Fobis.ID > News > MUDAH! Pencairan KUR Bank BRI 2023, Cek Caranya

MUDAH! Pencairan KUR Bank BRI 2023, Cek Caranya

FOBIS.ID – Cara mudah pencairan pinjaman KUR Bank BRI 2023 bisa kamu temukan di artikel berikut ini.

Untuk melakukan pencairan dana KUR di Bank BRI 2023 sebenarnya sangat mudah dan tidak terlalu ribet. Hanya saja banyak masyarakat atau calon peminjam yang belum mengetahui caranya.

Oleh karena itu, pada artikel ini FOBIS.ID akan memberikan tutorial cara pencairan pencairan pinjaman KUR Bank BRI 2023.

Cara yang akan kami berikan di bawah ini, sebenarnya tidak hanya berlaku di Bank BRI saja, namun semua perbankan yang memiliki program KUR. Seperti Mandiri, BNI dan BTN.

Baca Juga : Tabel Angsuran dan Syarat KUR BRI 2023, 100 Juta Langsung Cair Tanpa Jaminan

Karena pada prinsipnya semua perbankan yang menyalurkan pinjaman DANA KUR itu memiliki aturan yang sama dari pemerintah.

Sehingga kurang lebih cara pencairan DANA KUR nya juga tidak jauh berbeda dengan pencairan KUR Bank BRI.

Perlu kamu ketahui bahwa pada tahun 2023 terdapat alokasi dana sebesar Rp 270 triliun untuk program Kredit Usaha Rakyat atau KUR.

Dana ini akan dialokasikan untuk proses pencairan kepada masyarakat Indonesia, terutama kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Kredit Usaha Rakyat , seperti kata Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari, pada Rabu, 8 Februari 2023, memiliki dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

Selain itu, program ini juga berkontribusi terhadap perekonomian negara dan menciptakan peluang kerja bagi masyarakat.

MUDAH! Pencairan KUR Bank BRI 2023, Cek Caranya
MUDAH! Pencairan KUR Bank BRI 2023, Cek Caranya

KUR Bank BRI 2O23

Sebelum masuk ke cara pencairannya, terlebih dahulu akan FOBIS.ID jelaskan jenis-jenis KUR Bank BRI dan syarat pencairannya.

Bank BRI sebagai salah satu BUMN yang bergerak di bidang keuangan atau perbankan mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk menyalurkan 3 jenis dana KUR BRI.

Ketiga jenis pinjaman KUR di Bank BRI tersebut yaitu KUR MIKRO, KUR KECIL DAN KUR TKI. Berikut penjelasan dari ketiga jenis KUR tersebut.

1. KUR MIKRO BRI

KUR ini berlaku untuk individu perorangan yang sedang menjalankan usaha yang produktif dan memenuhi syarat sebagai usaha yang layak.

Usaha tersebut juga harus telah beroperasi minimal selama enam bulan. Nominal maksimum pinjaman KUR Mikro dari Bank BRI adalah Rp 50 juta.

Adapun persyaratan administratif yang harus dipenuhi meliputi KTP, Kartu Keluarga (KK), dan Surat Izin Usaha.

2. KUR KECIL BRI

KUR Kecil dari Bank BRI berlaku untuk perorangan yang menjalankan usaha minimal enam bulan. Namun, dalam pengajuan KUR Kecil Bank BRI, nominal pinjaman dimulai dari Rp 50 juta hingga Rp 500 juta.

Selain persyaratan identitas seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), terdapat juga persyaratan jaminan sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh Bank BRI.

3. KUR TKI BRI

KUR ini berlaku untuk calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan berangkat ke luar negeri namun membutuhkan modal untuk perjalanan mereka.

Nominal maksimum yang dapat kamu ajukan adalah Rp 25 juta. Persyaratan untuk jenis KUR ini bervariasi tergantung pada negara tempat penempatan kerja calon TKI.

Selain itu, dokumen yang diperlukan meliputi KTP, perjanjian kerja dan pengguna jasa, perjanjian penempatan, paspor, visa, dan persyaratan lain sesuai kesepakatan yang berlaku.

Cara Mudah Pencairan KUR di Bank BRI 2023

Agar bisa melakukan pencairan dana KUR, hal pertama yang harus kamu lakukan tentu saja adalah menyiapkan dokumen persyaratan dan melengkapinya.

Setelah semua syarat sudah lengkap, selanjutnya adalah pergi ke Bank BRI dan melakukan pengajuan pinjaman KUR BRI 2023.

Di bawah ini adalah cara lengkap pengajuan pinjaman KUR di Bank BRI untuk tahun 2023.

Pertama untuk mengajukan KUR Bank BRI 2023 adalah memastikan bahwa kamu adalah individu perorangan yang memiliki usaha atau sedang menjalankan bisnis kategori UMKM.

Kemudian bisnis atau usaha yang kamu jalankan minimal sudah berjalan selama enam bulan.

Baca Juga : Contoh Surat Keterangan Usaha Untuk Pengajuan KUR BRI 2023

Setelah itu siapkan dokumen-dokumen persyaratan yang di butuhkan.

Kemudian mencari informasi terkait Tabel Angsuran KUR BRI. Kamu bisa mencari tabel tersebut di berbagai sumber internet, termasuk artikel ini.

Berikutnya berdiskusi lah atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan pasangan, baik suami atau istri, mengenai nominal pinjaman yang akan diajukan.

Apabila pinjaman melebihi Rp 50 juta, pastikan untuk menyiapkan agunan sesuai persyaratan.

Langkah selanjutnya adalah mengunjungi kantor cabang Bank BRI terdekat dan memberitahukan kepada petugas bahwa kamu ingin mengajukan pinjaman KUR.

Terakhir, ikuti panduan yang diberikan, termasuk mengisi formulir, kemudian akan dilakukan survei, dan akhirnya pinjaman KUR Bank BRI dapat segera dicairkan.

Itulah informasi terkait cara pencairan KUR Bank BRI 2023. Jika kamu butuh informasi lebih lanjut mengenai KUR BRI 2023, KUR Mandiri 2023, dan KUR Bank BTN bisa kamu baca lebih lanjut di website kami.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar