Fobis.ID > News > Saatnya Bersiap-Siap! Lebaran 1 Syawal 1444 H, Ini Tanggal Menurut 2023 Masehi

Saatnya Bersiap-Siap! Lebaran 1 Syawal 1444 H, Ini Tanggal Menurut 2023 Masehi

FOBIS.ID – Setelah menjalani puasa Ramadhan 1444 H selama lebih dari dua minggu, sebentar lagi kita akan menyambut Lebaran 2023 yang akan jatuh pada 1 Syawal mendatang.

Akan tetapi, kapan sebenarnya 1 Syawal 1444 H dijatuhi sebagai Lebaran sesuai kalender 2023?

Nah, untuk mengetahui tanggal 1 Syawal 2023 maka ada beberapa referensi yang bisa menjadi acuan untuk menentukan tanggal.

Jika melihat dari jadwal sidang isbat oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), penentuan Lebaran 2023 akan dilaksanakan pada Kamis, 20 April 2023.

BACA JUGA: Login Prakerja 2023, Segera Daftar Prakerja Gelombang 50 di Bulan Ramadhan

Kriteria untuk menentukan Lebaran nantinya akan berpedoman pada kesepakatan Menteri Agama dari beberapa negara di Asia Tenggara.

Menteri Agama yang nantinya akan memberikan kriteria penentuan Lebaran akan berasal dari negara Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

Biasanya, metode penentuan awal bulan baru yang digunakan Kemeag ialah dengan cara imkan rukyat atau dengan melihat hilal.

Nantinya, setelah melakukan imkan rukyat, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan organisasi-organisasi masyarakat Islam akan menghadiri sidang isbat tersebut.

Apa Jadinya Jika Hilal 1 Syawal 2023 Terlihat?

Saat melakukan penglihatan hilal dan terbukti bahwa hilal mulai terlihat, maka kemungkinan besar 1 Syawal 2023 akan jatuh pada Jum’at, 21 April 2023.

Lebaran 2023

Namun, jika belum ada tanda-tanda hilal terlihat, maka kemungkinan Lebaran akan jatuh pada Sabtu, 22 April 2023 mendatang.

Selain Kemenag, organisasi keagamaan terbesar di Indonesia, Nadhlatul Ulama (NU) juga menerapkan metode imkan rukyat atau visibilitas hilal untuk penetapan 1 Syawal.

BACA JUGA: Aplikasi Baca Al Quran di HP, Tadarus Ramadhan 2023 Bisa Khatam Lebih Cepat

Oleh karenanya, NU juga berpedoman pada sidang isbat yang akan berlangsung pada 20 April mendatang untuk mengetahui kapan Lebaran akan berlangsung.

Selain NU, ada pula PP Muhammadiyah yang menetapkan Lebaran 2023 jatuh pada hari Jum’at, 21 April 2023.

Penetapan tanggal tersebut sudah sesuaai dengan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/1.0E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijjah 1444 H untuk PP Muhammadiyah.

Kapan Cuti Bersama 1 Syawal 2023?

Bagi yang sudah siap merencanakan mudik Lebaran 2023, maka ada hal yang harus kamu ketahui, terutama tentang hari libur nasional dan cuti bersama.

Pemerintah Indonesia sendiri telah memberikan perubahan pada hari libur nasional dan juga cuti bersama untuk Lebaran 2023.

Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan pada masyarakat sehingga bisa mengambil cuti lebih awal serta menghindari penumpukan massa pada puncak mudik yang kemungkinan akan meningkat tahun ini.

Pasalnya, Muhadjir sebagai salah satu pejabat pemerintah yang bertanggungjawab akan hal ini mengatakan bahwa tahun ini akan ada kenaikan orang yang melakukan mudik.

BACA JUGA: Daftar Prakerja Gelombang 50 Bulan Ramadhan, Cek Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja 2023

Perkiraan orang yang mudik tahun ini akan mencapai 123 orang yang lebih banyak dari 85 juta orang pada tahun 2022 lalu.

Perubahan cuti bersama Lebaran 2023 mengalami penambahan satu hari dari semula tanggal 21, 24, 25, dan 26 April 2023 mengalami penambahan sebagai berikut:

  • Rabu, 19 April 2023: Hari Pertama Cuti Bersama Lebaran 2023 (Setelah perubahan)
  • Kamis, 20 April 2023: Hari Kedua Cuti Bersama Lebaran 2023
  • Jum’at, 21 April 2023: Hari Ketiga Cuti Bersama Lebaran 2023
  • Sabtu, 22 April 2023: Libur Hari Raya Idul Fitri 2023 (1 Syawal 1444 H)
  • Minggu, 23 April 2023: Libur Hari Raya Idul Fitri 2023 (1Syawal 1444 )
  • Senin, 24 April 2023 Hari Keempat Cuti Bersama Lebaran 2023
  • Selasa, 25 April 2023: Hari Kelima Cuti Bersama Lebaran 2023

Sesuai SKB 3 Menteri

Informasi tersebut sesuai dengan keputusan yang tercatat dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Bersama tiga (3) menteri, yaitu Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Jika melihat dari perubahannya, terlihat ada penambahan dan tanggal yang maju dari semula berakhir 26 April 2023 berubah hanya sampai 25 April 2023 saja.

Kemudian, ada penambahan tanggal cuti bersama pada tanggal 19 dan 20 April 2023 yang semula cuti bersama tersebut mulai tanggal 21 April 2023.

Dari jumlahnya, maka total libur untuk Lebaran 2023 berjumlah tujuh hari dari yang semula hanya berlangsung selama 6 hari saja.

Hal tersebut berarti, kita memiliki banyak waktu untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan sanak saudara nantinya.

BACA JUGA: 6 Aplikasi Untuk Buat Twibbon Ramadhan 2023

Ketentuan Pemberian THR 1 Syawal 2023

1 Syawal atau Lebaran tentu identik dengan pemberian Tunjangan Hari Raya atau THR, termasuk di tahun 2023 ini.

Pemerintah telah menetapkan perubahan cuti bersama Idul Fitri 2023, namun perubahan tersebut tidak berdampak untuk ketentuan pemberian THR.

Pasalnya, pemberian THR keagamaan akan berlaku sesuai dengan ketentuan, yaitu paling lambat satu pekan atau tujuh hari sebelum (H-7) hari raya berlangsung.

Ketentuan tersebut sesuai dengan apa yang diungkapkan oleh Ida Fauziyah sebagai Menteri Ketenagakerjaan bahwa pembayaran THR paling lambat H-7 perayaan keagamaan.

Kemudian, ia juga mengungkapkan bahwa perusahaan sebaiknya membayar lebih cepat dari ketentuan yang telah ditetapkan.

Anjuran Amalan Sebelum 1 Syawal 2023

Dengan perjalanan puasa Ramadhan yang semakin dekat dengan 1 Syawal 2023, maka kita harus memperkuat ibadah kita di minggu-minggu terakhir.

Amalan Ramadhan sebelum 1 Syawal 2023

Karena, kesempatan untuk menikmati Ramadhan dengan pahala berlipat ganda hanya akan berlangsung setahun sekali.

BACA JUGA: Ramadhan Berwarna! Cara Buat Tulisan Warna-warni WhatsApp Ucapan Ramadhan

Beberapa amalan sederhana bisa kamu lakukan agar Ramadhan lebih berkah, seperti berikut ini:

1. Menambah Energi dan Keberkahan dengan Sahur

Sahur merupakan aktivitas yang biasa dilakukan pada dini hari sebelum melaksanakan puasa di siang harinya.

Selain untuk mengisi perut, sahur juga menjadi amalan sunnah yang penuh berkah meskipun dengan sedikit makanan atau seteguk air.

2. Berbuka Puasa Tepat Waktu

Amalan selanjutnya adalah menyegerakan berbuka ketika adzan berkumandang dan jangan menunda untuk membatalkan puasa.

Rasulullah SAW menyarankan agar memulai berbuka dengan kurma atau air putih karena menyehatkan dan juga menyucikan.

3. Meningkatkan Pahala dengan Bersedekah

Selanjutnya, kamu bisa melakukan amalan berupa sedekah kepada orang terdekat dengan cara membantu, memberi uang, atau memberi makanan untuk berbuka puasa.

4. Bertadarus Al-Qur’an

Berikutnya, kamu bisa melakukan amalan dengan bertadarus setidaknya satu kali khatam selama bulan Ramadhan sesuai anjuran Rasulullah SAW.

BACA JUGA: Cara Praktis Membuat Stiker WhatsApp Bertema Ramadhan untuk HP dan PC

5. Merawat Ucapan

Amalan puasa berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membantu menghindari hati dari kegelisahan, termasuk berbohong dan bergosip.

6. I’tikaf

Selama Ramadhan, maka disarankan untuk i’tikaf namun jika tidak memungkinkan, maka sepuluh malam terakhir adalah waktu yang baik untuk melakukannya.

Saat I’tikaf, maka berbagai macam ibadah, mulai dari shalat wajib dan sunnah, baca Al-Qur’an, berdzikir, atau mendengarkan ceramah agama.

7. Menghindari Hal-hal yang Menciderai Makna Puasa

Kemudian, hindari hal yang memenuhi keinginan yang tidak sesuai dengan makna puasa. Misalnya, terlalu menikmati hal yang memenuhi keinginan atau nafsu.

Nah itu dia serba-serbi informasi untuk menyambut Lebaran 2023 dan meninggalkan bulan Ramadhan tanpa penuh penyesalan.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar