Fobis.ID > News > Pinjaman KUR BRI 2023 Apakah Masih Buka? Syarat Terbaru Pinjaman 100 Juta

Pinjaman KUR BRI 2023 Apakah Masih Buka? Syarat Terbaru Pinjaman 100 Juta

FOBIS.ID – Banyak yang masih bertanya Pinjaman KUR BRI 2023 kapan dibuka lagi? Jika Kalian salah satu orang yang bertanya itu, artinya kalian ketinggalan informasi.

Karena jika bertanya KUR BRI 2023 kapan dibuka untuk umum? Jawabannya sudah. Semestinya kalian bertanya Pinjaman KUR BRI 2023 kapan cair? Nah artinya kalian sudah mengajukan KUR BRI 2023.

Pada Desember 2022, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menegaskan bahwa program Kredit Usaha Rakyat (KUR) berhasil memberikan dukungan finansial bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Artinya Pinjaman KUR BRI 2023 apakah masih ada? tentu masih dong.

Pemerintah terus mendorong semua lembaga keuangan, termasuk bank, untuk berpartisipasi aktif dalam memajukan UMKM dan memacu pertumbuhan ekonomi nasional yang berkeadilan.

Artikel ini akan mengulas Pinjaman KUR BRI 2023 Tabel Angsuran dan KUR BRI 2023 syaratnya apa saja. Siapa tahu kalian ingin Mengajukan Pinjaman KUR BRI 100 juta atau lebih.

Saya yang tinggal di Jawa Tengah, tentu mengajukan Pinjaman KUR BRI 2023 Jawa Tengah. Bagi kalian yang di tempat lain, bisa mengajukan Pinjaman KUR BRI 2023 di daerah masing masing.

BRI Penyalur KUR Terbesar 2023

Sebagai bank dengan penyaluran Pinjaman KUR 2023 terbesar di Indonesia. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, telah mulai melakukan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2023 sejak 6 Maret 2023.

Pelaksanaan ini dilakukan menyusul diterbitkannya peraturan dan kebijakan KUR 2023. Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Permenko No 1 Tahun 2023 dan berbagai perangkat pendukung lainnya.

Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari, dalam konteks penyaluran KUR 2023. Beliau mengutarakan bahwa dari total alokasi KUR oleh pemerintah sebesar Rp 450 triliun pada tahun ini. BRI mendapatkan hak untuk menyalurkan KUR sebesar Rp 270 triliun.

Pada fase awal pencairan KUR 2023 sudah dilaksanakan pada bulan Maret 2023. BRI mengalokasikan KUR sebesar Rp 12 triliun.

Supari juga menggarisbawahi bahwa digitalisasi telah memberikan pengaruh positif pada penyaluran Pijaman KUR BRI 2023.

Dengan bantuan BRISPOT, BRI terus memperbaharui model operasi dari awal hingga akhir tim pemasaran Imbasnya pada produktivitas 27 ribu mantri BRI.

Berkat BRISPOT, BRI saat ini mampu mencairkan KUR hingga Rp 1 triliun setiap harinya, ungkapnya dalam rilis resmi, Selasa (7/3/2023).

Selain fokus pada penyaluran, BRI juga telah merumuskan strategi untuk memastikan kualitas kredit KUR BRI 2023 yang diberikan tetap terjaga.

Beberapa upaya yang dilakukan antara restrukturisasi, pemantauan periodik terhadap penyaluran KUR BRI 2023. Serta pemanfaatan analitik data untuk memperkuat proses penilaian kredit.

Baca juga: SEGERA Ajukan Pinjaman KUR Mandiri 100 JUTA, MUDAH Cair Bagi Pemilik KTP Ini!

Berkomitmen untuk Negeri

Selain KUR, BRI selalu berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam membantu pemerintah. Khususnya memperkuat usaha mikro di Indonesia melalui edukasi finansial. Pemberdayaan sosial ekonomi, penetrasi digital. Dan tentu saja penyaluran program-program pemerintah.

Ini semata-mata dilakukan untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi di tingkat akar rumput. Juga mendukung penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Ahli Tim Menko Perekonomian, Iskandar Simorangkir. Beliau menyatakan bahwa saat ini bank-bank telah siap untuk menyalurkan KUR. Sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing tentunya.

Semua bank penyalur (KUR) sekarang ini telah siap untuk menyalurkan. Targetnya, sesuai dengan Permenko, adalah UMKM yang produktif,” tutur Iskandar kepada CNBC Indonesia, Jumat (3/3/2023).

Menurut Iskandar, peran KUR sangat penting guna meningkatkan daya saing UMKM. Lebih dari itu, Pinjaman KUR bukan hanya dapat diakses oleh UMKM, juga oleh pelaku usaha ultra mikro melalui Pinjaman KUR super mikro 2023.

“Pembiayaan UMKM idealnya mulai dari tahap ultra mikro lalu beranjak naik menjadi penerima KUR super mikro. Kemudian naik lagi menjadi penerima KUR mikro lalu menjadi debitur KUR kecil.

Setelah menjadi debitur KUR kecil, mereka diharapkan dapat naik menjadi nasabah kredit komersial sehingga tidak memerlukan subsidi lagi,” terang Iskandar.

Menurutnya, program KUR untuk UMKM hingga ultra mikro telah efektif dalam mencapai masyarakat Indonesia dan mendorong pelaku usaha untuk berkembang.

Baca juga: Tabel Angsuran KUR Mandiri 2023 Terbaru, Cara dan Syarat Pinjaman 100 Juta

Pengembangan UMKM melalui KUR

Tabel Angsuran KUR 50 Juta

Pemerintah selalu berpihak pada UMKM. Terlebih lagi, setiap tahunnya selalu muncul UMKM baru yang memerlukan bantuan. Terlebih, peran UMKM sangat penting dalam perekonomian Indonesia,” ungkapnya dengan tegas.

Sepanjang tahun 2022 saja, BRI telah berhasil menyalurkan KUR BRI dengan total mencapai Rp 252,38 triliun kepada 6,5 juta debitur. Sebagian besar disalurkan ke sektor produksi.

BRI juga berhasil menjaga kualitas KUR yang disalurkan, hal ini terbukti dari NPL KUR BRI di akhir Desember 2022 yang hanya sebesar 0,83%.

Syarat Pengajuan KUR BRI 2023 Jawa Tengah dan Seluruh daerah di Indonesia

Pemerintah telah menargetkan Bank BRI untuk menyalurkan dana KUR sebesar Rp 207 triliun. Dengan rata-rata penyaluran sebesar Rp 1 triliun per hari. Batas pinjaman maksimal mencapai Rp 500 juta bagi usaha kecil dan menengah.

Persyaratan untuk pengajuan pinjaman KUR Mikro BRI 2023

Berikut beberapa persyaratan yang harus terpenuhi untuk mengajukan pinjaman KUR Mikro BRI 2023:

  1. Pemohon adalah individu yang memiliki usaha yang layak dan produktif.
  2. Usaha telah aktif beroperasi minimal selama 6 bulan.
  3. Pemohon tidak sedang menerima kredit dari lembaga perbankan lain, kecuali untuk pinjaman konsumtif seperti kartu kredit, Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), atau Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).
  4. Pemohon perlu mempersiapkan dokumen-dokumen seperti e-KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat izin usaha.
  5. Batas pinjaman maksimal yang dapat diajukan adalah sebesar Rp 50 juta.
  6. Pemohon perlu memilih jenis pinjaman, yaitu Kredit Modal Kerja (KMK) dengan jangka waktu pembayaran hingga 3 tahun atau Kredit Investasi (KI) dengan jangka waktu pembayaran hingga maksimum 5 tahun.
  7. Pemohon harus bersedia membayar suku bunga efektif sebesar 6% per tahun.
  8. Pengajuan pinjaman ini tidak dikenakan biaya provisi dan administrasi.

Persyaratan Pengajuan Pinjaman KUR Kecil BRI 2023

Berikut adalah persyaratan pengajuan pinjaman KUR Kecil BRI 2023:

  1. Memiliki usaha yang layak dan produktif.
  2. Tidak mendapatkan pinjaman KUR dari bank lain, kecuali untuk pinjaman konsumtif (kartu kredit, Kredit Kendaraan Bermotor, atau Kredit Pemilikan Rumah).
  3. Usaha sudah berjalan minimal selama 6 bulan.
  4. Memiliki Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat izin yang setara.
  5. Besaran pinjaman yang bisa diajukan berkisar antara Rp 50 juta sampai Rp 500 juta.
  6. Memilih jenis pinjaman: Kredit Modal Kerja (KMK) dengan tenor hingga 4 tahun atau Kredit Investasi (KI) dengan tenor hingga 5 tahun.
  7. Bersedia membayar suku bunga efektif sebesar 6% per tahun.
  8. Menyediakan jaminan sesuai dengan peraturan bank.

Syarat Pengajuan Pinjam KUR BRI 2023 untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI)

Berikut adalah persyaratan untuk pengajuan Pinjaman KUR BRI 2023 bagi TKI:

  1. Calon Tenaga Kerja Indonesia yang akan ditempatkan di suatu negara.
  2. Menyertakan e-KTP, Kartu Keluarga (KK), surat perjanjian kerja dengan pemberi kerja, serta perjanjian penempatan.
  3. Punya dokumen keimigrasian paspor, visa, dan persyaratan lain sesuai ketentuan.
  4. Batas maksimal pinjaman per orang Rp 25 juta.
  5. Bersedia membayar suku bunga efektif sebesar 6% per tahun.
  6. Membayar kredit dengan jangka waktu hingga 3 tahun atau sesuai dengan kontrak kerja.
  7. Tenaga Kerja Indonesia yang ditempatkan di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Hong Kong, Jepang, dan Korea Selatan.

Cara Pengajuan Pinjaman KUR BRI 2023

Nasabah yang memenuhi Syarat Pinjam Pinjaman KUR BRI 2023 dapat mengajukan pinjaman baik secara pengajuan KUR BRI 2023 online maupun secara langsung (offline).

Pemohon mesti melalui proses survei tatap muka dahulu. Survey ini menentukan kelayakan pengajuan pinjaman.

Panduan lengkap mengenai cara pengajuan pinjaman KUR BRI Terbaru 2023

Cara Pengajuan Pinjaman KUR BRI 2023 Secara Online

Pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah mempersiapkan persyaratan, sesuai dengan jenis pinjaman yang akan kalian ajukan.

Setelah lengkap, kalian dapat mengajukan pinjaman KUR BRI 2023 online melalui situs BRI. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka situs https://kur.bri.co.id/ melalui peramban HP.
  2. Klik menu ‘Ajukan Pinjaman KUR’.
  3. Login menggunakan email dan kata sandi. Jika belum memiliki akun, klik opsi ‘Daftar’ dan aktivasi akun dengan mengklik tautan.
  4. Baca Syarat dan Ketentuan (S&K), dan jika setuju, centang kotak ‘Saya adalah nasabah BRI’ dan ‘Setuju dan Ajukan Pinjaman’.
  5. Centang bagian CAPTCHA ‘I’m not a Robot’.
  6. Isi formulir identitas yang mencakup jenis usaha, penghasilan, biaya usaha, nomor rekening BRI, dan lainnya.
  7. Unggah berkas administrasi sesuai ketentuan.
  8. Klik tombol ‘Selanjutnya’.
  9. Lengkapi informasi pengajuan seperti jangka waktu pembayaran dan jumlah pengajuan pinjaman.
  10. Klik menu ‘Hitung Angsuran’ untuk mengetahui jumlah angsuran yang harus kalian bayar.
  11. Klik tombol ‘Ajukan Pinjaman’.
  12. Tunggu proses verifikasi dan survei dari petugas KUR BRI.

Cara Pengajuan Pinjaman KUR BRI 2023 Offline

  1. Kunjungi kantor Bank BRI terdekat dengan rumah. Bawa dokumen sesuai persyaratan pengajuan KUR BRI 2023.
  2. Antre dan berbicara dengan petugas customer service (CS).
  3. Sampaikan keinginan Kalian untuk mengajukan pinjaman, dan petugas akan melakukan wawancara.
  4. Ikuti prosedur sesuai penjelasan petugas.

Itulah informasi lengkap mengenai prosedur dan persyaratan untuk mengajukan pinjaman KUR BRI 2023.

Jika masih memiliki pertanyaan atau kebingungan, jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan Bank BRI melalui telepon atau media sosial. Semoga informasi ini dapat membantu.(*)

Artikel Terkait Pinjaman KUR Bank BRI 2023:

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar