Fobis.ID > News > Tempat Wisata Terbaik di Dieng untuk Menikmati Embun Es

Tempat Wisata Terbaik di Dieng untuk Menikmati Embun Es

FOBIS.ID – Masuk puncak musim kemarau Juli hingga Agustus, dalam kondisi tertentu terkadang suhu di Dataran Tinggi Dieng anjlok hingga minus 2 derajat celcius. Hal ini memunculkan fenomena embun es di Dieng yang menarik wisatawan untuk berkunjung. Bila ingin berkunjung ke Dieng ini beberapa tempat wisata terbaik di Dieng untuk menikmati fenomena embun es.

Selain keindahan alamnya yang menakjubkan, wisata Dieng juga ada fenomena unik berupa embun es yang kadang muncul saat musim kemarau.

Baca juga: Embun Es Dieng, Bulan Juli Saatnya Wisatawan Berpeluang Menikmati Suhu Membeku

Embun es Dieng merupakan fenomena alam yang terjadi pada musim kemarau, sekitar bulan Juli hingga September. Penyebab terjadinya embun es ini karnena suhu udara pagi hari yang sangat dingin sampai di bawah 0 derajat Celcius.

Lokasi embun es Dieng biasanya tidak merata, pada lokasi-lokasi tertentu terjadi embun salju ini. Untuk bisa menikmati embun es ini tentu butuh menginap di Dieng. Sehingga ada perlu menginap di sekitar tempat wisata terbaik untuk menikmati embun es ini.

Yuk baca juga: Beberapa Makanan Dieng Bisa Dicoba Saat Wisata ke Wonosobo

Embun yang membeku ini akan menjadi lapisan es pada permukaan tanah, rumput, ranting maupun dedaunan akibat suhu udara yang anjlok hingga di bawah nol.

Beberapa tempat di Dieng yang terkena embun es ini biasanya berwarna putih, tetapi terkadang juga bisa berwarna keabu-abuan.

Biasanya, embun es Dieng muncul pada pagi hari, dan akan mencair pada siang hari saat suhu udara mulai meningkat.

Kapan Terjadi Embun Es

Fenomena embun es Dieng biasanya terjadi pada bulan Juli hingga September.

Pada bulan-bulan tersebut, suhu udara di Dieng sangat dingin, mencapai minus 2 derajat Celcius. Semakin tinggi suhu udara, semakin tipis embun es yang terbentuk.

Tempat Wisata Terbaik untuk Menikmati Embun Es Dieng

Sulit untuk menikmati embun es dieng tanpa menginap di sekitar tempat wisata di Dieng. Karena fenomena embun beku berlangsung tidak lama, muncul pada pagi hari sekitar pukul 05.00 hingga pukul 05.30 dan akan menguap ketika terkena sinar matahari.

Maka untuk menikmati embun es Dieng ini butuh menginap di sekitar tempat wisata yang kerap muncul fenomena itu.

Ada beberapa tempat wisata terbaik untuk menikmati embun es Dieng, antara lain:

Candi Arjuna

Ini merupakan salah satu candi yang paling terkenal di Dieng. Candi Arjuna terletak di kompleks Candi Arjuna, yang merupakan kompleks candi Hindu yang dibangun pada abad ke-8. Embun es Dieng biasanya terlihat sangat indah di sekitar Candi Arjuna.

Telaga Cebong

Lokasi Telaga Cebong berada di Desa Sembungan, Dataran Tinggi Dieng. Telaga ini terkenal dengan airnya yang sangat jernih dan berwarna hijau. Embun es Dieng biasanya terlihat sangat indah di sekitar Telaga Cebong.

Bukit Sikunir

Seperti diketahui Bukit Sikunir merupakan salah satu bukit yang paling tinggi di Dieng. Bukit ini terletak di Desa Sembungan, Dieng. Dari puncak Bukit Sikunir, Anda dapat melihat pemandangan yang sangat indah, termasuk embun es Dieng.

Tips Menikmati Embun Es

Berikut adalah beberapa tips untuk menikmati embun es Dieng:

  • Datanglah pada pagi hari saat embun es masih terlihat jelas.
  • Pakailah baju yang hangat untuk melindungi tubuh dari udara dingin.
  • Bawalah kamera untuk mengabadikan momen indah embun es Dieng.
  • Berhati-hatilah saat berjalan di atas embun es, karena embun es dapat sangat licin.

Embun es Dieng adalah fenomena alam yang sangat indah dan cukup langka. Jika kamu berkesempatan untuk berkunjung ke Dieng dan bertepatan dengan fenomena embun es ini muncul, jangan lupa untuk mengabadikan dalam jepretan kamera.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar