Fobis.ID > News > Harga BBM Pertamina Tetap, Meskipun Minyak Dunia Naik

Harga BBM Pertamina Tetap, Meskipun Minyak Dunia Naik

Jakarta, 4 Februari 2024 – Di tengah gejolak kenaikan harga minyak mentah dunia dan kurs yang terus melonjak, PT Pertamina (Persero) dengan tegas menegaskan bahwa harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk semua jenis BBM Umum atau Non Subsidi tidak akan mengalami kenaikan.

Menurut peraturan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No.245.K/MG.01/MEM.M/2022 yang menggantikan Kepmen No 62/K/12/MEM/2020 tentang Formulasi Harga JBU atau BBM Non Subsidi, operator migas telah menyesuaikan harga BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) sejak 1 Februari 2024.

Namun, Pertamina memastikan bahwa harga BBM di SPBU mereka tidak mengalami kenaikan, tetap konsisten dengan periode Januari 2024.

BACA: 4.685 Siswa Mengenal Energi Bersih Melalui Sekolah Energi Bersih Pertamina

Melansir siaran pers Pertamina, 3 Februari 2024, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mendukung keputusan Pertamina untuk tidak menaikkan harga BBM Non Subsidi, meskipun kompetitor lain sudah melakukan penyesuaian harga.

“Keputusan Pertamina untuk tidak menaikkan harga BBM tentu baik untuk menjaga stabilitas dan daya beli masyarakat. Inilah peran BUMN kepada masyarakat,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, menjelaskan bahwa Pertamina serius menjalankan efisiensi melalui digitalisasi yang terintegrasi pada seluruh proses bisnis dari hulu ke hilir. Hal ini berdampak pada efisiensi biaya produksi, sehingga Pertamina dapat menyajikan harga terbaik untuk masyarakat.

“Dengan digitalisasi ini, kami dapat mengubah cara kerja secara menyeluruh dan menciptakan nilai dalam bentuk optimasi biaya, sehingga Pertamina dapat memproduksi dan memberikan BBM dengan harga terbaik kepada masyarakat,” ucap Nicke.

BACA: Beasiswa Sobat Bumi 2024 Telah Dibuka, Simak Syarat dan Cara Pendaftarannya Di Sini !

Nicke menambahkan bahwa harga BBM Non Subsidi bersifat fluktuatif, mengikuti komponen penentuan harga seperti harga minyak mentah dan nilai kurs, serta mempertimbangkan kondisi sosial ekonomi masyarakat.

“Harga BBM di SPBU Pertamina tetap kompetitif. Sebagai BUMN, kami tetap mempertimbangkan banyak aspek, termasuk daya beli masyarakat, dalam penetapan harga BBM Non Subsidi,” tandas Nicke.

Pertamina, sebagai perusahaan pemimpin dalam transisi energi, tetap berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Upaya ini sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar