Fobis.ID > News > Prakerja Gelombang 50 Dibuka, Namun Golongan Ini Tak Bisa Daftar Prakerja 2023

Prakerja Gelombang 50 Dibuka, Namun Golongan Ini Tak Bisa Daftar Prakerja 2023

FOBIS.ID – Buat kamu yang sejak kemarin menunggu kabar tentang program kartu prakerja 2023. Pada Jumat, 24 Maret 2023 kemarin, pendaftaran program kartu prakerja gelombang 50 telah resmi dibuka kembali oleh pemerintah.

Melalui postingannya di akun instagram resmi Kartu Prakerja @prakerja.go.id. Pemerintah membagikan kabar gembira telah di bukanya pendaftaran kartu prakerja gelombang 50 itu kepada masyarakat.

“GELOMBANG 50 SUDAH BUKA! Klik “Gabung Gelombang” sekarang juga di dashboard akun prakerja milik kamu,” tulis akun @prakerja.go.id pada postingannya.

Wiliam Sudhana, PMO pelaksana program kartu prakerja membenarkan kabar pembukaan pendaftaran prakerja gelombang 50 itu. “Benar, pendaftaran prakerja gelombang 50 sudah buka sejak 12.00 WIB kemarin,” tegasnya melansir kompas.com.

Bagi kalian yang sudah menunggu sejak lama dan ingin sengara mendaftar ikut program kartu prakerja. Bisa secepatnya mendaftar lewat situs resmi kartu prakerja yang beralamat di www.prakerja.go.id.

Semua masyarakat atau warga negara Indonesia yang berusia minimal 18 tahun saat mendaftar. Serta maksimal 64 tahun bisa ikut mendaftar untuk ikut program kartu prakerja gelombang 50 tahun2023.

Namun nyatanya tidak semua masyarakat yang berusia 18-64 tahun bisa ikut mendaftar loh. Ada beberapa golongan masyarakat yang meski berusia 18-64 tahun namun tak bisa ikut mendaftar program kartu prakerja.

Golongan Masyarakat yang Tak Bisa Daftar Prakerja

Di bawah ini adalah 7 golongan masyarakat yang meski telah memenuhi syarat usia. Namun tetap tak bisa mendaftar program prakerja 2023. Apa saja, berikut penjelasannya.

  1. Golongan Pejabat Negara
  2. Piminan dan anggota DPRD Kabupaten, Kota atau Provinsi.
  3. Pegawai Negeri Sipil atau ASN.
  4. Golongan Militer TNI
  5. Golongan Polisi
  6. Pengawai BUMN yang menjadi Direksi, Komisaris dan Dewan Pengawas BUMN.
  7. Pejabat desa atau perangkat desa.

Itulah 7 kategori kelompok masyarakat yang tak bisa ikut mendaftar program kartu prakerja menurut keterangan situs resmi prakerja.go.id.

Jika kamu tertarik ikut mendaftar program kartu prakerja, untuk syarat dan cara pendaftarannya bisa kamu cek di artikel : Daftar Prakerja Gelombang 50 Bulan Ramadhan, Cek Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja 2023

Prakerja Gelombang 50 Dibuka, Peserta Mendapat Intensif Rp 700 ribu

Semua peserta program kartu prakerja akan mendapat intensif sebesar Rp 700 ribu. Intensif dari pemerintah itu terbagi dalam dua jenis intensif, yaitu intensif biaya mencari kerja sebesar Rp 600 ribu dan intensif survei evaluasi Rp 100 ribu.

Intensif sebesar Rp 600 ribu akan diberikan kepada para peserta setelah berhasil menyelesaikan seluruh tahap pelatihan yang dibuktikan dengan adanya sertifikat pelatihan.

Kemudian peserta telah memberikan rating atau review terhadap jenis pelatihan yang mereka ikuti. Intensif akan cair dalam bentuk uang yang bisa para peserta cairkan lewat rekening atau e-wallet seperti DANA, GOPAY dan lain-lain.

Baca Juga : Login Prakerja 2023, Segera Daftar Prakerja Gelombang 50 di Bulan Ramadhan

Pastikan semua peserta telah berhasil menyambungkan nomor e-wallet atau nomor rekening ke dalam akun prakerja, agar intensif bisa cair secepatnya jika semua tahap sudah selesai.

Sedangkan intensif survei evaluasi sebesar Rp 100 ribu akan diberikan dalam dua tahap, yaitu ketika peserta sudah berhasil mengisi survei evaluasi program kartu prakerja.

Kemudian, tujuan dari survei evaluasi tersebut yaitu untuk memberikan evaluasi terkait pelaksanaan program kartu prakerja yang teleh mereka ikuti.

Itulah informasi terkait pendaftaran program kartu prakerja gelombang 50 yang telah resmi dibuka pada Jumat, 24 Maret 2023 kemarin. Ayo segera daftar, ikuti pelatihan nya dan dapatkan intensifnya.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar