Fobis.ID > Artikel > Syarat Pinjam KUR di Pegadaian 2024, Simak Cara dan Tips Ini Juga Agar Pinjaman Cepat Disetujui

Syarat Pinjam KUR di Pegadaian 2024, Simak Cara dan Tips Ini Juga Agar Pinjaman Cepat Disetujui

FOBIS.ID – Berikut ini informasi mengenai syarat, cara, dan tips pinjam atau mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Pegadaian terbaru tahun 2024.

Kredit Usaha Rakyat atau yang biasa kita kenal sebagai KUR merupakan program pemerintah yang bertujuan memberikan akses pembiayaan kepada pelaku UMKM dengan suku bunga yang relatif rendah. Dengan begitu, program Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha untuk dapat mengembangkan usahanya tanpa harus terbebani dengan suku bunga yang tinggi.

Peminjaman KUR ini biasanya dapat masyarakat lakukan di berbagai bank. Selain itu, pengajuan KUR juga dapat dilakukan di lembaga keuangan lainnya contohnya PT Pegadaian.

BACA JUGA: Begini Cara Menambah Rekening Lain di BRImo, Mudah dan Tanpa Harus ke Bank

Perlu kamu ketahui bahwa Kredit Usaha Rakyat (KUR) di PT Pegadaian ini merupakan KUR Syariah. Maka akan berlaku periode tertentu berdasarkan akad gadai syariah. Pada dasarnya tujuannya pun sama yaitu untuk membantu para pelaku UMKM yang masih terkendala modal usaha untuk mengembangkan usahanya.

Terdapat beberapa syarat serta cara atau langkah-langkah untuk pinjam atau mengajukan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini. Ada pula beberapa tips yang perlu kamu ketahui agar pengajuan pinjaman KUR kamu ini segera mendapatkan persetujuan dari pihak PT Pegadaian.

BACA JUGA: Cara Login BRISmart dengan Mudah Jika Lupa Password

KUR PT Pegadaian

Secara umum, plafon pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) di PT Pegadaian ini mulai dari Rp1 juta hingga Rp10 juta. Adapun jangka waktu pinjamannya yaitu mulai dari 12 hingga 36 bulan dengan jasa yang berlakau sebesar 6 persen per tahun. Sebagai informasi, di pinjaman KUR ini kamu bebas dari biaya admin, biaya denda, dan juga biaya provisi.

BACA JUGA: Tabel KUR BRI 2024 Pinjaman 200 Juta, Perbulan Berapa Angsurannya

Syarat Pinjam KUR di PT Pegadaian

Terdapat sejumlah dokumen syarat yang perlu kamu siapkan untuk mengajukan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) di PT Pegadaian 2024 ini.

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi buku nikah jika sudah berkeluarga
  • Surat keterangan domisili apabila alamat tempat tinggah berbeda dengan yang ada di KTP
  • Fotokopi rekening listrik
  • Calon peminjam memiliki rumah tinggal tetap dan dapat membuktikannya melalui PBB
  • Wajib memiliki surat keterangan usaha (SKU)

Cara Pinjam atau Mengajukan KUR Pegadaian

Apabila kamu telah memenuhi seluruh dokumen persyarat tersebut, maka kamu dapat mendatangi kantor Pegadaian terdekat. Di kantor Pegadaian nantinya kamu akan diarahkan untuk mengisi formulir pengajuan pinjaman dan menyerahkan dokumen persyaratan.

Proses verifikasi dokumen oleh pihak Pegadaian ini biasanya berlangsung selama 2 hingga 3 hari kerja. Tunggu hingga ada petugas yang mendatangi rumah atau tempat usaha untuk melakukan survey kelayakan mendapatkan pinjaman KUR. Nantinya, jika pengajuan pinjaman tersebut mendapatkan persetujuan, kamu akan mendapatkan penggilan ke kantor Pegadaian untuk menandatangani akad gadai syariah.

Tips Agar Pengajuan KUR Pegadaian Cepat Disetujui

  • Pastikan bahwa kamu memiliki usaha yang layak dan dapat mempertanggungjawabkannya
  • Tidak sedang menerima program pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau pinjaman lain sejenis usaha dari pemerintah. Namun, jika kamu memiliki pinjaman seperti KPR, KSM, atau KKB masih diperbolehkan asalkan cicilan tersebut berjalan lancar.
  • Memiliki pendapatan yang sesuai dengan nominal pengajuan pinjaman
  • Berusia minimal 17 tahun dan maksimal berusia 65 tahun saat jatuh tempo

Jadi, itulah informasi mengenai syarat, cara, dan tips pinjam atau mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Pegadaian terbaru tahun 2024. (*)

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar