Fobis.ID > News > Cara Tukar Uang Baru Lebaran 2023 di Bank BRI, BNI, BCA, BSI, Mandiri dan BI

Cara Tukar Uang Baru Lebaran 2023 di Bank BRI, BNI, BCA, BSI, Mandiri dan BI

FOBIS.ID – Menjelang hari raya idul fitri 1444 H atau lebaran 2023, masyarakat mulai ramai mendatangi sejumlah bank untuk menukar uang baru. Berikut ini adalah Cara Tukar Uang Baru Lebaran 2023 di Bank BRI, BNI, BCA, BSI, Mandiri dan BI.

Berburu pecahan uang baru menjelang hari raya idul fitri secara tidak langsung seperti sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Menanggapi hal itu, sejumlah bank di Indonesia juga telah menyediakan tempat penukaran uang baru untuk lebaran 2023.

Lalu bagaimana cara mendapat uang pecahan terbaru itu? Di mana tepat penukaran uang baru Lebaran 2023?  Apa syarat penukaran uang terbaru idul fitri 2023 dan kapan jadwal penukaran uang di Bank mulai?

Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk tukar uang baru lebaran 2023 di Bank BRI, BNI, BCA, BSI, Mandiri dan BI. Perhatian cara di bawah ini agar kamu bisa mendapat uang baru di lebaran 2023.

Baca Juga : Mau Mudik Lebaran 2023, Cek Tiket Bus di Sini

Cara dan Jadwal Tukar Uang Baru di BI Lebaran 2023

Bank Indonesia (BI) telah berkolaborasi dengan sejumlah perbankan dan lembaga keuangan di lebih dari 5.000 titik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia untuk menyediakan layanan penukaran uang.

Selain menyediakan layanan penukaran uang melalui perbankan di 5.000 lokasi, BI juga menyediakan layanan untuk menukar uang terbaru melalui kas keliling di Jakarta.

Namun, untuk menggunakan layanan ini, masyarakat perlu memesan terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memesan layanan kas keliling BI.

  • Untuk memesan layanan kas keliling BI, masyarakat dapat membuka aplikasi PINTAR atau mengunjungi laman pintar.bi.go.id.
  • Setelah itu, masuk ke halaman utama PINTAR, lalu cari dan pilih opsi menu kas keliling.
  • Kemudian, pilih provinsi tempat tinggal atau tempat di mana kamu ingin menukarkan uang baru melalui kas keliling.
  • Maka akan terlihat langsug daftar lokasi dan tanggal kas keliling BI di aplikasi PINTAR yang ada yang dapat kamu gunakan.

Tak hanya lewat kas keliling, program penukaran uang baru lebaran dengan tagline BI Peduli Mudik ini juga akan membuka layanan penukaran uang di sejumlah jalur mudik.

Baca Juga : 7 Aplikasi Membuat Kartu Lebaran Idul Fitri Online Gratis

Layanan ini akan tersedia dari 15 April 2023 – 19 April 2023 di Rest Area Jalan Tol di Jawa, Lampung, Palembang, serta di alur penyeberangan di Pelabuhan Merak, Bakauheuni, Ketapang, dan Gilimanuk.

Cara Tukar Uang Baru Lebaran 2023 di Bank BRI, BNI, BCA, BSI, Mandiri dan BI
Cara Tukar Uang Baru Lebaran 2023 di Bank BRI, BNI, BCA, BSI, Mandiri dan BI

Bagi kamu yang ingin menggunakan layanan penukaran uang baru di sepanjang jalur mudik ini. Kamu tidak harus melakukan pemesanan tukar uang lewat aplikasi PINTAR.  Langsung saja mampir ke loket penukaran dan petugas akan melayaninya dengan baik.

Cara Tukar Uang Baru Lebaran 2023 di Bank BRI

Bank Rakyat Indonesia atau BRI juga menyedikan loket layanan penukaran uang baru yang ada di 391 kantor cabang BRI seluruh Indonesia.

Layanan penukaran uang di bank BRI dapat diakses oleh seluruh nasabah Bank BRI di seluruh Indonesia. Sedangkan jumlah uang yang ditukarkan akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing nasabah.

Program penukaran uang baru ini rutin BRI lakukan setiap tahun dengan nama program SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri) . Pada edisi lebaran 2023 ini, jadwal penukaran uang baru bank BRI berlangsung sejak 27-20 April 2023.

Jika kamu ingin menukar uang baru di bank BRI, maka kamu hanya dapat menukar sebanyak 3,8 juta rupiah per orangnya.

Jadwal dan Cara Tukar Uang di Bank Mandiri untuk Idul Firi 1444 H

Tak cuma BRI, Bank Mandiri juga telah menyediakan layanan penukaran uang baru dalam rangka memenuhi kebutuhan Lebaran 2023.

Jika kamu ingin menukarkan uang pecahan tunai terbaru bisa langsung mendatangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat tanpa perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Terdapat 330 kantor cabang bank Mandiri yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 33 cabang utamanya ada di wilayah Jabodetabek.

Jadwal penukaran uang baru bank Mandiri berlangsung dari tanggal 27-18 April 2023 dari jam 10.00 – selesai.

Baca Juga : Saatnya Bersiap-Siap! Lebaran 1 Syawal 1444 H, Ini Tanggal Menurut 2023 Masehi

Cara Tukar Uang Baru Lebaran 2023 di Bank BCA

Bank Central Asia (BCA)  juga ikut serta dalam menyediakan layanan penukaran uang baru untuk masyarakat Indonesia jelang lebaran idul fitri tahun 2023 ini.

Layanan penukaran uang baru dari BCA dapat diakses di Kantor Cabang Utama (KCU) BCA, dimulai sejak 27 Maret hingga 18 April 2023.

Kamu bisa menukarkan uang tunai langsung di loket yang tersedia dengan layanan ini tanpa harus mendaftar terlebih dahulu.

Tidak ada syarat-syarat yang harus kamu bawa, jika persedian uang baru masih ada maka kamu masih bisa tetap bisa melakukan penukaran pada jam kerja.

Jadwal dan Cara Tukar Uang Baru di Bank BSI untuk Idul Fitri 2023

Cara Tukar Uang Baru Lebaran 2023 di Bank BRI, BNI, BCA, BSI, Mandiri dan BI
Cara Tukar Uang Baru Lebaran 2023 di Bank BRI, BNI, BCA, BSI, Mandiri dan BI

Bank Syariah Indonesia (BSI) juga turut memfasilitasi kebutuhan transaksi keuangan masyarakat menjelang Lebaran 2023, khususnya menyediakan fasilitas penukaran uang baru.

Penukaran uang baru dapat kamu lakukan di 236 kantor cabang BSI seluruh Indonesia dari tanggal 19-25 April 2023.

BSI juga akan menyediakan layanan penukaran uang baru bagi nasabahnya melalui 32 lokasi kas keliling yang tersebar di berbagai wilayah. Termasuk di lokasi Bank Indonesia (BI), masjid, pelabuhan, rest area, mal, dan pasar.

Cara Tukar Uang dan Jadwal Penukaran Uang Baru Bank BNI

Terakhir, Bank Negara Indonesia (BNI) juga menyediakan layanan penukaran uang baru untuk masyarakat Indonesia menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 2023 ini.

Penukaran uang baru di bank BNI dapat masyarakat lakukan di kantor cabang Bank BNI terdekat yang ada di wilayah tempat tinggal kalian.

Setiap orang yang akan menukar uang baru, hanya bisa mendapat jatah 3.8 juta per orangnya, sesuai dengan aturan Bi.

Jadwal penukaran uang baru di bank BNI telah dimulai sejak awal bulan Ramadhan dan akan tutup pada 18 April 2023. Sebelum waktu libur lebaran 2023.

Itulah Informasi mengenai  Cara Tukar Uang Baru Lebaran 2023 di Bank BRI, BNI, BCA, BSI, Mandiri dan BI. Serta lokasi dan jadwal penukaran uang di Bank BRI, BNI, BCA, BSI, Mandiri dan BI.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar