Fobis.ID > News > Indonesia Eksportir Ikan Hias No 2 Dunia, Optimis Raih Posisi Pertama

Indonesia Eksportir Ikan Hias No 2 Dunia, Optimis Raih Posisi Pertama

FOBIS.ID – Indonesia meraup keberhasilan luar biasa di panggung ekspor ikan hias global. Dalam laporan terbaru, nilai ekspor ikan hias Indonesia mencapai 36,4 juta Dolar AS pada tahun 2022, setara dengan 11,3% dari total ekspor ikan hias seluruh dunia.

Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, pencapaian fenomenal ini telah mengukuhkan Indonesia sebagai eksportir ikan hias terbesar kedua di dunia, menggeser posisi Singapura dan Belanda.

Keberhasilan ini tidak lepas dari keragaman dan kekayaan spesies ikan hias endemik Indonesia yang memiliki nilai ekonomis tinggi, seperti arwana super red gold silver, Arwana jardini, botia, dan banyak lagi.

Kekayaan ini tidak hanya menjadikan Indonesia unik, tapi juga memiliki potensi untuk menjadi pemimpin pasar ikan hias global di masa depan.

Data International Trade Statistic

Data International Trade Statistic menunjukkan bahwa Jepang masih memegang posisi pertama dengan nilai ekspor sebesar 48,95 juta Dolar AS. Namun, optimisme tinggi mulai menyelimuti pelaku industri ikan hias di Indonesia.

Di semester pertama tahun 2023, terjadi peningkatan nilai ekspor ikan hias Indonesia sebesar 16,2% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022.

Sementara itu, negara-negara kompetitor seperti Jepang, Singapura, dan Belanda justru mengalami penurunan, masing-masing sebesar 8,3%, 9,8%, dan 37,2%.

Optimisme ini didasarkan pada tren positif dan peningkatan performa ekspor ikan hias Indonesia yang konsisten.

Dengan tren positif ini, banyak pihak yang meyakini bahwa Indonesia memiliki peluang yang kuat untuk menjadi eksportir ikan hias terbesar di dunia di masa mendatang.

Untuk memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan industri ini, berbagai kebijakan penting juga harus diterapkan dan dijaga.

Melalui perlindungan, pembaharuan, dan kebijakan lain yang mendukung, seperti hak atas indikasi geografis dan perlindungan plasma nukleus, upaya serius sedang dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan potensi ekspor ikan hias Indonesia.

Baca juga: Fenomena El Nino Ancam Produksi Edamame dan Sagu di Indonesia

Keberhasilan dan optimisme ini merupakan simbol dari dedikasi, kerja keras, dan inovasi yang telah dilakukan oleh para pelaku industri ikan hias di Indonesia.

Dengan kekayaan dan keragaman spesies ikan hias endemik yang luar biasa, Indonesia memiliki potensi besar untuk berjaya dan menjadi pemimpin di panggung global industri ikan hias.(*)

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar