Fobis.ID > News > 6 Perubahan Tampilan Spotify 2023, Nomor 6 Jiplak TikTok

6 Perubahan Tampilan Spotify 2023, Nomor 6 Jiplak TikTok

Spotify telah merombak aplikasi selulernya dengan 6 perubahan tampilan Spotify.

Perubahan ini akan melebihi dari fitur yang biasa Anda gunakan seperti spotify wrapped, zodiac affinity spotify, atau spotify charts.

Konon perubahan ini mereka lakukan demi pengalaman yang lebih bergaya TikTok, memperkenalkan banyak fitur baru untuk penggemar dan pembuat konten.

Raksasa streaming itu meluncurkan perubahan tersebut selama acara Stream On Maret 2023.

Saat ini tekanan persaingan semakin meningkat, oleh karena itu Spotify terus menambahkan fitur baru.

Agar para pengguna tak berpaling dari Spotify dan mempertahankan posisinya sebagai salah satu platform streaming top dunia.

Beberapa minggu yang lalu, Spotify ikut-ikutan tren AI dan memperkenalkan alat DJ AI barunya untuk membuat daftar putar yang dipersonalisasi dan dikurasi.

6 Perubahan Tampilan Spotify

Menurut CEO Spotify Daniel Ek, desain ulang terbaru menandai perubahan paling besar yang pernah dialami Spotify sejak merambah aplikasi ponsel 10 tahun lalu.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pengalaman baru yang dinamis ini bertujuan untuk menciptakan hubungan yang lebih dalam antara seniman dan penggemarnya.

Serta memberi seniman lebih banyak ruang untuk mengekspresikan karya mereka.

Perubahan akan mulai diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang ke aplikasi Spotify untuk iOS dan Android.

1. Countdown Pages

Spotify memberi artis cara baru untuk membangun antisipasi untuk perilisan album mereka dengan Countdown Pages yang baru.

Fitur ini memungkinkan penggemar menonton klip video eksklusif, pra-penyimpanan rilis yang akan datang, pratinjau daftar lagu, dan menonton penghitung waktu hingga momen rilis.

Penggemar yang telah menyimpan rilisan album juga akan menerima notifikasi saat album baru sudah rilis.

2. Fan First Emails

Dengan ‘Fans First Emails’ baru, pengguna yang dianggap sebagai pendengar “garis keras” untuk artis favorit mereka.

Akan mendapatkan pesan dan email untuk pra-penjualan dan merchandise eksklusif sebelum orang lain.

Spotify juga akan mulai menambahkan merchandise artis ke tampilan ‘Now Playing’ sehingga pengguna dapat membeli merchandise setelah menikmati lagu baru.

Baca juga: Kreator Harus Manfaatkan Fitur Series, Dapat Uang Dari TikTok

Platform ini juga memperluas fitur umpan balik pada acara ‘Live Events’, yang memungkinkan pengguna menemukan daftar konser yang disesuaikan dengan lokasi dan artis favorit mereka.

Lebih baik lagi, sekarang ada tombol ‘Interested’ yang memungkinkan pengguna menandai daftar konser yang ingin mereka hadiri di masa mendatang.

3. Smart Shuffle

‘Smart Shuffle’ adalah rebranding dari ‘Enhanced, ini adalah fitur Premium yang diluncurkan Spotify pada tahun 2021.

Fitur ini menawarkan saran untuk lagu yang mungkin ingin dimasukkan pengguna ke dalam daftar putar.

‘Smart Shuffle’ telah meningkatkan fitur ‘Enhanced’ untuk menjaga sesi mendengarkan musik tetap segar.

6 Perubahan Tampilan Spotify, Nomor 6 Jiplak TikTok

Yaitu dengan rekomendasi yang dipersonalisasi sesuai dengan playlist asli buatan pengguna.

Menurut Spotify, fitur ini menghembuskan “kehidupan” baru ke dalam daftar putar buatan pengguna yang dibuat dengan hati-hati.

‘Smart Shuffle’ akan mengacak trek, dan menambahkan saran baru yang disesuaikan dengan sempurna. Bahkan ‘smart Shuffle juga dapat diotomatisasi.

Dengan mengaktifkan ‘Smart Shuffle’, saran ini dapat ditambahkan secara otomatis ke antrean saat playlist diputar.

Trek yang disarankan akan memiliki ikon berkilau untuk menunjukkan bahwa trek tersebut tidak dipilih secara manual oleh pengguna.

Pengguna kemudian dapat melanjutkan untuk memasukkan trek jika mereka suka dengan mengetuk tanda ‘ + ‘, atau menekan tombol ‘–’ jika tidak ingin menambahkannya.

4. Feed Discovery

Feed ‘ Discovery ‘ yang baru diintegrasikan akan hadir pada tab pencarian Spotify.

Pengguna sekarang dapat menggulir ke atas atau ke bawah di bagian ‘Pencarian’ pada aplikasi Spotify baru.

Untuk melihat sampel kanvas visual kecil dari musik dalam genre favorit mereka.

Pengguna kemudian dapat memutuskan untuk mengikuti artis, menambahkan musik ke daftar putar, atau membagikannya dengan teman.

Ketiga hal itu bisa Anda lakukan dari halaman fitur sama.

Spotify juga memperkenalkan fitur ini ke daftar putar besar termasuk RapCaviar, Discover Weekly, Release Radar , dan New Music Friday.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mempratinjau lagu dengan cepat di daftar putar sebelum memilih untuk mendengarkannya secara penuh.

Baca juga: Cara Download Lagu di TikTok, GAMPANG Cukup Pakai Browser

Klip visual akan membantu pengguna menyaring pratinjau musik, podcast, dan buku audio hingga mereka menemukan sesuatu yang mereka sukai.

5. Autoplay Untuk Podcast

Hingga saat ini, podcast di Spotify tidak memiliki fitur ‘Autoplay’.

Tetapi dengan pembaruan baru, Spotify kini menyediakan ‘Autoplay’ untuk Podcast.

Sama seperti musik, episode yang disarankan akan mulai diputar setelah episode saat ini selesai.

Menurut Spotify, konsumen telah menyatakan keinginan yang kuat untuk fitur tersebut sehingga mendorong perusahaan untuk mewujudkannya.

Fitur ini juga akan memudahkan pembuat konten untuk ditemukan.

Namun, Autoplay juga dapat dimatikan bagi mereka yang tidak menyukainya.

Toggle untuk menonaktifkannya dapat ditemukan di bawah ‘Playback’ pada fitur ‘Settings.’

6. Home Mirip TikTok

Antarmuka Spotify ‘Home’ yang baru memungkinkan pengguna menjelajahi pratinjau visual dan audio dari daftar putar, album, episode podcast, dan buku audio.

Tidak seperti beranda sebelumnya, antarmuka baru ini merupakan aliran konten media yang tak ada habisnya, semuanya disesuaikan dengan pengguna.

Baca juga: Mendengarkan Musik Bisa Mendapatkan Saldo DANA Secara Gratis di 2023

Pengguna sekarang dapat dengan mudah mengetuk aliran ‘Musik’, ‘Podcast & Acara’, atau ‘Audio Book’ tepat di layar beranda.

Kemudian memilih untuk memutar dari awal atau melanjutkan pratinjau.

Pengguna juga dapat memilih untuk menyimpan , membagikan, atau menjelajahi halaman artis atau podcast lebih lanjut.

Dengan pembaruan terkini ini, pengguna sekarang lebih cenderung menemukan jenis konten favorit mereka.

Pembuat konten juga berada pada posisi yang lebih baik untuk terhubung dengan audiens target mereka.

Perlu dicatat bahwa beberapa fitur tidak akan tersedia untuk semua orang, seperti Smart Shuffle’, yang hanya dapat diakses oleh pelanggan.

Sementara fitur lain seperti antarmuka baru akan hadir untuk semua pengguna.

Untuk saat ini, pembaharuan tampilan Spotify hanya akan tersedia pada perangkat seluler, tetapi pada akhirnya akan tersedia di perangkat lain.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar