Fobis.ID > News > Telkomsel Sukses Mendukung 100 Startup Melalui Program NextDev Selama 8 Tahun

Telkomsel Sukses Mendukung 100 Startup Melalui Program NextDev Selama 8 Tahun

Berita Tekno Indonesia – Operator seluler terkemuka, Telkomsel, menegaskan kembali komitmen mereka terhadap perkembangan startup di Indonesia melalui penyelenggaraan program NextDev. Yang kini telah berjalan selama 8 tahun.

Program ini dirancang khusus untuk membantu startup lokal yang terpilih dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang tersedia.

Telkomsel NextDev dilaksanakan melalui tiga tahapan utama. Tahap pertama, NextDev Talent Scouting, bertujuan untuk menemukan startup digital tahap awal yang berpotensi tinggi dan bisa memberikan dampak sosial.

Berikutnya adalah NextDev Academy, yang merupakan tahap lanjutan dari NextDev Talent Scouting.

Tahap ini menawarkan program bimbingan komprehensif dengan bantuan mentor berpengalaman yang akan membantu peserta dalam meningkatkan kompetensi mereka dan memperkuat fondasi bisnis mereka.

Baca juga: Huawei Laku Keras, Bagaimana Xiaomi dan Oppo?

NextDev Summit

Tahap terakhir dari program NextDev ini adalah NextDev Summit. Ini merupakan wadah bagi startup digital potensial terbaik untuk memamerkan inovasi mereka dan memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan pemain ekosistem digital di tingkat nasional dan internasional.

Menurut Saki H. Bramono, VP Corporate Communications Telkomsel, sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2015. Lebih dari 5.000 startup digital di seluruh Indonesia telah terlibat dalam program NextDev.

Sampai saat ini, lebih dari 100 startup telah mendapatkan manfaat dari mentoring oleh para mentor ahli dan modul pengembangan startup.

Bramono menambahkan bahwa NextDev adalah bagian dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel yang juga berada dalam peta jalan pengembangan ekosistem digital mereka.

Program ini mulai dengan program pengembangan tech talents, digital creators, dan calon startup founders yang dikenal dengan nama IndonesiaNEXT.

Baca juga: Ini Rencana Ekspansi Bisnis Mediatek Kedepannya

“Sejak diluncurkan pada tahun 2015, NextDev telah menjadi program CSR andalan Telkomsel yang bertujuan untuk mendukung startup tahap awal di Indonesia dalam meningkatkan kemampuan, kompetensi, dan potensi di sektor digital,” kata Saki.

Sebagai bagian dari komitmen ini, Saki dan timnya terus melakukan evaluasi berkelanjutan untuk memberikan dukungan yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan startup terkini.

NextDev berfungsi sebagai inkubator dan enabler yang dapat memperkuat dasar para founders dan startup tahap awal mereka di Indonesia.

Pada tahap seed round, startup dapat berkolaborasi dengan Tinc. Sebuah akselerator korporat yang dapat melakukan penelitian dan piloting bersama startup, serta membuka peluang komersialisasi.

Startup yang sudah siap pada tahap series funding. Mereka dapat bermitra dengan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) yang akan mendukung stabilitas melalui investasi strategis dan kolaborasi jangka panjang.

Ekosistem INDICO

Startup terpilih juga dapat menjadi bagian dari ekosistem INDICO. Anak perusahaan Telkomsel yang bertindak sebagai holding company untuk inovasi digital. Membantu pertumbuhan yang terukur dan berkelanjutan dengan memaksimalkan penciptaan nilai dalampengembangan produk, inkubasi bisnis, dan investasi strategis.

Dalam penyelenggaraan kali ini, program NextDev diselenggarakan dengan empat trek utama. Yakni Gaming, Health & Education, Tourism & Creative Economy, dan Green & Clean Tech.

Keempat trek ini bertujuan memberikan pengalaman pitching terbaik kepada para peserta NextDev. Sekaligus memberikan wawasan penting untuk pengembangan kompetensi dan bisnis peserta.

Baca juga: Sony Luncurkan Sony Car Audio di Indonesia Mulai Juni 2023

Selain itu, program NextDev juga memberikan fokus pada peningkatan fundamental bisnis startup melalui modul webinar yang dirancang khusus untuk meningkatkan kapabilitas dan kompetensi para pendiri startup.

Adanya mentor pilihan juga siap membantu mewujudkan potensi startup dalam menciptakan perubahan.

“Dengan Program NextDev, startup dapat membangun pondasi yang kuat untuk maju, terus berkembang dengan baik, dan menciptakan dampak positif yang berkelanjutan,” tutup Saki.

Sebagai simpulan, Telkomsel melalui program NextDev telah menunjukkan kontribusinya yang signifikan dalam mendukung ekosistem startup di Indonesia.

Melalui program ini, Telkomsel berharap dapat terus mendorong perkembangan dan inovasi dalam industri digital di Indonesia.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar