Fobis.ID > Artikel > 7 Fitur Kamera Android untuk Menghasilkan Foto Semakin Keren

7 Fitur Kamera Android untuk Menghasilkan Foto Semakin Keren

Setiap kali ingin mengabadikan momen spesial banyak orang meraih ponsel dan membuka kamera. Untuk itu ketahui fitur kamera Android ini membantu menghasilkan foto semakin keren.

Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk mempelajari beberapa trik menghasilkan foto terbaik. Belajar menyempurnakan foto merupakan salah satu cara mengabadikan kenangan.

Jika tidak terbiasa dengan teknik fotografi seperti fotografer profesional maka tidak perlu khawatir. Saat ini ada banyak cara menghasilkan foto berkualitas layaknya fotografer hanya menggunakan ponsel Android.

Ponsel Android mampu melakukan pemotretan berkualitas, asalkan tahu bagaimana mengelolanya. Tidak perlu takut mengotak-atik pengaturan kamera Android

Sebab dapat dengan mudah mengatur ulang kamera ke pengaturan default dengan satu tombol.

Baca Juga: 12 Ponsel Kamera Selfie Terbaik Teknologi Terkini 2023

Fitur Kamera Android untuk Menghasilkan Foto Semakin Keren

Tentunya setiap ponsel Android memiliki spesifikasi kamera dan software yang sedikit berbeda. Namun, fitur berikut ini seharusnya terdapat pada sebagian besar perangkat Android.

Berikut 7 fitur kamera Android untuk menghasilkan foto semakin keren.

1. Manfaatkan Panduan Grid

Menggunakan grid adalah cara untuk mendapatkan komposisi yang tepat untuk pada sebuah foto.

Dengan bantuan grid, Anda dapat dengan mudah menentukan letak objek pada perpotongan garis.

Manfaatkan Panduan Grid

Ponsel Android harus menampilkan grid 3×3 yang membantu menerapkan aturan sepertiga foto.

2. Aktifkan Mode Pro Kamera Android

Jika ingin mendalami dunia fotografi ponsel cobalah untuk mengaktifkan mode pro. Dengan mengaktifkan mode pro memungkinkan penggunanya menyesuaikan secara manual sejumlah pengaturan kamera.

Pengguna kamera memiliki kebebasan untuk mengatur kecepatan rana, ISO dan white balance, dan lainnya. Sehingga dapat menghasilkan foto lebih keren.

3. Mode HRD (High Dynamic Range)

Berikutnya mode HDR merupakan fitur kamera Android untuk menghasilkan foto semakin cerah.

Teknologi High Dynamic Range atau HDR dapat memberikan jangkauan dinamis yang lebih luas daripada spesifikasi kamera dasar.

Mode HRD (High Dynamic Range)

Untuk mengaktifkan fitur ini Anda harus membuka aplikasi kamera. Setelah ini ketuk ikon HDR di sebelah kontrol lampu kilat, dan ketuk HDR Otomatis untuk mengaktifkannya.

Baca Juga: 10 Smartphone Kamera Terbaik Bokeh Atau Zoom Mana Prioritas Kamu?

4. Fitur Slo-Mo

Fitur kamera Android yang harus dimanfaatkan selanjutnya adalah fitur Slo-Mo. Dengan fitur Slo-Mo dapat membantu memberikan penampilan video lebih menarik.

Biasanya fitur Slo-Mo digunakan untuk membuat film aksi tahun 80-an. Namun sekarang Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk membuat video sinematik.

Cara mengaktifkan mode Slo-Mo adalah sebagai berikut:

Buka aplikasi kamera Android pada ponsel kemudian pilih opsi lainnya. Setelah itu, pilih opsi Slo-Mo.Kemudian rekam momen seperti video biasa.

5. Manfaatkan Mode Portrait

Jika ingin memotret orang atau suatu individu manfaatkanlah mode portrait. Fitur ini secara secara tidak langsung membuat latar belakang bidikan menjadi buram.

Mode portrait menciptakan efek ‘bokeh’ yang mengagumkan. Dengan begitu potret orang atau individu menjadi lebih jelas.

Fitur Kamera Android untuk Menghasilkan Foto Semakin Keren

Dengan adanya mode portrait membantu untuk membuat foto id card, foto sim, dan kartu pengenal lainnya.

Cara mengaktifkan mode portrait dengan membuat aplikasi kamera lalu pilih opsi portrait. Setelah itu ambil gambar seperti biasa.

Baca Juga: Kapan Android 14 Rilis? Berikut Bocoran Fitur Terbarunya

6. Mode RAW pada Kamera Android

Foto RAW tidak dikompresi dan bebas dari pemrosesan dalam kamera berbeda dengan foto dengan format JPEG. Saat menggunakan mode RAW mungkin hasil foto nampak kusam dan itu tidak masalah.

Foto kampak kusam tujuannya untuk memudahkan pengeditan. File gambar RAW berisi lebih banyak data gambar, memungkinkan kualitas gambar yang lebih baik dan fleksibilitas yang lebih besar.

Namun, ukuran foto RAW jauh lebih besar daripada foto biasa. Untuk itu harus memastikan memori penyimpanan cukup untuk menyimpan foto RAW.

Sebagian besar ponsel dengan mode RAW akan memberi pilihan untuk mengambil versi JPEG dan RAW pada setiap bidikan. Selanjutnya menyimpan foto dengan mode sesuai pilihan.

7. Aktifkan Mode Warna 10-bit

Untuk menangkap lebih banyak detail warna aktifkan pengaturan warna 10-bit. Warna 10-bit memungkinkan ponsel untuk menangkap lebih dari 1024 warna primer.

Dengan mengaktifkan mode warna 10-bit menghasilkan foto dengan lebih dari satu milyar warna. Akurasi warna yang solid dan akurat membuat foto terlihat lebih hidup.

Cara mengaktifkan warna 10-bit yaitu buka aplikasi kamera dan buka pengaturan. Kemudian akan muncul pilihan warna 10-bit dan pilih untuk mengaktifkannya.

Demikian 7 fitur kamera Android untuk menghasilkan foto semakin keren. Semoga bermanfaat.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar