Fobis.ID > News > Pertimbangkan 7 Tips Membeli Laptop Baru Supaya Tidak Salah Pilih

Pertimbangkan 7 Tips Membeli Laptop Baru Supaya Tidak Salah Pilih

Ketahui tips membeli laptop baru menjadi informasi penting bagi yang ingin mengganti laptop lama ke laptop baru. Jangan sampai menyesal telah membeli laptop baru tetapi tidak sesuai ekspektasi.

Laptop menjadi perangkat yang membantu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah. Misalnya dalam dunia kepenulisan atau jurnalistik. Laptop membantu menjadi alat ketik dan menyimpan dokumen.

Begitu juga dalam dunia pendidikan. Siswa dapat menggunakan laptop untuk membuat makalah, menyelesaikan tugas, dan lainnya. Banyak lagi pekerjaan yang diselesaikan dengan menggunakan laptop.

Meski demikian, setiap laptop memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Banyaknya pilihan laptop di pasaran membuat bingung saat memilihnya.

Untuk itu sebaiknya ketahui tips membeli laptop baru supaya tidak salah pilih. Tips ini membantu Anda dalam memilih laptop yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Baterai Ponsel Boros? Ini 10 Aplikasi Menguras Baterai Ponsel dan Tips Jitu Mengatasinya

7 Tips Membeli Laptop Baru

Berikut adalah 7 tips membeli laptop baru:

1. Perhatikan CPU dan GPU

Tips pertama membeli laptop adalah memperhatikan spesifikasi CPU (Central Processing Unit) dan GPU (Graphics Processing Unit). Sebab kedua aspek ini penting supaya laptop dapat berjalan dengan lancar.

CPU setiap laptop berbeda-beda. Untuk menunjang aktivitas berat seperti editing atau bermain game maka pilihlah CPU generasi terbaru dengan kecepatan tinggi.

Tips Membeli Laptop Baru

Semakin tinggi generasi CPU maka semakin bagus laptop. Tetapi, harga laptopnya juga akan semakin mahal. Untuk itu persiapkan budget lebih untuk mendapatkan spesifikasi CPU tinggi.

Begitu juga dengan GPU pada laptop. Ini berguna untuk memproses data-data grafis yang terdapat pada laptop.

2. Penyimpanan SSD atau HDD

Solid State Drive (SSD) dan Hard Disk Drives (HDD) merupakan penyimpanan internal pada laptop. Besar dan jenis penyimpanan mempengaruhi kinerja drive laptop.

Jenis penyimpanan SSD mampu membaca dan menulis data sampai 550 MB/s. Sementara, penyimpanan HDD memiliki kecepatan 60 MB/s. Artinya penyimpanan SSD lebih cepat dari pada HDD.

Tetapi bukan berarti penyimpan HDD buruk, semua kembali pada budget dan kebutuhan. Memang secara umum penyimpanan SSD lebih besar dan lebih cepat dalam transmisi data.

3. Kapasitas RAM

Sama seperti ponsel, membeli laptop juga harus memperhatikan kapasitas RAM (Random Access Memory).. Kapasitas RAM sangat penting bagi prosesor.

Kapasitas RAM

Sebab, prosesor akan semakin gesit bisa didukung dengan RAM besar. Umumnya RAM laptop berkapasitas 8 GB. RAM besar dapat menjalankan aktivitas multitasking dengan lebih lancar.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Foto Latar Belakang Sukses untuk Lamaran Kerja

4. Kapasitas Baterai Laptop

Tips membeli laptop baru selanjutnya memperhatikan kapasitas baterai laptop. Laptop menjadi perangkat kerja yang dibutuhkan. Dengan kapasitas baterai kecil, otomatis harus mengisi daya setiap waktu.

Laptop dengan baterai kecil tidak bisa jauh dari stop kontak. Untuk itu penggunaanya harus berada dekat sumber listrik.

Pilihan laptop dengan kapasitas baterai besar. Idealnya laptop spesifikasi bagus dapat bertahan selama 7 – 8 jam sehari.

5. Periksa Port yang Terdapat pada Laptop

Sama seperti CPU, baterai, dan RAM, banyaknya jumlah port pada laptop juga menjadi unsur penting.

Port sendiri adalah elemen berfungsi untuk menghubungkan laptop ke komputer, jaringan, dan perangkat lainnya.

Periksa Port yang Terdapat pada Laptop

Setiap port pada laptop memiliki fungsi yang berbeda. Beberapa port menyediakan port HDMI dan beberapa lainnya tidak menyediakan. Jenis port seperti ini perlu menjadi pertimbangan.

Baca Juga: 5 Tips Melacak Ponsel Android yang Hilang, Tidak Perlu Panik

6. Layar

Selanjutnya layar laptop juga menjadi pertimbangan. Tips memilih layar saat membeli laptop baru perhatikan ukuran dan resolusi layar.

Setiap laptop memiliki resolusi layar dan ukuran yang berbeda. Layar laptop hadir mulai dari ukuran ultra portable sekitar 11 – 13 inchi, portable 13 – 14 inchi, dan standar 15 – 16 inchi.

Bahkan ukuran layar laptop bisa mencapai 17-18 inchi. Resolusi layar biasa nya mencapai Full HD (1920×1080), WXGA ( 2560×1600), hingga 4K Ultra HD (3840×2160).

7. Perhatikan Budget dan Beli Ditempat Terpercaya

Budget menjadi masalah utama dalam membeli laptop. Sesuaikan budget atau anggaran dengan kebutuhan. Dengan begitu akan lebih bijak dalam membeli laptop.

Pilih tempat terpercaya saat membeli laptop. Jangan mudah teriming-imingi laptop dengan harga terlalu miring.

Terutama bagi Anda yang baru pertama kali membeli laptop baru. Pastikan toko tempat membeli laptop memberikan garansi.

Demikian 7 tips membeli laptop baru yang sangat bermanfaat. Terimakasih.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar