Fobis.ID > News > BBM Baru Diluncurkan, Apa Itu Pertamax Green Pertamina dan Berapa Harga di Pasaran

BBM Baru Diluncurkan, Apa Itu Pertamax Green Pertamina dan Berapa Harga di Pasaran

FOBIS.ID – Sejak Senin 24 Juli 2023 Pertamina melalui PT Pertamina Patra Niaga meluncurkan Pertamax Green 95 di Jakarta.

Melansir dari website pertamina dalam siaran persnya, Pertamax Green Pertamina ini merupakan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang sudah mendapatkan campuran Bahan Bakar Nabati (BBN) berupa bioetanol.

Baca juga :Mengenal Nicke Widyawati, Wanita yang Jadi Dirut Pertamina

Bioetanol yang menjadi BBN ini memiliki berbasis dari tetesan tebu atau molases. Pertamax Green Pertamina ini memiliki nilai oktan atau Research Octane (RON) sebanyak 95.

Bahan Bakar Kendaraan (BBK) Pertamax Green ini dinilai lebih ramah lingkungan. Ada sebanyak 5 persen Bioetanol yang merupakan bahan baku terbarukan yang menjadi campuran BBK ini.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan produk baru Pertamax Green ini merupakan upaya riil Pertamina mendukung pencapaian target Net Zero Emission (NZE) dari pemerintah pada tahun 2060.

Stok bahan baku Bioetanol untuk Pertamax Green ini di suplai oleh PT Energi Agro Nusantara yang merupakan anak persahaaan dari PT Perkebunan Nusantara X (Persero).

PT Energi Agro Nusantara inilah yang menyediakan bahan baku Bioetanol dari molases tebu yang sudah di proses menjadi etanol fuel grade. Program ini juga melibatkan sekitar 9.000 petani tebu.

Meskipun memiliki tingkat oktan atau RON 95 ini Pertamax Green Pertamina memiliki harga yang terbilang ekonomis, hanya dipatok sebesar Rp 13.500 per liter, tanpa harga subsidi. Ini merupakan harga diantara BBM RON 92 dan RON 98.

Hingga saat ini Pertamax Green, BBM dengan oktan 95 ini baru dipasarkan untuk wilayah Jakarta dan Surabaya. Sudah ada 5 Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) di Jakarta dan 10 SPBU di Surabaya yang memasarkan Pertamax Green ini.

Kedepan produk ini bisa akan terus dikembangkan di seluruh pulau Jawa maupun luar Jawa. Harapannya dalam 12 bulan sudah bisa tersedia pada semua SPBU di pulau Jawa.

Dia berharap masyarakat bisa menerima produk baru dari Pertamina ini sehingga bisa bersama-sama mendukung pencapaian target NZE 2060 dari pemerintah.

Kendaraan apa saja yang bisa memakai Pertamax Green ini? Pada dasarnya semua kendaraan bermesin bensin bisa memakai produk Pertamax Green ini baik itu sepeda motor maupun mobil.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar