Fobis.ID > Artikel > Ini Cara Edit Background Foto untuk Lamar Kerja

Ini Cara Edit Background Foto untuk Lamar Kerja

Demi mendapatkan pekerjaan impian, beri kesan terbaik saat membuat lamaran. Salah satunya melalui foto. Jangan anggap remeh! Foto yang Anda lampirkan bisa menjadi pertimbangan perusahaan. Foto lamaran yang profesional akan membedakan Anda dengan pelamar lainnya.

Mencantumkan foto lamaran memiliki banyak manfaat. Selain membentuk personal branding, orang lebih tertarik melihat foto. Sebab, konten visual lebih menarik ketimbang konten tulisan. Ingat, foto adalah cara HRD dan perusahaan mengenali dan mempelajari kepribadian Anda.Perusahaan global sekalipun lebih suka pelamar yang melampirkan foto pada CV nya.

Namun, tak banyak yang tahu standar foto lamaran kerja yang baik. Bahkan tidak mengerti cara edit background foto untuk melamar kerja. Agar citra diri Anda tampak bagus, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam membuat foto lamaran. Simak caranya berikut ini :

Kriteria Foto Lamaran Kerja

Aturan baku foto lamaran kerja memang tidak ada. Tak ada aturan tertulis bukan berarti alakadarnya. Ini beberapa kriteria foto lamaran kerja bisa dikatakan baik dan benar.

1. Perhatikan Pakaian

Saat foto, pakaian jadi instrumen penting. Rapi saja tidak cukup. Perhatikan juga jenis pakaian. Misalnya, untuk pria gunakan kemeja, jas dan dasi. Sedangkan wanita bisa menggunakan blouse dan blazer.

Pilih warna baju yang netral untuk kesan elegan. Hindari motif-motif berlebihan dan warna yang terlalu mencolok. Pilih baju berwarna putih, biru, cokelat muda, abu-abu, biru muda, dan warna-warna cerah lainnya.

2. Berpose Senatural Mungkin

Tak perlu berlebihan saat berpose. Tampil senatural mungkin dengan senyuman kecil lebih terkesan ramah. Jangan perlihatkan gigi secara lebar. Jangan pula bermuka masam. Usahakan rileks. Pancarkan energi positif Anda.

3. Foto Close Up Bukan Selfie

Foto selfie, mau sebagus apapun, tidak bisa dipakai untuk mengirim lamaran kerja. Mengutip The Balance Careers, foto selfie akan membuat perusahaan menilai Anda sebagai orang yang kurang berusaha.

Maka, pilihlah foto close up. Foto close up sangat umum digunakan dalam lamaran kerja karena dari ujung kepala hingga bahu dan dada bisa terlihat.

Saat foto close up, perhatikan penggunaan aksesoris pada wajah. Aksesoris yang tidak penting lebih baik disimpan, kecuali kacamata. Begitu juga dengan make up. Tak perlu dandan berlebihan, gunakan riasan tipis agar wajah tidak terlihat pucat.

4. Gunakan Model Jilbab yang Simpel

Bagi Anda yang berhijab, pilih model jilbab yang simpel. Hindari gaya jilbab yang terlihat rumit. Warna jilbab disarankan hitam. Kalaupun ada motif, usahakan tidak berlebihan.

Macam-macam Ukuran Foto

Anda harus menyesuaikan ukuran foto dengan aturan yang diminta pencari kerja. Pada praktiknya, pelamar kerja bisa mempersiapkan beberapa ukuran foto untuk berkas lamaran seperti di bawah ini:

  • Ukuran 2×3 (seperti foto identitas standar)
  • Ukuran 3×4 (seperti foto ijazah standar)
  • Ukuran 4×6 (foto SKCK). Ukuran ini merupakan pilihan terbaik jika ada syarat mengumpulkan foto fisik
  • Ukuran 3R (sekarang sudah cukup jarang diminta, tapi tetap dipersiapkan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan)

Ukuran-ukuran foto lamaran kerja tersebut juga tergantung pada bentuk dan aturan surat lamaran kerja atau CV yang hendak dikirim.

Jika yang diminta CV berbentuk soft file, pastikan kamu memiliki salinan dari foto tersebut untuk dicantumkan pada resume atau CV berbentuk hard file.

Cara Edit Foto Menggunakan Google Photos

cara edit background foto untuk lamar kerja
Tangkapan layar aplikasi Google Photos

Setelah tahu kriteria foto profesional untuk melamar kerja, saatnya Anda memperbaiki tampilan foto dengan mengeditnya. Tak perlu filter berlebihan dalam mengedit. Cukup memotong, mengganti background dan mencerahkan warna agar foto tampak jelas dan rapi.

Jika ingin berhemat, Anda tak perlu membayar jasa edit foto. Lakukan sendiri di rumah hasilnya akan lebih puas dan pas. Anda tinggal memilih menggunakan aplikasi edit foto yang tersedia di play store. Salah satunya menggunakan Google Photos.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda gunakan untuk mengedit foto :

1. Gunakan fitur pengeditan kontrol manual di Google Photos

  • Anda bisa buka aplikasi Google Photos.
  • Selanjutnya ketuk foto yang ingin diedit.
  • Ketuk bagian alat pengeditan di sebelah bawah layar.
  • Gulir ke samping melalui berbagai mode pengeditan seperti Crop, Adjust, dan Filters
  • Ketuk salah satu mode pengeditan yang Anda inginkan. Misalnya Crop untuk memotong bingkai foto.
  • Setelah itu, gulir melalui alat kontrol seperti Brightness, Contrast, White Point, Highlights, Shadows, Black Point, Saturation, Warmth, Tint, Skin tone, Blue tone, Pop, dan Vignette.
  • Jika ingin mencerahkan gambar, ketuk salah satu mode pengeditan seperti Brightness,
  • Ketuk Done jika pengeditan telah selesai.
  • Anda dapat memilih mode lain untuk menyesuaikan dan mengulangi prosesnya
  • Terakhir klik Save untuk menyimpan hasil pengeditan.

2. Lebih Praktis dengan Pengeditan Portrait Lighting Effects di Google Photos

Dengan fitur ini, pengguna Google Photos dapat langsung membuat penyesuaian dengan efek pencahayaan dan potret setelah bidikan diambil. Caranya :

  • Pilih foto potret dan ketuk alat pengeditan di bagian bawah layar
  • Gulir melalui mode editing dan ketuk Adjust
  • Ketuk opsi Portrait Light.
  • Gunakan penggeser di bagian bawah untuk memilih tingkat pencahayaan potret yang optimal atau ketuk otomatis.
  • Geser lingkaran di sekitar potret wajah untuk melihat di mana efek pencahayaannya.
  • Jika sudah selesai, klik Done
  • Save Copy untuk menyimpan hasil gambar.

Cara Edit Background Foto untuk Lamar Kerja

Secara umum, warna background foto untuk melamar pekerjaan dibedakan menjadi dua yaitu merah atau biru. Khusus instansi pemerintahan, tahun lahir menentukan warna background foto. Background warna biru, biasanya digunakan untuk orang yang lahir pada tahun genap. Sedangkan warna merah, untuk kelahiran tahun ganjil.

Meski dua warna tersebut lebih sering digunakan, namun tidak menutup kemungkinan background foto berwarna putih, oren, atau bebas.

Jika perusahaan tidak mempermasalahkan background foto, Anda bisa menggunakan warna background foto yang netral seperti putih.

Kini, mengedit background foto juga mudah dilakukan. Banyak situs online yang bisa dimanfaatkan untuk mengganti background foto. Salah satunya remove.bg

Remove.bg termasuk situs yang paling mudah digunakan. Anda bisa edit background dengan berbagai warna atau latar belakang yang sudah disediakan.

Berikut langkah mengedit background foto dengan Remove.bg :

  • Buka situs remove.bg.
  • Klik “Select a Photo” untuk mengunggah foto yang akan diedit
  • Kalau sudah terunggah, background foto bisa secara otomatis terhapus.
  • Untuk download background foto yang baru, klik opsi Edit.
  • Selanjutnya, pilih warna background yang diinginkan.
  • Klik “Download” untuk mengunduh foto tersebut.
  • Format foto yang terunduh biasanya adalah PNG sehingga kualitasnya akan lebih baik.

Oh ya, pastikan pastikan resolusi fotomu tinggi agar foto tidak terlihat pecah atau blur ketika mencetaknya dalam bentuk pas foto.

Bagaimana, Anda sudah ada gambaran kan, foto lamaran kerja yang terlihat profesional itu seperti apa? Sekarang saatnya Anda mempersiapkan foto dan memasukan lamaran dengan percaya diri. (indri)

Baca Juga :

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar