Fobis.ID > News > Kolaborasi Para Pengembang Game Indonesia Bertemu dalam Semarak Global Game Jam 2024

Kolaborasi Para Pengembang Game Indonesia Bertemu dalam Semarak Global Game Jam 2024

FOBIS.ID – Para pengembang game dari seluruh Indonesia berkumpul pada acara Semarak Global Game Jam 2024 pada Minggu, 28 Januari 2024.

Melansir website Disparbud Jawa Barat, proses kreativitas para pengembang game di Kota Bandung disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar. Mereka memamerkan kebolehan mereka dalam sesi pembuatan game selama 48 jam dengan tema ‘Make Me Laugh’ di acara Global Game Jam, pada Minggu, 28 Januari 2024.

Global Game Jam menjadi panggung bagi para pengembang video game dari seluruh dunia setiap tahunnya. Pada tahun ini, kegiatan dilaksanakan dari 26 hingga 28 Januari 2024 di 10 kota di Indonesia, termasuk Bandung, Bogor, Medan, Batam, Palembang, Tangerang, Yogyakarta, Surakarta, Surabaya, dan Malang.

BACA: Catat Tanggalnya, Festival Gunung Slamet Purbalingga 2024 Masuk Daftar Agenda Pariwisata 110 KEN

Sebagai salah satu subsektor ekonomi kreatif, potensi pengembang game mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Uno, memberikan apresiasi kepada kegiatan Global Game Jam sebagai upaya untuk mendorong para peserta untuk berinovasi, bereksperimen, dan berkolaborasi dalam industri game.

Menurut Menparekraf, tema khusus yang diambil untuk game pada acara ini, yaitu ‘Make Me Laugh’, sangat membanggakan dan layak untuk didukung penuh.

Agate HQ, sebagai penyelenggara acara, mengungkapkan bahwa Bandung menjadi kota dengan jumlah peserta terbanyak di Indonesia, dengan 108 peserta dan 25 game yang ikut serta dalam acara tersebut.

Head of Agate Academy, Restya Winda, menyatakan bahwa kesuksesan Global Game Jam di Bandung berkat kerjasama antara pelaku industri, komunitas, dan dukungan pemerintah. Dia juga menekankan bahwa acara ini bukanlah tentang kompetisi, melainkan tentang belajar dan berbagi pengetahuan bagi para pengembang game di Indonesia.

BACA: Kapan DCF 2024 Dilaksanakan Simak Ini Agenda Dieng Culture Festival

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar, menyampaikan harapannya agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara lebih luas. Hal ini diharapkan dapat memaksimalkan potensi pengembang game di berbagai daerah.

Global Game Jam 2024 diharapkan menjadi langkah penting dalam memajukan industri game di Jawa Barat, serta membuka kesempatan bagi talenta muda Indonesia untuk dikenal secara internasional.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar