Fobis.ID > News > FIFTY FIFTY Jadi Grup K-Pop Ketiga yang Capai Top 5 Global 200 Billboard

FIFTY FIFTY Jadi Grup K-Pop Ketiga yang Capai Top 5 Global 200 Billboard

FIFTY FIFTY kembali puncaki tangga lagu Global Billboard. Girl grup ini menjadi grup K-Pop ketiga yang menduduki Top 5 Global 200 Billboard.

Pada 8 Mei, Billboard mengumumkan 10 besar dari Global 200 dan Global Excl.U.S. chart minggu ini. Keduanya menunjukan hit viral FIFTY FIFTY ‘Cupid’ berhasil masuk kedalamnya.

Global 200 dan Global Excl.U.S. chart, memeringkat lagu berdasarkan streaming dan penjualan yang diambil lebih dari 200 wilayah di seluruh dunia.

Minggu lalu, lagu “Cupid” berhasil puncaki No. 8 di kedua tangga lagu Global. Minggu ini, lagu tersebut naik dari No. 8 ke No. 6 di Global Excl.U.S. chart.

Sedangkan di Top Global 200, lagu ini berhasil menduduki No. 5, dan menandai entri lima besar pertama FIFTY FIFTY di tangga lagu terakhir.

Baca juga: Taeyong NCT Siap Rilis Album Solo Pertamanya Juni Mendatang

Selama seminggu terakhir, “Cupid” mengalami peningkatan, dari 38 persen menjadi 77,7 juta streaming.

Sedangkan penjualannya mengalami kenaikan 54 persen, menjadi 4.000 yang terjual secara global.

Pencapaian terbaru ini juga menjadikan FIFTY FIFTY sebagai grup K-pop ketiga yang mencapai lima besar Global 200 Billboard, setelah BTS dan BLACKPINK.

Pekan lalu, FIFTY FIFTY membuat sejarah di UK Official Singles Chart, setelah “Cupid” berhadil menduduki No. 9, dan menjadi lagu girl grup K-pop pertama yang mencapai 10 besar.

Fakta Girl Grup FIFTY FIFTY Berhasil Puncaki Tangga Lagu Billboard

Fakta Girl Grup FIFTY FIFTY Berhasil Puncaki Tangga Lagu Billboard

FIFTY FIFTY memulai debutnya pada 18 November 2022. Mereka memiliki empat member yaitu Saena, Keena, Sio, dan Aran.

Keempat member FIFTY FIFTY merupakan warga negara Korea Selatan. Mereka debut dengan merilis mini album berjudul ‘The Fifty’.

Meski dinaungi oleh agensi kecil, Attrakt, FIFTY FIFTY berhasil memuncaki Billboard beberapa bulan setelah mereka debut.

Girl grup ini tidak kalah dari Le Sserafim dan NewJeans yang berasal dari agensi besar.

Kesuksesan FIFTY FIFTY ini dicapai setelah mereka comeback dengan single ‘Cupid’ pada 24 Februari 2023.

‘Cupid’ merupakan salah satu lagu yang masuk ke album FIFTY FIFTY bertajuk ‘The Beginning: Cupid’.

Baca juga: WayV Sambangi Rumah Ruben Onsu dan Sarwendah

Lagu ‘Cupid’ Dituduh Plagiat

Lagu 'Cupid' Dituduh Plagiat

Dibalik kesuksesan lagu ‘Cupid’, FIFTY FIFTY mendapat tuduhan bahwa lagu tersebut plagiat dari lagu Turki.

Tuduhan tersebut berawal dari unggahan seorang warganet yang membandingkan lagu ‘Cupid’ dengan lagu ‘Sen Askimizdan’ milik penyanyi asal Turki.

Agensi FIFTY FIFTY akhirnya buka suara terkait masalah ini. Pihaknya menyampaikan bahwa mereka membutuhkan waktu untuk mengklarifikasi tuduhan plagiarisme ini.

Pasalnya, pihak agensi harus menghubungi produser lagu ‘Cupid’ yang tinggal di luar Korea Selatan.

Setelah beberapa wakttu, akhirnya agensi Attarakt membantah tuduhan plagiarisme itu. Mereka juga mengungkapkan bahwa sang produser bahkan tidak pernah mendengarkan lagu tersebut.

Agensi berhasil berbincang dengan produser pada 4 Mei 2023 dan mengungkapkan bantahan tersebut kepada CBS NoCutNews, salah satu media Korea.

Meski dituduh plagiat, namun FIFTY FIFTY mendapat dukungan dari KNetz. Bahkan, KNetz mengumpulkan lagu-lagu yang memiliki melodi yang mirip dengan lagu ‘Cupid’.

KNetz mengunggahnya di situs Theqoo agar bisa menunjukkan bahwa melodi tersebut telah banyak digunakan.

Profil Member FIFTY FIFTY

Profil Member FIFTY FIFTY

Girl grup ini debut dengan empat member, yaitu Aran, Keena, Saena dan Sio. Berikut profil lengkap keempat member FIFTY FIFTY.

  • Keena

Keena memiliki nama asli Song Jakyung dan lahir pada 9 Juli 2002. Di grup FIFTY FIFTY ia menjadi main rapper dan sub-vocalist.

Sebelum debut dengan FIFTY FIFTY, ia sempat menjadi trainee di GB Academy. Selain itu, pada 2019 lalu, Keena sempat menyanyikan lagu untuk OST drama ‘The Running Mates’.

  • Saena

Saena memiliki nama asli Jeong Sehyun dan lahir pada 12 Maret 2004. Di grup FIFTY FIFTY ia menjadi leader, main dancer, dan sub-rapper.

Sebelum debut, ia pernah menjadi peserta survival show Dancing High KBS 2TV dan tergabung di Tim Hoya.

Saena merupakan member yang berasal dari Busan dan memiliki sebutan ‘Dancing Alpaca’.

  • Sio

Sio memiliki nama asli Jeong Jiho dan lahir pada 6 Oktober 2004. Di grup FIFTY FIFTY ia menjadi main vocalist dan lead dancer.

Sebelumnya, ia bersekolah di Wongwang Health Science High School, namun berhenti.

  • Aran

Aran memiliki nama asli Jeong Eunah dan lahir pada 11 Oktober 2004. Di grup FIFTY FIFTY ia menjadi main vocalist, lead dancer, dan maknae.

Ia merupakan member yang introvert dan jarang keluar dari kamarnya. Selain itu, Aran mengidolakan penyanyi Loco, Crush, John K, DEAN, dan Ariana Grande.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar