Fobis.ID > News > Mengenal Nicke Widyawati, Wanita yang Jadi Dirut Pertamina

Mengenal Nicke Widyawati, Wanita yang Jadi Dirut Pertamina

Nicke Widyawati kembali duduk di posisi puncak PT Pertamina (Persero) Tbx setelah Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina pada Senin, 3 Oktober 2022 memutuskan kembali untuk menunjuk Nicke sebagai direktur utama (Dirut) PT Pertamina. 

Penunjukan Nicke Widyawati sebagai dirut pertamina ini menjadi yang kedua kalinya setelah sebelumnya di 18 Nicke juga ditunjuk untuk ditunjuk sebagai orang nomor satu di perusahaan plat merah itu. 

Keputusan penunjukan Nicke untuk memimpin kembali Pertamina itu karena Nicke dinilai mampu membawa PT Pertamina bertransformasi.

Dan meriah kinerja terbaik sepanjang masa jabatannya di tahun pertama dari April 2018 sampai September 2022. 

Nicke juga dinilai dapat mengkonsolidasikan kekuatan Pertamina untuk menjaga ketahanan energi nasional.

Selain itu juga dinilai mampu menjalankan transisi energi dalam kondisi yang tidak menentu, seperti pandemi Covid-19, konfilk geoplotik, dan perubahan iklim. 

Lantas, sebenarnya Nicke Widyawati itu? Bagaimana sepak terjangnya dalam dunia bisnis hingga dipercaya sebagai direktur Pertamina selama 10 tahun atau dua periode itu? 

Baca Juga : Tertinggi Sejak 2014, Inflasi RI Naik 1,17%

Mengenal Nicke Widyawati, Wanita yang Jadi Dirut Pertamina

Profil Nicke Widyawati

Nicke Widyawati lahir tepat di hari raya natal 25 Desember 1967.

Sebelum dipercaya sebagai direktur utama pertamina yang ke 15 pada tahun 2018, Nicke juga dikenal sebagai salah satu pengusaha Indonesia. 

awalnya Nicke hanya sebagai PJ direktur utama pertamina mengantikan Ellia Massa Manik yang dicopot dari jabatannya sebagai direktur utama. Kemudian pada tanggal akhir bulan Agustus tepatnya 30 Agustus 2018 ia ditunjuk untuk menjadi direktur pertamina hingga sekarang. 

Nicke pernah beberapa kali menerima penghargaan oleh beberapa pihak. Antara lain, penghargaan Women’s Work of Female Grace dari Indonesia Asia Institute pada tahun 2013.

Pada tahun 2020, Majalah Fortune juga menobatkan Nicke sebagai salah satu wanita berpengaruh.

“Most Powerful Women International” di dunia dari luar Amerika Serikat. Ia duduk di posisi ke 16 dari 50 perempuan lain di seluruh dunia. 

Baca Juga : Stagflasi, Lebih Menakutkan dari Resesi

Riwayat Pendidikan Nicke

Nicke mengenyam pendidikan SMA di SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Setelah lulus, melanjutkan studinya di jurusan teknik industri di Institut Teknologi Bandung dan lulus pada tahun 1991.

Ia lalu melanjutkan pendidikan strata dua di Universitas Pandjajaran mengambil jurusan hukum bisnis dan lulus pada tahun 2009. 

Riwayat Karir Nicke 

Sejak usia 21 tahun Nicke telah memulai di Bank Duta cabang Bandung. Kemudian ia melanjutkan dengan bekerja di PT Rekayasa Industri. Di PT tersebut Nicke terlibat dengan banyak proyek yang bekerja sama dengan Pupuk Sriwijaya di Palembang, Lhokseumawe, Cilegon serta Malasiya. 

Setelah itu bergabung dengan Mega Eltra, salah satu BUMN yang bergerak di bidang kelistrikan. Di Mega Eltra ia berkarir hingga berhasil duduk di posisi direktur utama perusahaan tersebut. 

Pada tahun 2014, ia ditarik ke PLN untuk menjabat sebagai direktur pengadaan strategi I. Lalu pada tahun 2017 ia mulai berkarir di pertamina dengan sebagai direktur sumber daya manusia dan pelaksana tugas logistik, rantai pasokan dan infrastruktur. 

Tak lama, sebanyak 5 orang dalam jajaran jajaran Pertamina yang dipimpin oleh Elia Massa Manik dicopot dari jabatannya karena kebijakan yang dikeluarkannya dianggap merugikan sektor minyak dan gas dalam negeri. 

Usai dicopotnya jajaran direksi tersebut, Nicke Widyawati kemudian ditunjuk sebagai PJ direktur utama pertamina. kemudian ia resmi sebagai hingga direktur utama pertamina pada 30 Agustus 2018. 

Kemudian, dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina yang berlangsung pada Senin, 3 Oktober 2022 memutuskan kembali untuk menunjuk Nicke sebagai direktur utama (Dirut) PT Pertamina. 

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar