Fobis.ID > News > Apple Memperluas Layanan SOS iPhone melalui Satelit ke Eropa, Indonesia Kapan?

Apple Memperluas Layanan SOS iPhone melalui Satelit ke Eropa, Indonesia Kapan?

FOBIS.ID – Sudah sebulan lebih, Apple merilis layanan Emergency, SOS melalui satelit pada iPhone 14 untuk negara Amerika Serikat dan Kananda. Sepekan lalu Apple memperluas layanan SOS melalui satelit pada ponsel iPhone 14 ke negara-negara Eropa.

Beberapa negara di Eropa yang sudah terkoneksi dengan fitur SOS melalui satelit pada iPhone 14 antara lain Inggris Raya, Irlandia, Jerman dan Prancis.

Layanan SOS satelit iPhone di empat negara ini mulai berfungsi sejak 13 Desember lalu. Itu diperuntukan bagi pengguna iPhone 14 dan model 14 Pro di iOS 16.1.

Artinya semenjak 13 Desember ini ada enam negara yang bisa memanfaatkan fungsi keamanan berbasis satelit dari iPhone.

BACA : Meluncur 2023, Ini Bocoran Desain iPhone 15 Ultra

Dalam kondisi darurat dan dalam lokasi tidak tersedia sinyal telepon maupun Wi-Fi pengguna iPhone 14 bisa mengirimkan bantuan.

Metodenya saat pengguna iPhone 14 pada iOS 16.1 berada di blacksopt sinyal (wilayah tanpa sinyal) maka Emergency SOS akan mengirimkan serangkaian pertanyaan melalui satelit.

Prosedur ini utuk mengetahui kondisi para pengguna. Pesan itu lantas bakal dikirimkan dari iPhone milik pengguna ke pusat relai yang ada di Apple.

Jika terjadi dalam kondisi darurat, semisal kecelakaan atau butuh pertolongan pengguna bisa langsung menggunakan fitur emergency.

Secara otomatis Pusat Tanggap Darurat Apple bakal mencatat pesan itu lalu memindai koordinatnya.

Informasi darurat dari pengguna ini akan dikirimkan ke Tim SAR terdekat dari pengguna iPhone tersebut.

Fitur SOS satelit iPhone yang sudah difungsikan di Eropa ini mendapatkan apresiasi positif dari CEO European Emergency Number Association, Gary Machado.

Menurut dia, kehadiran fitur ini diharapkan memperluas jangkauan orang bisa menghubungi 112 saat darurat. Terlebih di wilayah tanpa sinyal yang butuh penyelamatan lebih rumit

Bagaimana Cara Mengaktifkan Layanan Darurat SOS Satelit di iPhone 14

Cara untuk mengaktifkan fitur SOS satelit iPhone sangat sederhana. Yaitu dengan cara menekan cukup lama pada bagian tombol volume dan daya.

Atau cara kedua dengan cara menekan tombol daya sebanyak lima kali dengan cepat. Bila sukses maka akan muncul antar muka yang memandu pengguna mengarahkan sinyal satelit ke arah terbaik.

Apabila pengguna telah terhubung otomatis langsung bisa membuka antarmuka pesan pada penyedia layanan darurat. iPhone juga akan memberitahukan lokasinya.

Kapan Layanan SOS Satelit iPhone Hadir di Indonesia

Hingga saat ini belum ada kepastian kapan Apple akan memperluas layanan SOS Satelit iPhone ke Asia, termasuk Indonesia.

Namun Apple memberitahukan bahwa dukungan untuk fitur Emergency SOS Satelit ini pada tahun 2023 mendatang akan diperluas di banyak negara.

Dua Kejadian Darurat

Semenjak diberlakukan, dalam sebulan ini, layanan SOS satelit iPhone sudah digunakan dua kali.

Yang pertama pada 1 Desember 2022. Seorang pria terdampar di pegunungan di wilayah Alaska yang terisolasi dan dingin.

Pria itu bepergian menggunakan mesin salju dari Noorvik ke Kotzebue. Pada wilayah yang terisolasi dari sinyal ponsel diduga mesin salju pria tersebut mengalami gangguan teknis dan macet.

Pria ini kemudian mengaktifkan fitur emergency, SOS satelit pada perangkat iPhone 14 miliknya.

BACA : Fitur SOS Satelit iPhone 14 Selamatkan 2 Orang yang Jatuh ke Jurang

Usai mendapatkan sinyal darurat Apple Emergency Response Center menghubungi tim SAR lokal dan dan Northwest Arctic Borough SAR Coordinator guna menyelamatkan pria itu.

Usai pencarian sebagaimana titik koordinat yang terlacak, pria tersebut ditemukan dalam kondisi selamat.

Upaya penyelamatan kedua terjadi pada kecelakaan lalu lintas di Hutan Nasional Angeles (Angeles National Forest) pada 14 Desember 2022.

Mobil yang ditumpangi pasangan pria dan wanita ini keluar dari jalan saat melintas di Angeles Forest Highway di kawasan Angeles National Forest California.

Mobil mereka terguling dan jatuh ke ngarai sedalam 300 kaki. Pasangan ini bisa diselamatkan oleh Tim SAR dari Montrose Search & Rescue Team usai menghidupkan layanan SOS satelit iPhone. (*)

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar