Fobis.ID > News > Efisien, Ini Perangkat Lunak Manajemen Proyek Terbaik 2023

Efisien, Ini Perangkat Lunak Manajemen Proyek Terbaik 2023

FOBIS.ID – Berikut ini artikel mengenai perangkat lunak manajemen proyek terbaik tahun 2023 yang layak kamu coba guna efisiensi kerja.

Perangkat lunak manajemen proyek terbaik membuatnya sederhana dan mudah untuk memungkinkan tim mengatur proyek dan tugas.

Termasuk pada kerjasama dan komunikasi antar anggota tim untuk mengurusi sebuah proyek.

Adanya pandemi, semakin membuat keberadaan perangkat lunak manajemen proyek ini terasa lebih penting dan bermanfaat.

Baca Juga : Tanpa Buka Aplikasi, Ini Fitur Update WhatsApp

Hal ini disebabkan oleh kemudahan yang ditawarkan untuk mengelola sebuah proyek dengan tim yang jaraknya jauh.

Perangkat lunak ini dapat membantu memantau kemajuan proyek, mengelola sumber daya, membuat jadwal, dan berkolaborasi dengan tim.

Perangkat lunak manajemen proyek memungkinkan pengguna untuk mengatur tugas, menetapkan tenggat waktu, mengelola anggaran, dan memantau kemajuan proyek secara real-time.

Selain itu, perangkat lunak ini dapat membantu meningkatkan transparansi dan koordinasi antara anggota tim, sehingga memungkinkan proyek berjalan lebih efisien dan efektif.

Dengan menggunakan perangkat lunak manajemen proyek, pengguna dapat meminimalkan risiko dan meningkatkan peluang sukses dalam menyelesaikan proyek.

Dengan pandemi yang masih mengirimkan sebagian besar karyawan ke kantor pusat, perangkat lunak manajemen proyek menjadi lebih penting dari sebelumnya, memberi tim jarak jauh cara mudah untuk mengelola proyek dan tugas.

Adapun beberapa perangkat lunak manajemen proyek 2023 yang populer antara lain:

Miro, perangkat lunak manajemen proyek terbaik tahun 2023

Miro adalah sebuah platform kolaborasi online yang digunakan untuk memfasilitasi kolaborasi dan komunikasi antara anggota tim dalam sebuah proyek atau organisasi.

Miro memungkinkan pengguna untuk membuat, berbagi, dan bekerja pada berbagai jenis konten seperti diagram, peta mental, tabel, dan bagan.

Platform ini juga memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi secara real-time dan memberikan fitur seperti video conference, chatting, dan polling.

Baca Juga : Play Play: Ini Aplikasi Game Penghasil Uang

Miro sering digunakan oleh tim dalam industri seperti desain, teknologi, dan pendidikan untuk memudahkan kerja sama dan inovasi.

Sebagian besar pekerjaan yang akan Anda lakukan di Miro akan berputar di sekitar apa yang disebutnya papan, yang dimulai sebagai ruang kosong sepenuhnya.

Menyiapkan satu dari awal bisa jadi menakutkan dan menghabiskan waktu, itulah sebabnya perusahaan telah merancang template yang dapat Anda pilih sejak awal.

Beberapa template yang paling sering diakses termasuk peta pikiran, papan Kanban, bagan alur, peta jalan produk, dan garis waktu.

Banyak dari ini akan berfungsi dengan baik sebagai alat manajemen proyek, dan siapa pun yang akrab dengan perangkat lunak manajemen proyek lain seperti Airtable atau Trello sudah terbiasa dengan cara kerjanya.

Daftar fiturnya yang panjang harus mencakup semua bagian dari proses bisnis yang khas mulai dari penelitian dan desain hingga presentasi, dan kemampuan kolaborasinya tidak ada duanya.

Selain itu, transparansi seputar keamanan dan harga yang wajar membuat kami sulit untuk tidak merekomendasikannya.

Satu-satunya hal yang kami harapkan adalah saluran dukungan yang lebih baik.

Asana

Asana adalah sebuah platform manajemen proyek dan kolaborasi yang membantu tim untuk mengelola tugas, proyek, dan alur kerja mereka dalam satu tempat.

Platform ini menyediakan berbagai fitur untuk memantau kemajuan proyek, mengatur tugas, mengelola jadwal, dan berkolaborasi dengan anggota tim.

Baca Juga : Mau Uang? Download Aplikasi Penghasil Uang Berikut

Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat daftar tugas dan pengingat sehingga Anda selalu memenuhi tenggat waktu, plus Anda dapat menambahkan tenggat waktu, kolega, petunjuk tugas, dan mengomentari item.

Anda bahkan dapat membagikan gambar dari aplikasi lain (seperti Google Drive) langsung ke Asana.

Dan yang lebih penting, Anda benar-benar dapat melacak semua yang Anda dan kolega Anda kerjakan untuk memastikan proyek berjalan lancar dan sesuai jadwal.

Jika Anda khawatir dengan siapa yang mengerjakan proyek tertentu, Anda dapat menampilkan daftar tim dan individu, dan ada juga fungsi pencarian sehingga Anda dapat menemukan tugas yang diselesaikan dengan mudah.

Asana memiliki antarmuka yang sederhana dan intuitif, sehingga mudah digunakan oleh anggota tim dengan berbagai tingkat pengalaman teknologi.

Cocok digunakan oleh tim dengan berbagai ukuran dan kompleksitas proyek, sehingga dapat digunakan untuk berbagai jenis bisnis dan organisasi.

Asana menjamin keamanan data dan privasi pengguna dengan menyediakan fitur autentikasi dan otorisasi yang ketat.

Trello

Trello adalah sebuah platform manajemen proyek dan kolaborasi berbasis papan kerja (board) yang dirancang untuk membantu tim mengatur tugas dan proyek secara visual dan fleksibel.

Ini memungkinkan Anda mengatur semua proyek berbasis pekerjaan dan pribadi Anda melalui komputer, tablet, atau smartphone.

Trello terutama digunakan oleh orang-orang seperti Fender, Google, dan Kickstarter.

Anda dapat menyiapkan papan untuk mengatur semua yang sedang Anda kerjakan, mendelegasikan tugas di antara rekan kerja, mendapatkan alur kerja yang disesuaikan, menambahkan daftar tugas dalam kartu tugas, melampirkan file, dan mengomentari item.

Baca Juga : Lewat Ponsel, Ini Aplikasi Belajar Online yang Wajib Dicoba

Trello sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan tim. Pengguna dapat membuat daftar, kartu, dan label sendiri untuk menyesuaikan dengan cara kerja tim.

Trello terintegrasi dengan banyak aplikasi dan alat lain, seperti Google Drive, Slack, dan Dropbox, sehingga memudahkan pengguna untuk terhubung dengan alat dan aplikasi yang mereka gunakan sehari-hari.

Trello dapat diakses dan digunakan dari perangkat mobile, sehingga memungkinkan anggota tim untuk mengakses dan mengupdate tugas dan proyek mereka dari mana saja dan kapan saja.

Proyek Zoho

Zoho Projects adalah alat manajemen proyek lain yang memungkinkan pengguna untuk merencanakan, mengatur, dan berkolaborasi dalam proyek, sambil menggunakan bagan Gantt untuk visualisasi mendetail tentang kemajuan dan jadwal.

Ada juga opsi untuk manajemen dokumen, pencatatan waktu, serta pelacakan dan perbaikan kesalahan.

Berbagai integrasi tersedia, seperti Slack, Google, Dropbox, serta banyak suite Zoho lainnya.

Harga bergantung pada jumlah pengguna, jumlah proyek, dan kedalaman fitur yang diperlukan, dengan paket tingkat yang lebih tinggi menawarkan proyek tanpa batas dan batas yang lebih tinggi sesuai dengan paket yang dilanggan.

Ada paket gratis yang tersedia untuk menjelajahi fitur perangkat lunak.

Zoho Projects dapat digunakan untuk tim dengan berbagai ukuran dan kompleksitas proyek, sehingga cocok untuk berbagai jenis bisnis dan organisasi.

Zoho Projects menjamin keamanan data dan privasi pengguna dengan menyediakan fitur autentikasi dan otorisasi yang ketat, serta menyimpan data pengguna di pusat data yang aman dan andal.

Baca Juga : Apa Aplikasi GoPay, Ini Manfaatnya Untuk Transaksi

Liquid Planner, perangkat lunak manajemen proyek terbaik tahun 2023

Liquid Planner memiliki rangkaian fitur yang kuat untuk manajemen proyek tingkat perusahaan, membanggakan pelanggan korporat yang memimpin perusahaan Fortune 500 termasuk Bayer, Cisco, dan Daimler.

Fitur termasuk Jadwal Cerdas yang dapat membantu dalam memprioritaskan pekerjaan, menugaskan sumber daya orang, dan kemudian memperkirakan jam yang dibutuhkan untuk penyelesaian.

LiquidPlanner menawarkan perencanaan proyek yang dinamis, yang memungkinkan anggota tim untuk memperbarui dan mengatur prioritas tugas dengan mudah.

Fitur ini memungkinkan tim untuk dengan cepat menyesuaikan rencana proyek dengan perubahan lingkungan yang terjadi, serta mengatur sumber daya yang efisien.

Fitur-fitur seperti penjadwalan sumber daya dan manajemen waktu membantu mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan meminimalkan risiko overbooking.

Demikian informasi mengenai perangkat lunak manajemen proyek terbaik tahun 2023 yang layak kamu coba guna efisiensi kerja.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar