Fobis.ID > Artikel > Cara Mendaftar DTKS, Berguna Banget Pas Daftar Sekolah

Cara Mendaftar DTKS, Berguna Banget Pas Daftar Sekolah

FOBIS.ID – Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) merupakan revolusi informasi dalam program kesejahteraan sosial di Indonesia. Artikel ini akan membahas Cara Mendaftar DTKS terbaru 2023.

Artikel ini akan mengulas cara cek DTKS Kemensos terbaru. DTKS memiliki manfaat bagi setiap keluarga yang membutuhkan bantuan dari kemensos.

Kamu bisa terlebih dahulu daftar DTKS Kemensos go id, Kemudian data kamu akan terintegrasi dengan database untuk mendapatkan bantuan seperti BANSOS dari pemerintah.

DTKS.Kemensos.go.id dan Cek KTP, jika sudah terdaftar maka data Kamu akan tersedia di situs resmi DTKS tersebut.

https //dtks.jateng.go.id login, di sini Kamu bisa login sewaktu waktu dan mengecek setiap informasi Bansos dan lain sebagainya yang berhubungan dengan DTKS.

Cara daftar DTKS kemensos go id bisa dilakukan secara online dan dari mana saja. Pendaftaran DTKS ini membutuhkan beberapa dokumen yang dibutuhkan misalnya KTP yang kamu miliki.

Bagi kamu yang ada di daeraj Jawa Tengah, bisa daftar DTKS Jateng dan bisa cek data DTKS Jateng.

Baca juga: CPNS Kemenkumham 2023 Untuk Lulusan SMA, Ini Dia Formasi dan Syarat!

Sistem ini dibuat untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dengan DTKS, pemerintah dapat menjangkau lebih banyak individu dan keluarga yang memerlukan bantuan.

DTKS berfungsi sebagai sistem terintegrasi yang mengumpulkan, menyimpan, dan memperbarui data penduduk dari berbagai sumber dan program kesejahteraan sosial.

Tujuan Mendaftar DTKS Bagi Siswa

Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bantuan sosial tepat sasaran. Namun, manfaatnya tidak hanya sebatas itu.

DTKS juga memfasilitasi pelajar kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi melalui jalur afirmasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Jalur afirmasi ini memberikan keringanan biaya pendidikan kepada siswa yang memenuhi kriteria:

  • seperti penurunan biaya pendaftaran atau bantuan biaya buku dan keperluan sekolah.
  • Siswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) bisa mendaftar jalur afirmasi, tapi bagi yang belum terdaftar dalam DTKS dan memenuhi persyaratan penerima bantuan, mereka bisa mendaftar secara mandiri.

Berikut Cara Mendaftar DTKS Kemensos

Pendaftaran DTKS cukup mudah.

  • Cukup dengan mengunduh aplikasi Cek Bansos,
  • membuat akun baru,
  • mengisi data diri,
  • dan mengupload foto KTP,
  • kemudian mengisi formulir usulan pendaftaran.

Selanjutnya, pelamar bisa mengecek status pendaftaran mereka secara berkala. Bisa akses di https://caribdt.dinsos.jatengprov.go.id.

DTKS juga memberikan manfaat lain seperti memungkinkan pemerintah mendapatkan data yang akurat dan terkini tentang kondisi sosial dan ekonomi masyarakat.

Baca juga: HORE! 1 Juta Lowongan CPNS dan PPPK Akan Dibuka September 2023 Mendatang

Ini memungkinkan pemerintah merespon kebutuhan dan masalah yang muncul dengan cepat, mengurangi tumpang tindih program kesejahteraan sosial, meminimalkan kesalahan dalam pendataan penerima bantuan, dan memastikan alokasi sumber daya yang efisien.

Sebagai media penyimpan data, DTKS membantu pemerintah dalam perencanaan dan pengambilan keputusan yang lebih baik, berbasis data.

Transparansi dalam penyelenggaraan program kesejahteraan sosial juga meningkat, memungkinkan semua pihak berwenang, termasuk masyarakat umum, memastikan akuntabilitas penggunaan dana publik.

Baca juga: Pengumuman dan Link Daftar CPNS dan PPPK 2023 di sscasn.bkn.go.id

Dengan DTKS, tujuan pembangunan berkelanjutan dan inklusif di Indonesia dapat lebih mudah dicapai.

Dengan bantuan teknologi informasi, DTKS telah menjadi instrumen penting untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.(*)

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar