Fobis.ID > News > HORE! 1 Juta Lowongan CPNS dan PPPK Akan Dibuka September 2023 Mendatang

HORE! 1 Juta Lowongan CPNS dan PPPK Akan Dibuka September 2023 Mendatang

JAKARTA,FOBiS.ID – Sebanyak 1 juta lebih lowongan calon pegawai negeri sipil atau CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja ada dibuka pada September 2023 mendatang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Abulllah Azwar Anas, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi atau PANRB Senin,(12/6/2023) kemarin di Jakarta.

Saat menghadap Presiden Jokowi Dodo di Istana Merdeka, Azwar menegaskan bahwa pemerintah akan membuka sebanyak 1.030.751 formasi CASN dan PPPK pada Bulan September 2023 mendatang.

Baca Juga : Pengumuman dan Link Daftar CPNS dan PPPK 2023 di sscasn.bkn.go.id

“Rencana kebutuhan ASN secara nasional pada tahun 2023 telah ditetapkan dengan formasi sebanyak 1.030.751 terdiri dari CPNS dan PPPK,” tegas Anas, Selasa (13/2/2023).

Sedangkan tahapan penyelenggaraan seleksi tersebut saat ini sudah mulai disiapkan. Baik untuk seleksi CPNS maupun seleksi PPPK.

Melansir CNBC Indonesia, Anas menambahkan bahwa detail penetapan jumlah kebutuhan (formasi) setiap kementerian atau lembaga atau daerah (K/L/D) masih dalam proses finalisasi.

Hal tersebut akan sejalan dengan proses validasi yang berasal dari usulan masing-masing instansi.

“Saat ini, Kementerian PANRB tengah melaksanakan validasi data usulan dari berbagai macam kementerian dan lembaga negara. Lebih khusus untuk program prioritas, yaitu pendidikan dan kesehatan,” tambah Anas.

Baca Juga : 51 Instansi, Formasi CPNS 2023? Ini Prioritas Jurusannya

Usulan kebutuhan ASN dari berbagai macam instansi pemerintah itu memuat data struktur organisasi dan analisis beban kerja. Selain itu juga eksisting pegawai dan jumlah kebutuhan PNS, serta masa hubungan perjanjian kerja PPPK.

Menurut Anas, usulan kebutuhan dari semua kementerian dan lembaga tersebut sangat penting dan saat ini Kementerian PANRB sedang melakukan proses validasi data tersebut.(*)

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar