Fobis.ID > News > Stasiun Padalarang Jadi Stasiun Pertemuan Kereta Cepat dan Feeder KCJB ke Stasiun Bandung

Stasiun Padalarang Jadi Stasiun Pertemuan Kereta Cepat dan Feeder KCJB ke Stasiun Bandung

FOBIS.ID – Kementerian Perhubungan memastikan Stasiun Padalarang akan lebih ramai. Hal itu diketahui saat ada kunjungan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat mengecek progres pengerjaan fasilitas pendukung operasional kereta pengumpan (feeder) dari Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) pada Sabtu, 17 Juni 2013. Ikuti terus artikel Kemenhub Pastikan Stasiun Padalarang Jadi Stasiun Pertemuan Kereta Cepat dan Feeder KCJB ke Stasiun Bandung.

Kunjungan Menhub dalam sidak proyek pembangunan flyover dan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Ciroyom dan Cimahi, Jawa Barat.

Itulah yang di rilis kemenhub melalui akun website resminya dephub.go.id, akhir pekan lalu. Sebagai informasi, Stasiun Padalarang (PDL) sendiri merupakan kompleks stasiun kereta api di Padalarang, Bandung Barat.

Baca juga : KUR BRI 2023 Akan Tutup Bulan Juli? Benarkah, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Kedepannya, kompleks Stasiun Padalarang siap untuk direncanakan melayani layanan kereta api dan kereta cepat Jakarta-Bandung dari Kereta Cepat Indonesia–China (KCIC).

Dalam perencanaan, kompleks ini memang berbentuk dua bangunan stasiun yang berbeda. Terlihat masing-masing di operasikan oleh KAI dan KCIC. Nantinya, kedua stasiun satu kompleks ini akan terhubung melalui jembatan penyeberangan orang.

Baca juga : Malam Ini Timnas Indonesia vs Argentina, Jadwal, Link dan Cara Nonton Siaran Langsung

Rilis Dephub menyatakan, stasiun padalarang ini menjadi stasiun perjumpaan. Nantinya kereta cepat dengan kereta feeder KCJB bertemu di stasiun tersebut. Nantinya tinggal mengarah ke Stasiun Bandung.

Sementara untuk informasi yang di sampaikan adalah adanya perjalanan antara Stasiun Padalarang – Bandung jika kemudian menggunakan kereta feeder KCJB bisa di tempuh hanya dengan waktu 20-22 menit. Waktu tempuh 22 menit itu menggunakan kecepatan maksimal 90 km/jam. Lalu ada keterangan rilis juga yang menyebutkan headway lintas 9 menit. Sementara waktu 6-7 menit.

Baca juga : Tayang Agustus, Netflix Merilis Video Teaser One Piece Live Action

Stasiun Padalarang Jadi Stasiun Pertemuan Kereta Cepat dan Feeder KCJB ke Stasiun Bandung

Saat ini sendiri, sudah terdapat 72 KA per hari dengan 4 unit trainset. Sementara kapasitas hingga 240 penumpang/hari.

Menhub yang dalam sidak itu mengecek progres pengerjaan fasilitas pendukung operasional kereta pengumpan (feeder) dari Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) menjelaskan jika adanya sejumlah pembangunan fasilitas seperti proyek pembangunan flyover dan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Ciroyom dan Cimahi, Jawa Barat bisa membuat lebih maju transportasi di Indonesia.

Selain itu, nantinya akan meningkatkan keselamatan dan keamanan. Bahkan juga fasilitas kenyamanan dan kelancaran perjalanan kereta feeder KCJB.

Di tambah lagi bisa mengurangi kemacetan lalu lintas jalan raya.

Informasi lainnya adalah pembangunan flyover dan JPO di Stasiun Ciroyom dan Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom) Cimahi menjadi bagian dari penanganan perlintasan sebidang. Pengerjaan ini di gelar oleh Kemenhub melalui Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Bandung Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA).

Untuk pengerjaannya sendiri di targetkan selesai pada akhir tahun 2023. (dephub.go.id/*/ttg)

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar