Fobis.ID > News > Heboh! Lelang iPhone 2007 Capai Rp 700 Jutaan

Heboh! Lelang iPhone 2007 Capai Rp 700 Jutaan

FOBIS.ID – Salah satu seniman tato kosmetik bernama Karen Green melakukan lelang iPhone 2007 di tahun ini. Akan tetapi, hal yang membuatnya tidak biasa ialah soal harga yang fantastis.

iPhone 2007 merupakan ponsel generasi pertama milik Apple. Kebetulan, Karen Green mendapatkan ponsel ini sebagai hadiah ketika ia menjadi seorang manajemen di PetSmart di tahun 2007.

Asal Muasal iPhone 2007 Milik Green

Teman-temannya memberikan iPhone generasi pertama tersebut. Namun, Karen Green tidak pernah membukanya sampai saat ini.

Lelang iPhone 2007
Apple

Mengapa bisa seseorang mendapatkan iPhone dan tak membukanya? Green mengungkapkan bahwa masalahnya terletak pada saluran telepon. Waktu itu, Green sudah memiliki tiga saluran telepon Verizon sementara iPhone hanya mendukung saluran AT&T.

BACA JUGA: iPhone 13 Refurbished Harga Mulai Rp 10 Jutaan

Green kemudian tidak memilih pemutusan kerja yang berisiko kehilangan nomor teleponnya. Oleh karena itu, Green berhasil menyimpan iPhone generasi pertama dari temannya dalam keadaan utuh.

Selama bertahun-tahun, Green menaruhnya di rak. Ia tidak menyentuh, membuka, apalagi menggunakannya. Ia bahkan membungkus kotak ponsel generasi pertama iPhone ini dengan piyama.

Cerita Dibalik Lelang iPhone 2007

Setelah 15 tahun, Green akhirnya melakukan lelang iPhone 2007 melalui LGC Auctions. Ponsel ini benar-benar masih dalam kemasan aslinya dan dipajang begitu saja di dalam sebuah blok lelang.

Lelang iPhone 2007 capai harga fantastis
Twitter @SpekaMedia

Sebenarnya, dia sudah merencanakan untuk menjual iPhone tersebut beberapa kali. Namun, ia kemudian mendengar lelang iPhone autentik model lain (bukan 2007) bisa terjual di eBay seharga 10.000 dollar AS yang setara dengan Rp 150 juta.

Ia kemudian berpikir untuk melakukan lelang pada iPhone 2007 tersebut. Sembari menelepon putranya untuk mengambil ponsel tersebut, Ia menyebutkan agar putranya tidak membukanya sama sekali.

Setelah itu, Green pergi ke acara TV bertajuk Doctor & The Diva. Di sana, penonton dapat menilai seberapa berharganya iPhone tersebut dan berujung memperoleh nilai 5000 dollar AS atau setara Rp 75,4 juta.

Tidak berhenti di situ, Green masih memegang iPhone 2007 tersebut selama beberapa tahun lagi. Setelah itu, ia mengetahui obral besar untuk iPhone dengan segel pabrik yang masih terjaga mampu mencapai nilai 40.000 dollar AS atau setara Rp 600 jutaan.

Saat itu, Ia baru memulai bisnis tatonya dan membutuhkan pendukung untuk bisnis tersebut. Ia beranggapan bahwa penjualan iPhone ini akan semakin tinggi nilainya dan mampu mendukung bisnis yang sedang Ia jalani sekarang.

BACA JUGA: Rumor, iPhone 15 Dikabarkan Akan Mirip Android

Setelahnya, Ia mendatangi rumah lelang LGC Auctions untuk melelang iPhone 2007 tersebut. Penawaran untuk ponsel ini akan mulai dari harga 2.500 dollar AS atau setara Rp 37,7 juta.

Akan tetapi, rumah lelang tersebut memperkirakan bahwa iPhone 2007 milik Karen Green akan mencapai angka 50.000 dollar AS atau setara Rp 754 juta. Harga pasti untuk ponsel ini akan diperoleh pada penutupan lelang 19 Februari 2023.

Spesifikasi iPhone

Sekilas mengenai iPhone 2007, ponsel generasi pertama Apple ini mengusung spesifikasi yang mumpuni pada masanya. Di mana layarnya sudah mengusung panel TFT berukuran 3.5 inci serta terlindungi oleh proteksi Corning Gorilla Glass.

Spesifikasi iPhone 2007
Twitter @hyunzwook

Pada saat itu, sistem operasi yang menghiasi interface untuk ponsel ini masih berada pada versi iOS. Pembaharuan sistem operasinya juga terbatas (layaknya iPhone lainnya) hingga iOS 3.1.3.

Ponsel ini mengusung CPU 412 MHz ARM 11 dengan dukungan grafis PowerVR MBX. Konsisten, dari dulu iPhone memang tidak menyematkan micro SD dan iPhone 2007 memiliki tiga varian penyimpanan, yaitu 4 GB, 8 GB, dan 16 GB.

Ponsel ini juga belum mengusung kamera depan dan hanya membekali kamera belakang beresolusi 2 MP. Dukungan baterainya juga masih sangat minim, yaitu 1400 mAh namun Apple sudah mengusung baterai tanam sedari awal.

Seluruh spesifikasi dikemas dengan baik dalam ponsel kecil berdimensi 115 x 61 x 11.6 mm. Ponsel ini juga hanya tersedia dalam varian warna tunggal, yaitu warna hitam.

Sebagai informasi, lelang iPhone 2007 oleh Karen Green sendiri membawa ponsel dengan kapasitas penyimpanan internal 8 GB. Prediksinya, harga ponsel ini akan melambung sangat jauh dari harga awal yang hanya seharga 599 dollar AS atau setara Rp 9 juta (kurs hari ini).

BACA JUGA: Ramai di TikTok, ini 4 Fakta iPhone 16 Pro Max Yang Viral

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar