi kamu yang memerlukan dana untuk usaha namun tidak memiliki aset yang bisa dijadikan jaminan.

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Usaha Untuk Pengajuan KUR BRI 2023

Apakah Pinjaman Kupedes 2023 ada Asuransi?

Salah satu kelebihan produk Kupedes BRI ini adalah adanya perlindungan asuransi, meliputi asuransi kesehatan, kecelakaan, jiwa, hingga meninggal dunia.

Biaya asuransi biasanya dibayarkan nasabah di muka. Meski demikian, ada juga situasi di mana biaya asuransi tersebut diincorporasi ke dalam pembayaran cicilan kredit bulanan.

Artikel Terkait Pinjaman Kupedes BRI

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar